Tuitwit

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Tuitwit adalah sebuah aplikasi pendukung untuk mengakses jejaring sosial Twitter dalam versi jaringan telepon seluler. Dapat diakses melalui m.twitter.com.

Logo Twitter

Pencipta dan Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pencipta dari aplikasi ini adalah Judotens Maulid Budiarto , seorang pemuda berusia 22 tahun berasal dari kota Bandung. Diliris dalam bentuk beta pada pertengahan Oktober 2009.

Penggunaan[sunting | sunting sumber]

Pengguna perdana dapat mendaftar melalui jejaring resmi Twitter dengan akun dan kata kunci yang dimiliki oleh pengguna melalui tombol masuk (sign in). Aplikasi Tuitwit dapat diakses oleh semua perangkat yang bisa mengakses internet seperti komputer personal dan telepon seluler yang memiliki akses GPRS (General Packet Radio Service) dengan menggunakan alat pengakses internet standar yang terdapat pada telepon seluler atau melalui aplikasi tambahan yaitu Opera Mini.

Fitur Utama[sunting | sunting sumber]

@[sunting | sunting sumber]

Fitur @ digunakan untuk memberi pesan atau twit kepada pengguna lain. Fitur ini merupakan fitur yang harus digunakan saat memberi twit kepada orang lain. Untuk memberi twit yang hanya sebagai pemberitahuan dari pengguna, pengguna tidak harus menggunakan fitur ini.

Membalas Pesan (RT Retweet)[sunting | sunting sumber]

Fitur ini bisa digunakan untuk membalas twit yang disampaikan oleh pengguna lain serta digunakan untuk menyampaikan ulang pesan yang terdapat pada halaman kita. Cara penggunaan yaitu dengan menekan fitur RT pada twit yang ingin dibalas atau ingin ditulis ulang. Contohnya: RT @tora152: hai teman apa kabar?.

Favorit (Fav)[sunting | sunting sumber]

Fitur ini dapat digunakan bila pengguna menyukai satu atau beberapa twit yang ditampilkan pada halaman utama pengguna. Untuk melakukan kegiatan ini cukup dengan mengeklik fitur fav pada twit yang disukai.

Pesan Pribadi (DM)[sunting | sunting sumber]

Fitur ini digunakan untuk memberi pesan pribadi kepada pengguna yang ingin dituju. Cara penggunaannya adalah dengan mengeklik fitur DM maka secara otomatis akan muncul kotak kecil tempat pengguna dapat menulis pesan pribadi.

Hapus (del)[sunting | sunting sumber]

Fitur ini digunakan untuk menghapus twit yang pernah disampaikan oleh pengguna atau twit yang terdapat nama pengguna. Penggunaan fitur ini sama dengan fitur Favorit.

Ikuti (Follow)[sunting | sunting sumber]

Fitur ini merupakan salah satu fitur utama dari jejaring sosial Twitter. Untuk menambah teman para pengguna, maka pengguna harus menggunakan fitur ini. Cara penggunaan fitur ini adalah membuka profil pengguna yang akan diikuti lalu menekan tombol Ikuti.

Tidak Mengikuti (Unfollow)[sunting | sunting sumber]

Fitur ini merupakan kebalikan dari fitur sebelumnya. yaitu untuk tidak mengikuti pengguna yang sebelumnya telah diikuti oleh pengguna. Cara penggunaan fitur ini sama dengan fitur Ikuti, yaitu dengan membuka profil pengguna yang tidak ingin digunakan lagi lalu menekan fitur Tidak Ikuti.

Teman (friends)[sunting | sunting sumber]

Fitur ini digunakan untuk melihat para pengguna lain yang diikuti oleh pengguna. Fitur ini akan menampilkan lima profil akun yang diikuti oleh pengguna pada tiap halaman. Urutan tampilan profil akun yang diikuti ini adalah mulai dari yang terakhir diikuti oleh pengguna yang bersangkutan.

Pengikut (Followers)[sunting | sunting sumber]

Fitur ini digunakan untuk melihat pengguna pengguna lain yang mengkuti akun pengguna yang bersangkutan. Halaman yang ditampilkan untuk profil ini sama dengan tampilan halaman pada fitur Teman.

