Turkestan (wilayah)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Turkistan)
Peta dari Turkestan modern dengan batas-batas negara. Region Turkistan meliputi sejumlah negara termasuk: Rusia (Tatarstan dan bagian dari Siberia), Mongolia, Cina otonom provinsi Xinjiang (juga dikenal sebagai Turkistan Timur atau Cina Turkistan), Kazakhstan, Turkmenistan, Tajikistan, Uzbekistan, Kyrgyzstan, dan bagian dari Afghanistan.
Peta dari Mahmud al-Kashgari dalam Dīwān ul-android gems al-Turk, yang menunjukkan distribusi suku-suku Turki di abad ke-11

Turkistan secara harfiah berarti "Tanah bangsa Turki" dalam Bahasa Persia yang merujuk pada suatu daerah di Asia Tengah antara Siberia di sebelah utara dan Tibet, India dan Afghanistan di sebelah selatan, Laut Kaspia di barat dan Gurun Gobi di timur.

Etimologi dan terminologi[sunting | sunting sumber]

Dari bahasa Persia asal (lihat -stan), istilah "Turkistan" (ترکستان) tidak pernah merujuk kepada sebuah negara nasional.[1] Ahli geografi Iran pertama kali menggunakan kata ini untuk menggambarkan tempat dari bangsa Turki.[2]

"Turkistan" digunakan untuk menggambarkan setiap tempat di mana orang Turki tinggal. Anatolia selama Kesultanan Utsmaniyah aturan itu disebut sebagai Turkistan oleh penulis Utsmaniyah.[butuh rujukan]

Dalam perjalanan ke selatan selama penaklukan Asia Tengah di abad ke-19, Rusia menguasai Turkistan (kota) (saat ini Kazakhstan) pada tahun 1864. Salah nama untuk seluruh region, mereka mengadopsi nama "Turkistan" untuk wilayah baru mereka (Turkistan Rusia).[3]

Hingga 2015 istilah Turkistan disebut Asia Tengah yang dihuni terutama oleh bangsa Turki, tetapi daerah juga terdapat orang-orang yang bukan bangsa Turki, seperti Tajik, dan non bangsa Turki. Itu termasuk saat Turkmenistan, Tajikistan, Kazakhstan, Uzbekistan, Kyrgyzstan dan Xinjiang juga dikenal sebagai Turkestan Timur[4] atau Turkistan Cina.[5][6] Seringkali, wilayah bangsa Turki di Afghanistan dan Rusia (Tatarstan dan bagian dari Siberia) disertakan juga.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sejarah Turkistan membawa kita kembali ke milenium ke-3 SM. Banyak artefak yang dibuat dalam periode tersebut, dan banyak perdagangan yang dilakukan. Region ini menjadi titik fokus difusi budaya, seperti Jalur Sutra. Turkistan meliputi daerah Asia Tengah dan mendapatkan karakter "Turki" dari abad ke-4 sampai ke-6 Masehi yang menjadi ekspansi Turki.

Kisah-kisah bangsa Turki, seperti legenda Ergenekon, dan sumber-sumber tertulis seperti Prasasti Orkhon menyatakan bahwa bangsa Turki berasal dari wilayah dekat Pegunungan Altai, dan, melalui para nomaden, memulai perjalanan panjang mereka ke arah barat. Hun menaklukkan daerah setelah mereka menaklukkan Kashgaria di awal abad ke-2 SM. Dengan bubarnya Kekaisaran Hun, Penguasa Cina mengambil alih Turkistan Timur.[7] Pasukan Arab ditangkap pada abad ke-8. Dinasti persia Samanid kemudian menaklukkan dan daerah yang mengalami kemajuan ekonomi. seluruh wilayah dikuasai dengan waktu yang berbeda-beda oleh pasukan Turki, seperti Göktürks sampai penaklukan oleh Genghis Khan dan Mongol pada tahun 1220. Genghis Khan memberikan wilayah kepada anaknya, Chagatai dan daerah menjadi Kekhanan Chagatai. Timur mengambil alih bagian barat Turkistan pada tahun 1369 dan daerah tersebut menjadi bagian dari Kekaisaran Timurid. Bagian Timur dari Turkistan juga disebut Mogulistan, dan terus menjadi yang diperintah oleh keturunan Genghis Khan.

Ikhtisar[sunting | sunting sumber]

Bendera Turkistan

Dikenal sebagai Turan bagi orang Persia, Turkistan barat juga telah dikenal secara historis sebagai Sogdiana, Ma wara u n-nahr (oleh penakluk bangsa Arab), dan Transoxiana oleh wisatawan Barat. Yang terakhir dua nama yang merujuk ke posisinya di seberang Sungai Oxus ketika didekati dari selatan, menekankan Turkistan memiliki hubungan yang lama dengan Iran, Kekaisaran Persia dan Kekhalifahan Umayyah dan Kekhalifahan Abbasiyah.

