Tripitaka Koreana

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Tripitaka Koreana
Perpustakaan Tripitaka Koreana di Haeinsa.
Hangeul 팔만 대장경
juga 고려 대장경
Hanja 八萬大藏經
juga 高麗大藏經
Alih Aksara yang Disempurnakan Palman Daejanggyeong
juga Goryeo Daejanggyeong
McCune–Reischauer P'alman Taejanggyŏng
juga Koryŏ Taejanggyŏng

Tripitaka Koreana (Tripitaka Goryeo) atau Palman Daejanggyeong ("Delapan puluh ribu Tripitaka") adalah Tripitaka khas Korea. Tripitaka Koreana terdiri dari 81.340 blok cetak kayu yang diproduksi dari abad ke-13, dikenal sebagai versi kanon Buddhis paling lengkap di dunia, tanpa adanya sedikit pun kesalahan dalam 52.382.960 buah karakter hanja yang dibuat dalam 1496 judul dan 6568 volume. Setiap blok kayau diukur 70 cm lebar dan 24 cm panjangnya. Ketebalannya mencapai 2,6 sampai 4 cm dan masing-masing memiliki berat dari 3 sampai 4 kg. Hasil karya ini disimpan di Haeinsa, Gyeongsang Selatan.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Nama "Tripitaka Goryeo" berasal dari zaman pembuatannya, yaitu pada zaman Dinasti Goryeo. Tripitaka ini menjadi referensi bagi edisi Tripitaka Tionghoa.

Tripitaka Koreana pertama kali diukir tahun 1087 ketika Goryeo sedang mengalami invasi oleh bangsa Khitan (periode Perang Goryeo-Khitan ketiga). Pembuatan ini dimaksudkan agar sang Buddha membantu Korea melawan penginvasi.

Set asli dari cetakan kayu musnah pada saat Invasi Mongol ke Korea pada tahun 1232, ketika ibukota negara dipindahkan ke pulau Ganghwa selama hampir 30 tahun penjajahan Mongol, walaupun sedikit dari bagian-bagiannya masih tersisa. Gojong kemudian memerintahkan pembuatan kembali; yang memakan waktu 16 tahun, dari tahun 1236 sampai 1251, dengan dukungan dari klan Choe dan para biksu yang terlibat dari sekte Seon dan Kyo. Revisi kedua inilah yang disebut sebagai Tripitaka Koreana. Pada tahun 1398, karya-karya ini dipindahkan ke Haeinsa dan dijadikan perpustakaan khusus hingga kini.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]