Tsugaru Kaikyo Fuyugeshiki

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
"Tsugaru Kaikyo Fuyugeshiki"
Singel oleh Sayuri Ishikawa
Dirilis1 Januari 1977
1 Juli 1991(rilis ulang)
20 Mei 1994 (rilis ulang)
7 Desember 2005 (rilis ulang)
FormatPiringan hitam singel
Singel CD 8 cm
Maxi singel
GenreEnka
LabelNippon Columbia

"Tsugaru Kaikyo Fuyugeshiki" (津軽海峡・冬景色, Tsugaru Kaikyō/Fuyugeshiki, Selat Tsugaru - Pemandangan Musim Dingin) adalah lagu enka yang pertama kali dinyanyikan Sayuri Ishikawa pada tahun 1977. Lagu ini liriknya ditulis oleh Yu Aku, diciptakan dan diaransemen oleh Takashi Miki (aransemen versi rekaman ulang oleh Toshiro Imaizumi).[1] Lagu ini populer dinyanyikan di karaoke di Jepang.

Pada tahun 1977, Sayuri Ishikawa memenangi Japan Record Awards ke-19 untuk Penyanyi Terbaik, dan memenangi hadiah pertama grand prix FNS Music Festival ke-6. Masih pada tahun yang sama, Ishikawa untuk pertama kalinya tampil acara malam tahun baru NHK Kouhaku Uta Gassen, 31 Desember 1977.

Sejarah rilis[sunting | sunting sumber]

Lirik lagu ini menggambarkan perasaan sedih seorang wanita yang putus cinta dan pergi meninggalkan Tokyo untuk pulang ke kampung halamannya di Hokkaido. Di atas kapal feri yang melintasi Selat Tsugaru antara Aomori dan Hokkaido di tengah-tengah musim dingin, wanita itu dengan sedih melihat penumpang kapal lainnya dan pemandangan Selat Tsugaru. Lagu ini juga menjadi monumen abadi untuk Kapal Feri Penghubung Aomori-Hokkaido (Seikan Renrakusen) yang kini sudah tidak beroperasi lagi setelah selesainya Terowongan Seikan.[2]

Pada tahun 1995, monumen enka "Tsugaru Kaikyo Fuyugeshiki" didirikan di samping Kapal Memorial Hakkoda Maru yang disandarkan di dermaga. Pada tahun 1996, sebuah monumen enka untuk lagu ini kembali didirikan di Tanjung Tappi, Prefektur Aomori. Di atas batu monumen ini dituliskan lirik lagu "Tsugaru Kaikyo Fuyugeshiki".

Daur ulang/tribut[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "阿久悠「あんでぱんだん」音楽作品". You Aku Inc. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-01-11. Diakses tanggal 2013-01-10. 
  2. ^ Aku, Yu (1999). Aisubeki Meikatachi: Shiteki Kayōkyoku Shi. Iwanami Shoten. ISBN 978-4004306252.