Turkistan berada di sekitar daerah Asia Tengah yang terletak di antara Siberia di utara, Tibet, Pakistan, Afghanistan, dan Iran di selatan; Gurun Gobi di timur, dan Laut Kaspia di barat.[8] Turki Oghuz (juga dikenal sebagai Turkmens), Uzbek, Kazakh, Khazar, Kyrgyz, Hazara dan Uyghur adalah beberapa dari penduduk Turki dari wilayah yang, karena sejarah berkembang, telah menyebar lebih jauh ke Eurasia membentuk seperti Turki negara-negara seperti Turki dan Azerbaijan, dan daerah-daerah seperti Tatarstan di Rusia dan Crimea di Ukraina. Tajik dan Rusia bentuk yang cukup besar non-Turki minoritas.

Hal ini dibagi lagi ke Turkistan Afganistan dan Turkistan Rusia di Barat, dan Xinjiang (sebelumnya Turkistan Cina) di Timur.

Pengaruh cina[sunting | sunting sumber]

Restoran expat Uyghur di Istanbul, Turki

Sebuah ringkasan dari sumber-sumber Klasik, sebagian besar Pliny dan Ptolemy, di Seres, nama Cina bagi Yunani dan Romawi adalah sebagai berikut berikut:

The region of the Seres is a vast and populous country, touching on the east the Ocean and the limits of the habitable world, and extending west nearly to Imaus and the confines of Bactria. The people are civilised men, of mild, just, and frugal temper, eschewing collisions with their neighbours, and even shy of close [conversation], but not averse to dispose of their own products, of which raw silk is the staple, but which include also silk stuffs, furs, and iron of remarkable quality.

— Henry Yule, Cathay and the Way Thither

Di sebuah epik Persia Shahnameh, Cina dan Turkistan dianggap sebagai sama, dan Khan dari Turkistan disebut Khan of Chin.[9][10]

Aladin, sebuah kisah Islam Arab yang berlatarkan di Cina, mungkin merujuk ke Turkistan.[11]

Penulis Muslim seperti Marwazī menulis bahwa Transoxania adalah seorang mantan bagian dari Cina, mempertahankan warisan dari pemerintahan Dinasti Tang's terhadap Transoxania:

In ancient times all the districts of Transoxania had belonged to the kingdom of China [Ṣīn], with the district of Samarqand as its centre. When Islam appeared and God delivered the said district to the Muslims, the Chinese migrated to their [original] centers, but there remained in Samarqand, as a vestige of them, the art of making paper of high quality. And when they migrated to Eastern parts their lands became disjoined and their provinces divided, and there was a king in China and a king in Qitai and a king in Yugur.

— Marwazī

Penulis Muslim melihat Khitai, Gansu Uighur raya dan Kashgar sebagai bagian dari "Cina" secara budaya dan geografis, dengan umat Islam di Asia Tengah mempertahankan warisan dari pemerintahan China di Asia Tengah dengan menggunakan judul seperti "Khan dari Cina" (تمغاج خان) (Tamghaj Khan atau Tawgach) di rumpun bahasa Turkik dan "the King of the East di Cina" (ملك المشرق (أو الشرق) والصين) (malik al-mashriq (atau al-sharq) wa'l-ṣīn) dalam bahasa arab, yang merupakan judul dari penguasa Muslim Kekhanan Kara-Khanid dan nenek moyang Karluks.[12][13]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Gladys D. Clewell, Holland Thompson, Lands and Peoples: The world in color, Volume 3, page 163. Excerpt: Never a single nation, the name Turkestan means simply the place of Turkish peoples.
  2. ^ Central Asian review by Central Asian Research Centre (London, England), St. Antony's College (University of Oxford). Soviet Affairs Study Group, Volume 16, page 3. Excerpt: The name Turkestan is of Persian origin and was apparently first used by Persian geographers to describe "the country of the Turks". It was revived by the Russians as a convenient name for the governorate-general created in 1867 and the terms Uzbekistan, Turkmenistan, etc. were not used until after 1924.
  3. ^ Annette M. B. Meakin, In Russian Turkestan: a garden of Asia and its people, page 44. Excerpt: On their way southward from Siberia in 1864, the Russians took it, and many writers affirm that, mistaking its name for that of the entire region, they adopted the appellation of "Turkestan" for their new territory. Up to that time, they assure us Khanates of Bokhara, Khiva and Kokand were known by these names alone.
  4. ^ "San Jose News - Google News Archive Search". news.google.com. Associated Press. 17 March 1934. Diakses tanggal 2018-03-02. QUOTE: "More than 2000 persons, including members of the British Consulate's staff, were reported today to have been massacred at Kashgar in Sinkiang, Chinese Turkestan by fierce Tungan natives." The massacre, dispatches from Tashkent said, came in a bloddy battle between rebels and the military of the recently proclaimed 'independent government'." 
  5. ^ Encyclopædia Britannica: Turkistan. Retrieved: 24 August 2009.
  6. ^ Oxford Dictionaries, Oxford University Press: Turkestan Diarsipkan 2021-03-05 di Wayback Machine.. Retrieved: 26 May 2012.
  7. ^ "Turkistan", Encyclopædia Britannica 2007 Ultimate Reference Suite.
  8. ^ Encyclopadea Britannica. Turkistan retrieved-18 march,2010
  9. ^ Bapsy Pavry (19 February 2015). The Heroines of Ancient Persia. Cambridge University Press. hlm. 86–. ISBN 978-1-107-48744-4. 
  10. ^ Bapsy Pavry Paulet, Marchioness of Winchester (1930). The Heroines of Ancient Persia: Stories Retold from the Shāhnāma of Firdausi. With Fourteen Illustrations. The University Press. hlm. 86. 
  11. ^ Moon, Krystyn (2005). Yellowface. Rutgers University Press. hlm. 23. ISBN 0-8135-3507-7. 
  12. ^ Michal Biran (15 September 2005). The Empire of the Qara Khitai in Eurasian History: Between China and the Islamic World. Cambridge University Press. hlm. 99–. ISBN 978-0-521-84226-6. 
  13. ^ Schluessel, Eric T. (2014). "The World as Seen from Yarkand: Ghulām Muḥammad Khān's 1920s Chronicle Mā Tīṭayniŋ wā qiʿasi" (PDF). TIAS Central Eurasian Research Series. NIHU Program Islamic Area Studies: 13. ISBN 978-4-904039-83-0. Diakses tanggal 22 June 2016. 

