Trimulyo, Wadaslintang, Wonosobo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Trimulyo
—  Desa  —
Negara  Indonesia
Provinsi Jawa Tengah
Kabupaten Wonosobo
Kecamatan Wadaslintang
Kodepos 56365
Luas 9,01 km2
Jumlah penduduk -
Kepadatan -

Trimulyo adalah sebuah desa yang terletak di kecamatan Wadaslintang, kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, Indonesia. Trimulyo adalah sebuah Desa Kelurahan yang dibagi menjadi tiga wilayah; yaitu Trimulyo I, Trimulyo II dan Trimulyo III. dan pada tiap-tiap wilayah memiliki gedung sekolah dasar, sementara di Lapangan Desa yang berada di wilayah Trimulyo I mulai dibangun sebuah sekolahan SMK/STM. Adapun pembagian dusun pada tiap wilayah meliputi:

1. Trimulyo I Meliputi beberapa dusun diantaranya; Jebengan, Karangsambung, Wanasari, Sarimulyo dan Menggora yang Berbatasan dengan wilayah Kelurahan Somogede bagian utara dan timur dan wilayah Kelurahan Wadaslintang bagian utara.

2. Trimulyo II Meliputi dusun Gawaran yang berbatasan langsung dengan wilayah Kelurahan Ngalian bagian selatan.

3. Trimulyo III Merupakan satu Dusun yaitu dusun 'KALISAT' yang berbatasan dengan wilayah Kelurahan Plunjaran bagian utara dan wilayah Kelurahan Somogede bagian selatan dan timur.

Mata pencaharian warga Trimulyo sebagian besar adalah Petani terutama bagian wilayah Trimulyo I dan Trimulyo III, sementara untuk wilayah Trimulyo II kebanyakan penduduknya adalah sebagai peternak, mengingat lokasi yang berada di bawah lereng hutan lindung Kecamatan Wadaslintang.

 Hasil bumi dari Trimulyo terutama kelapa, singkong, padi, pisang dll, sementara dari segi peternakan mulai banyak yang membentuk GAPOKTAN atau Gabungan Kelompok Tani (mohon dikoreksi) dengan membudidayakan Udang Lopster air tawar, Lele, Belut, Kambing biasa serta Kambing Etawa.

Dan pernah juga ada bantuan dari pemerintah pusat PNPM berupa pinjaman uang dengan nilai tertentu yang diperuntukan sebagai modal usaha, dan kebanyakan selain dipakai modal berdagang, banyak pula yang mencoba untuk pemeliharaan burung puyuh petelor. Untuk mencukupi kebutuhan air guna pertanian, waga Trimulyo memanfaatkan saluran sungai yang ada dengan membuat tanggul serta gotong royong saling membahu membuat saluran irigasi sampai ke area persawahan. Namun khususnya di wilayah Dusun Kalisat sudah ada yang memulai usaha peternakan burung Kenari, Parkit serta Ayam Bangkok, (OM RIDHIE FARM)

 Mengingat kondisi ekonomi yang hanya seadanya, banyak warga Trimulyo yang bekerja sebagai tukang ojek di kota kecamatan, berdagang baik di lingkungan mereka tinggal maupun di pasar-pasar tradisional di wilayah sekitar.

Namun hampir 67% muda mudinya banyak yang merantau ke kota-kota besar seperti Bandung, Jakarta bahkan menjadi TKI/TKW di luar negeri, bahkan untuk warga dusun Kalisat hampir sebagian merantau ke pulau Andalas dan Borneo, baik di pertambangan emas maupun perkebunan kelapa sawit dan karet.

 Akses jalan untuk sebagian besar wilayah Trimulyo sudah aspal terutama untuk jalur-jalur utamaya, sedangkan untuk akses jalan gang di tiap wilayah sebagian besar masih menggunakan cor/pelur yang merupakan hasil gotong royong warga di tiap wilayah serta dari bantuan pemerintah.

untuk pasokan listrik juga sudah terakses semua sampai ke pelosok seluruh penjuru Trimulyo.