Tsuyokiss

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Tsuyokiss
Tsuyokiss 2.JPG
Gambar dari game Tsuyokiss: Nigakki
つよきす
(Tsuyokisu)
Genre Komedi, Romantis, Sekolah
Anime
Tsuyokiss Cool×Sweet
Sutradara  Shinichiro Kimura
Studio Studio Hibari
Portal Anime dan Manga

Tsuyokiss (つよきす Tsuyokisu?) adalah sebuah serial animasi Jepang yang diangkat dari permainan video dengan judul yang sama. Cerita dari serial ini dibuat oleh Takahiro (game) dan Yatsutomo Yamada (serial animasi). Ceritanya sendiri berfokus kepada sekelompok siswa SMU dengan lika-liku kehidupan mereka, terutama di hal percintaan.

Tsuyokiss awalnya adalah sebuah permainan video bergenre visual novel AVG (Adventure Game) untuk PC yang diproduksi oleh Candy Soft. Pertama kali dirilis pada tanggal 26 Agustus 2005. Setahun kemudian, dirilis pula untuk versi Playstation 2-nya, kali ini dengan menghilangkan unsur dewasanya. Pada tanggal 25 April 2008 kemarin, dirilis pula sekuel langsung game ini yang berjudul “Tsuyokiss: Nigakki” (Tsuyokiss: Second Semester), dengan tambahan beberapa karakter baru. Dan pada tahun 2009 ini akan dikeluarkan versi Playstation 2-nya yang berjudul “Tsuyokiss: Nigakki ~Swift Love~”. Serial animasinya sendiri mengudara pada tanggal 1 Juli 2006, dan tidak mengandung unsur dewasa sedikitpun.

Cerita[sunting | sunting sumber]

Permainan Video[sunting | sunting sumber]

Menceritakan tentang kehidupan sekelompok siswa-siswi SMU dengan berbagai lika-liku kehidupannya. Pemeran utama dalam permainan ini adalah seorang siswa kelas 2-C bernama Leo Tsushima. Ia hidup satu atap dengan sepupunya, Otome Kurogane, yang juga adalah wakil ketua OSIS dan ketua dari komite disiplin di sekolahnya. Ia menyimpan perasaan terhadap ketua OSIS di sekolahnya yang bernama Erica Kiriya.

Leo juga mempunyai 3 teman akrab yang bernama Kinu Kanisawa, Shinichi Samesuga, dan Subaru Date. Mereka sering berkumpul dan bermain bersama, terutama di kamar Leo, yang sudah mereka anggap seperti “base camp”. Ia juga mempunya seorang teman lama bernama Sunao Konoe yang berada di kelas 2-A.

Pada sekuelnya, Tsuyokiss: Nigakki, diceritakan telah datang seorang murid pindahan ke sekolah mereka yang bernama Serebu Tachibana. Ia adalah keponakan dari kepala sekolah SMU tersebut, Heizou Tachibana. Ia didampingi oleh seekor kura-kura yang bernama Gondagawara. Akhirnya diputuskan bahwa ia masuk kelas 2-C, dan duduk bersebelahan dengan Leo. Dan berbagai kejadian menarik akan dialami oleh Leo di semester keduanya di SMU tersebut.

Anime[sunting | sunting sumber]

Dalam serial animasinya, diceritakan hal yang agak sedikit berbeda. Diceritakan bahwa seorang siswi pindahan bernama Sunao Konoe, yang menjadi pemeran utama wanitanya, berkeinginan untuk membentuk sebuah klub drama baru di SMU yang barunya. Namun hal ini menemui kendala dikala ia harus meyakinkan ketua OSIS di SMU tersebut, Erica Kiriya. Erica menganggap bahwa pembentukan klub drama hanya akan membuang waktunya, yang menurut Sunao hal ini adalah suatu bentuk tantangan yang ditujukan kepadanya.

Penokohan[sunting | sunting sumber]

Pemeran Utama[sunting | sunting sumber]