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]

  • V. V. Barthold "Turkestan Turun ke Mongol Invasion" (London) 1968 (3rd Edition)
  • René Grousset "l'empire des stepa" (Paris) tahun 1965
  • David Christian "Sejarah Rusia, Asia Tengah dan Mongolia" (Oxford) Tahun 1998 Vol.Saya
  • Svat Soucek "Sejarah Asia Batin" (Cambridge) 2000
  • Vasily Bartold "Работы по Исторической Географии" (Moskow) tahun 2002
    • Bahasa inggris terjemahan: V. V. Barthold "Bekerja pada Sejarah Geografi" (Moskow) tahun 2002
  • Baymirza Hayit. "Sowjetrußische Orientpolitik am Beispiel Turkestan." Köln-Berlin: Kiepenhauer & Witsch, 1956
  • Hasan Bülent Paksoy Basmachi: Turkestan Gerakan Pembebasan Nasional
  • Seni dan Kerajinan dari Turkestan (Seni & Kerajinan tangan) oleh Johannes Kalter.
  • Gurun Jalan untuk Turkestan (Kodansha Dunia) oleh Owen Lattimore.
  • Turkestan turun untuk Invasi Mongol. oleh W. BARTHOLD.
  • Turkestan dan Nasib Kekaisaran rusia oleh Daniel Brower.
  • Tiger dari Turkestan oleh Nonny Hogrogian.
  • Turkestan Reuni (Kodansha Dunia) oleh Eleanor Lattimore.
  • Turkestan Solo: Perjalanan Melalui Asia Tengah, dengan Ella Maillart.
  • Baymirza Hayit. "Dokumen: Soviet Rusia Anti-Islam-Kebijakan di Turkestan." Düsseldorf: Gerhard von Mende, 2 jilid, 1958.
  • Baymirza Hayit. "Turkestan im XX Jahrhundert." Darmstadt: Leske, 1956
  • Baymirza Hayit. "Turkestan Zwischen Russland Und Cina." Amsterdam: Philo Press, 1971
  • Baymirza Hayit. "Beberapa pemikiran tentang masalah Turkestan" Institut Turkestan Penelitian, 1984
  • Baymirza Hayit. "Islam dan Turkestan di Bawah Kekuasaan rusia." Istanbul:Dapat Matbaa, 1987.
  • Baymirza Hayit. "Basmatschi: Nationaler Kampf Turkestans di den Jahren 1917 bis 1934." Cologne: Dreisam-Verlag, 1993.
  • Misi untuk Turkestan: Menjadi memoar Menghitung K. K. Pahlen, 1908-1909 oleh Konstantin Konstanovich Pahlen.
  • Turkestan: The Heart of Asia oleh Curtis.
  • Suku Karpet dari Afghanistan dan Turkestan oleh Jack Frances.
  • Jantung Asia: Sejarah rusia Turkestan dan Asia Tengah Khanates dari Awal Kali oleh Edward Den Ross.
  •  Bealby, John Thomas; Kropotkin, Peter (1911). "Turkestan". Dalam Chisholm, Hugh. Encyclopædia Britannica. 27 (edisi ke-11). Cambridge University Press. hlm. 419–426.