Fitur Tambahan[sunting | sunting sumber]

Unggah Foto (Upload Photo)[sunting | sunting sumber]

Fitur ini memudahkan pengguna untuk mengunggah foto. Cara menggunakan fitur ini yaitu dengan menekan tombol fitur, selanjutnya dapat mengunggah dengan dua cara pertama mengambil foto atau mengakses foto yang tersimpan dari perangkat yang dipakai.

Ikon Ekspresi[sunting | sunting sumber]

Fitur ini memampukan pengguna untuk mempercantik pesan atau twit yang ingin disampaikan baik yang ditujukan kepada pengguna lain maupun yang tidak. Ikon ekspresi yang terdapat pada jejaring-jejaring lokal seperti Kaskus dan Parampaa Land. Fitur ini belum terdapat pada situs resmi jejaring sosial Twitter.

Twitter oAuth[sunting | sunting sumber]

Fitur ini merupakan salah satu fitur utama yang terdapat pada jejaring sosial Twitter yang berguna untuk menjamin keamanan data pengguna.

Teks Panjang (Long Text)[sunting | sunting sumber]

Fitur ini merupakan fitur yang memampukan pengguna untuk menulis pesan atau twit lebih dari 140 karakter huruf. Jejaring sosial Twitter hanya membatasi pengguna untuk menyampaikan pesan hanya 140 karakter. Untuk menggunakan fitur ini, pengguna harus melakukan aktivasi melalui pengaturan aplikasi yang dilanjutkan dengan mengaktifkan fitur melalui tombol Dukung Teks Panjang (Support Long Text).

Lokasi Geo Manual ( Manual Geo Location)[sunting | sunting sumber]

Fitur ini memampukan pengguna untuk mengetahui dimana lokasi dari pengguna sekarang maupun lokasi dari pengguna lain yang diikuti saat melakukan pembaharuan pesan. Fitur ini baru terdapat pada dua aplikasi yaitu Tuitwit dan UberTwitter.

Mendiamkan (Mute)[sunting | sunting sumber]

Fungsi dari fitur ini adalah tidak menampilkan status terbaru dari pengguna lain yang diikuti. Fitur ini dapat digunakan jika pengguna ingin menyamarkan keberadaannya, yaitu dengan tetap menjadi pengikut dari pengguna lainnya namun tidak mengikuti status terbaru yang dikirim oleh pengguna tersebut. Untuk mengaktifkan fitur ini, pengguna harus membuka akun profil dari pengguna yang ingin didiamkan, kemudian setelah halaman profil pengguna yang diikuti tampil, pengguna dapat menekan tombol fitur untuk mendiamkan tersebut.

Siapa Yang Tidak lagi Mengikutimu ( Who is Not Following You Back)[sunting | sunting sumber]

Fitur ini memampukan pengguna untuk memeriksa pengguna yang tidak lagi menjadi pengikut dari akun profil pengguna.

Warna ( Color)[sunting | sunting sumber]

Fitur ini memampukan pengguna untuk mengubah tampilan warna pada halaman profil. Terdapat lima pilihan warna pada fitur ini yaitu Merah, Biru, Biru Gelap, Hijau, dan Hitam. Untuk menggunakan fitur ini, pengguna harus masuk melalui tombol pengaturan, kemudian menekan tombol warna, memilih warna lalu menekan tombol simpan.

Kelebihan dan Kekurangan[sunting | sunting sumber]

Aplikasi ini memiliki banyak kelebihan dari segi fitur. Namun beban data yang ditampilkan pada aplikasi ini cukup banyak. Unutk menampilkan satu halaman data bisa mencapai sepuluh kilobita. Untuk internet yang berbiaya data maka hal ini akan cukup memberatkan.

Jumlah Pengguna[sunting | sunting sumber]

Sampai saat ini jumlah pengguna yang telah menggunakan aplikasi Tuitwit adalah 373,400. Jumlah Pengguna aktif per lima menit adalah 600 pengguna, dan 1.200.000 halaman dibuka setiap harinya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Fauzi, Ahmad.(2009). All about twitter. Depok:Yureka
  • Angel. (2009). Mengoptimalkan mikro blogging. Jakarta:bukune
  • Jo, Shoji. (2009). Step by step permak twitter& plurk. Jakarta: Daras book

Pranala luar[sunting | sunting sumber]