Leo Tsushima (対馬レオ Tsushima Leo?)
Pengisi suara: Toshiyuki Toyonaga (anime)
Leo adalah pemeran utama di semua versi dari Tsuyokiss, baik game maupun serial animasinya. Ia adalah murid kelas 2-C di SMUnya. Ia sangat mengagumi Erica Kiriya. Dahulu ia adalah orang yang tempramental. Namun setelah suatu kejadian pada masa SMP-nya, ia berubah menjadi lebih pendiam. Ia bersahabat baik dengan Kinu Kanisawa, Shinichi Samesuga dan Subaru Date.
Otome Kurogane (鉄乙女 Kurogane Otome?)
Pengisi suara: Yukari Aoyama (game) / Nana Inoue (anime)
Otome adalah murid kelas 3, wakil ketua OSIS, dan juga sepupu Leo. Ia berasal dari keluarga petarung, sehingga ian sangat ahli dalam ilmu bela diri dan mempunyai kemampuan di atas manusia rata-rata. Namun ia memiliki kelemahan yang sangat fatal bagi seorang wanita, yaitu tidak bisa memasak. Bahkan satu-satunya makanan yang bisa ia buat hanyalah “onigiri”. Ia juga tidak ahli dalam hal-hal elektronik, Otome selalu menganggap Serebu Adalah rival beratnya, dan juga takut terhadap petir. Ia berjanji kepada Leo pada masa kecilnya bahwa ia akan selalu melindunginya.
Kinu Kanisawa (蟹沢きぬ Kanisawa Kinu?)
Pengisi suara: [[Mahiru Kaneda] (game) / Saki Fujita (anime)
Kinu adalah murid kelas 2-C, teman sekelas Leo dan juga salah satu sahabat masa kecilnya. Ia tinggal bersebelahan dengan rumah Leo. Setiap pagi, Leo selalu membangunkannya untuk pergi ke sekolah karena ia sangat susah dibangunkan. Ia mempunyai nama panggilan “Kani” atau “Kanitchi”, dan akan marah jika ada yang memanggilnya dengan nama asli, “Kinu”.
Ia mudah marah, sangat benci kalah, dan termasuk seorang yang pemalas. Meskipun demikian, ia mempunyai banyak teman karena dialah sang “mood maker” di kelasnya. Hampir setiap hari Kinu dan Leo sering bertengkar, hingga keduanya dijuluki sebagai "pasangan suami istri". Meski demikian, ia sebenarnya juga menaruh hati kepada Leo.
Erica Kiriya (霧夜エリカ Kiriya Erica?)
Pengisi suara: Minami Hokuto (game) / Mai Nakahara (anime)
Erica adalah murid kelas 2-C, yang juga adalah temen sekelas Leo. Ia juga adalah ketua OSIS di SMU, dan juga penerus dari Kiriya Corporation, sebuah perusahaan besar yang menguasai pasar dunia. Ia biasa dipanggil “Hime (姫)” yang berarti “tuan putri” oleh teman-temannya, karena tingkah laku nya sangat mencermikan seorang putri. Ia berteman dekat dengan Yoshimi Satou, bahkan sering menggodanya sehingga ia selalu salah tingkah.
Nagomi Yashi (椰子なごみ Yashi Nagomi?)
Pengisi suara: Erena Kaibara (game) / Yu Kobayashi (anime)
Nagomi adalah anak kelas 1 dari kelas 1-B. Ia berhutang budi kepada Leo, yang menjadikannya masuk ke dalam OSIS. Ia sering terlihat sendiri di atap sekolah kalau tidak ada kegiatan di dalam OSIS, atau di sekitar stasiun kereta pada waktu malam. Ia juga sering bertengkar dengan Kinu Kanisawa, dan tidak pernah menghormatinya sebagai kakak kelas.
Yoshimi Satou (佐藤良美 Satō Yoshimi?)
Pengisi suara: Junko Kusayanagi (game) / Mayuko Omimura (anime)
Yoshimi adalah anak kelas 2 dari kelas 2-C, sekaligus sebagai teman sekelas Leo dan anggota OSIS. “Yoppi” (namanya biasa dipanggil) sangat populer di kalangan murid-murid, seorang murid teladan, pintar memasak, cekatan, dan baik hati. Dialah yang bisa menghentikan Erica apabila ia sudah kelewat batas. Namun di balik itu semua, sifat aslinya sangat berbeda sekali. Ia terlihat menyukai Leo, tapi yang bersangkutan tidak menyadari perasaannya sama sekali.
Sunao Konoe (近衛素奈緒 Konoe Sunao?)
Pengisi suara: Yuka Inokuchi (game) / Nana Mizuki (anime)
Sunao adalah siswi kelas 2 dari kelas 2-A, dan juga ketua dari klub drama di sekolahnya. Dia mengenal Leo semenjak SMP, dan mengetahui cukup banyak tentang masa lalunya. Ia termasuk orang yang keras dan mempunyai rasa keadilan yang cukup tinggi. Ia membenci Erica karena sikapnya yang selalu “menang sendiri”. Awalnya ia juga membenci Leo, namun perasaan itu berubah seiring waktu. Ia adalah pemeran utama wanita dalam serial "Tsuyokiss Cool×Sweet".

Pemeran Pendukung[sunting | sunting sumber]

Inori Ōeyama (大江山祈 Ōeyama Inori?)
Pengisi suara: Izumi Maki (game) / Kumi Sakuma (anime)
Inori adalah wali kelas 2-C, sekaligus merangkap sebagai penasihat OSIS. Ia nampak seperti seorang pemalas, dan sering terlambat masuk kelas, yang biasanya digantikan oleh peliharaannya, Tsuchinaga. Ia gemar memakan permen lolipop. Pada game Tsuyokiss, ia termasuk salah seorang tokoh "heroine" dalam game. Namun di Nigakki, ia hanya berperan sebagai karakter pendukung saja.
Shinichi Samesuga (鮫氷新一 Samesuga Shinichi?)
Pengisi suara: Tsukasa Madera (game) / Masashi Yabe (anime)
Shinichi adalah teman sekelas Leo dan juga salah satu teman masa kecilnya. Ia sering dipanggil “Fukahire” yang berarti “Sup Sirip Hiu / Sup Isit”. Ia mempunyai seorang kakak perempuan yang terlihat selalu menjahilinya, yang menyebabkan ia sangat takut dan trauma. Dia juga seorang yang mesum, dan suka membaca majalah porno.
Subaru Date (伊達スバル Date Subaru?)
Pengisi suara: Takuma Sakuya (game) / Takehito Koyasu (anime)
Salah satu teman sekelas Leo sekaligus teman masa kecilnya. Di dalam kelompoknya, ia berperan sebagai “kakak” karena sikapnya yang cukup dewasa. Subaru tergabung ke dalam klub atletik, dan kadang-kadang sering membantu OSIS. Ia cukup populer di antara para siswi, namun cukup ditakuti dikalangan siswa. Sebenarnya ia menyukai Kinu semenjak kecil, namun Kinu terlanjur menganggapnya sebagai seorang sahabat dan seorang "kakak".
Tonfa Yang (楊豆花 Yang Tonfa?)
Pengisi suara: Erena Kaibara (game) / Kumi Sakuma (anime)
Tonfa adalah salah satu teman sekelas Leo di kelas 2-C. Ia berasal dari China, dan sedang belajar di Jepang. Ia terlihat sering bersama Mana Uraga.
Mana Uraga (浦賀真名 Uraga mana?)
Pengisi suara: Junko Kusayanagi (game) / Rie Miyoshi (anime)
Mana adalah salah satu teman sekelas Leo di 2-C. Ia bicara dengan logat Kansai. Nilai-nilainya cukup buruk di kalangan teman-temannya. Ia sangat tidak bisa membaca suasana disekelilingnya, yang membuat orang-orang di sekitarnya bingung.
Igaguri (イガグリ Igaguri?)
Pengisi suara: Shinsuke Nakamoto (game) / Takayuki Douoka (anime)
Salah satu teman sekelas Leo. Igaguri hanyalah nama panggilannya, karena nama aslinya tidak pernah disebutkan. Ia terlihat setipe dengan Shinichi, mesum.
Noriko Nishizaki (西崎紀子 Nishizaki Noriko?)
Pengisi suara: Izumi Maki (game) / Tomoko Kaneda (anime)
Noriko adalah teman sekelas dari Sunao di kelas 2-A. Ia tergabung ke dalam kelompok PR (Public Relations) di sekolah. Ia sangat jarang berbicara, karena itu ia sering berkata dengan kalimat yang orang awam tidak mengerti. Ia sering terlihat bersama Youhei Murata, namun sebenarnya ia menyukai Leo.
Youhei Murata (村田洋平 Murata Youhei?)
Pengisi suara: Shinsuke Nakamoto (game) / Takurou Nakakuni (anime)
Teman sekelas Sunao dan Noriko di kelas 2-A, Youhei adalah salah satu siswa teladan di sekolah dan tergabung ke dalam klub tinju. Ia memiliki 12 orang adik perempuan yang sering dibanggakannya kepada semua orang. Ia juga sering bersaing dengan Leo dalam hal apapun. Namun tampaknya hampir semua orang tidak bisa mengingat namanya dengan benar.
Heizou Tachibana (橘平蔵 Tachibana Heizō?)
Pengisi suara: Satoru Kawanakajima (game) / Norio Wakamoto (anime)
Heizou adalah kepala sekolah tempat Leo bersekolah. Seperti Otome, ia memiliki ketahanan dan kekuatan di atas manusia rata-rata, bahkan lebih kuat dari darinya. Bahkan ada yang berkata, “Jepang pasti akan memenangkan Perang Dunia II apabila dia ada pada saat itu”. Ia nampak menakutkan, tetapi sebenarnya ia baik hati dan mementingkan kebebasan para muridnya.
Tsuchinaga (土永 Tsuchinaga?)
Pengisi suara: Satoru Kawanakajima (game) / Yoshinori Fujita (anime)
Tsuchinaga adalah burung kakak tua peliharaan Inori, meski ia menolak dibilang seperti itu. Ia sangat fasih berbicara bahasa Jepang, sehingga membuat orang terheran-heran. Ia juga terlihat menyukai gadis-gadis cantik.
Nodoka (のどか Nodoka?)
Pengisi suara: Erena Kaibara (game) / Kumi Sakuma (anime)
Ibu dari Nagomi. Ia mempunyai sebuah toko bunga di kota. Ia memiliki kepribadian yang cukup berbeda dari anaknya.
Madam (マダム Madamu?)
Pengisi suara: Mahiru Kaneda (game)
Ibu dari Kinu. Ia dan suaminya terlihat menelantarkan putrinya, dan entah pergi kemana. Ia selalu meminta Leo membangunkan putrinya di pagi hari, karena ia sudah tidak sanggup lagi membangunkannya.

Tsuyokiss: Nigakki[sunting | sunting sumber]

Serebu Tachibana (橘 瀬麗武 Tachibana Serebu?)
Pengisi suara: Sakura Hazuki (game) / Ayumi Fujimura (Anime)
Murid pindahan yang baru masuk pada semester kedua. Ia adalah putri Ikuzou Tachibana, yang juga menjadikannya keponakan dari Heizou Tachibana. Sifatnya keras dan sangat mirip dengan Otome. Bahkan jika keduanya bertemu, sudah dapat dipastikan akan terjadi pertarungan yang sangat sengit, yang hanya bisa dilerai oleh sang kepala sekolah. Awalnya ia selalu menyendiri, namun lambat laun ia bergaul dengan teman-teman sekelasnya. Ia sering terlihat berada di taman kota yang terletak di pinggir pantai, dimana tempat tersebut adalah tempat favoritnya.
Ikuzou Tachibana (橘 幾蔵 Tachibana Ikuzō?)
Ayah dari Serebu, dan juga adik dari Heizou Tachibana. Ia adalah seorang tentara angkatan laut. Ia sangat menyayangi putri semata wayangnya itu, bahkan sampai rela turun tangan membantunya dalam berbagai hal. Ia sering terlihat menyamar menggunakan kardus bekas, yang terlihat sangat mencolok.
Gondagawara (権田瓦 Gondagawara?)
Seekor penyu, yang juga seperti Tsuchinaga, dapat berbicara bahasa Jepang dengan sangat fasih. Ia adalah “pelindung” bagi Serebu, namun yang bersangkutan lebih menganggapnya sebagai pengganggu. Ia juga menyukai gadis-gadis sama seperti Tsuchinaga.
Akari Kirishima (霧島 あかり Kirishima Akari?)
Wali kelas dari 2-A yang juga adalah seorang guru Kimia. Ia sering melakukan berbagai percobaan ketika sedang mengajar, yang kadang-kadang berujung dengan kegagalan.

Media[sunting | sunting sumber]

Pada awalnya, Tsuyokiss adalah sebuah game untuk PC yang ditujukan untuk orang dewasa. Namun kemudian diadaptasikan menjadi serial animasi dan dibuat juga versi Playstation 2-nya yang lebih aman untuk dimainkan. Bahkan sekuel dari game pertamanya pun juga sudah diproduksi.

Permainan Video[sunting | sunting sumber]

Tsuyokiss pertama kali muncul dalam bentuk permainan komputer bergenre visual novel yang dikembangkan oleh Candy Soft dan dirilis pada tanggal 26 Agustus 2005. Awalnya game ini diperuntukkan untuk orang yang berumur 18 tahun keatas, karena berisikan berbagai adegan pornografi. Namun kemudian dirilis ulang untuk Playstation 2 pada tanggal 1 Agustus 2006 dengan berbagai perubahan dan penghilangan adegan-adegan tersebut. Pada tanggal 25 April 2008, dibuatlah sekuel langsung dari gamenya yang pertama yang berjudul Tsuyokiss: Nigakki, dengan berbagai perubahan dan penambahan karakter baru. Dan pada tahun 2009 akan dirilis versi Playstation 2-nya yang berjudul “Tsuyokiss: Nigakki ~Swift Love~”.

Lagu Tema[sunting | sunting sumber]

Tsuyokiss:

  • Lagu pembuka: Mighty Heart ~Aruhi no Kenka, Itsumo no Koigokoro~ oleh KOTOKO
  • Lagu penutup: Isolation oleh Reina

Tsuyokiss: Nigakki:

  • Lagu pembuka: Swift Heart ~Kenzen Danshi no Mono Mousou~ oleh KOTOKO
  • Lagu penutup: 親愛なる君と未来へ oleh Reina

Anime[sunting | sunting sumber]

Serial animasi “Tsuyokiss” mulai mengudara di Jepang pada tanggal 1 Juli 2006 dengan judul Tsuyokiss Cool×Sweet. Total episode yang ditayangkan sebanyak 12 buah. Seri animasinya sendiri mempunyai jalan cerita yang cukup berbeda dibandingkan dengan gamenya, dan tidak memiliki adegan pornografi, meski ada sedikit adegan “fanservice”.

Lagu Tema[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]