Trent Reznor

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Trent Reznor tampil dalam konser Nine Inch Nails

Michael Trent Reznor (lahir 17 Mei 1965) adalah seorang musisi kelahiran Cleveland, Ohio, Amerika Serikat. Ia adalah vokalis sekaligus gitaris Nine Inch Nails (band bentukannya). Ia juga merupakan satu-satunya anggota tetap Nine Inch Nails.

Biodata[1][sunting | sunting sumber]

Michael Trent Reznor dilahirkan di Mercer, Pennsylvania, campuran antara Pittsburgh dan Erie, dari pasangan Michael Reznor dan Nancy Lou Clark Reznor. Dirujuk oleh nama tengahnya untuk menghindari kebingungan dengan ayahnya. Setelah orangtuanya bercerai, dia tinggal bersama kakek dari garis keluarga ibunya, sedangkan adiknya Tera tinggal bersama ibu mereka Reznor. Ia adalah keturunan langsung dari George Reznor, pendiri Perusahaan Reznor (didirikan pada tahun 1888), perusahaan penghangat dan pendingin udara. Keluarga menjual bisnis tersebut pada tahun 1960-an.

Reznor mulai bermain piano pada usia lima dan menunjukkan bakat awal untuk musik. Dalam sebuah wawancara pada tahun 1995, kakeknya, Bill Clark, berkomentar, "Musik adalah hidupnya. Dia begitu berbakat" Mantan guru pianonya Rita Beglin berkata "Reznor selalu mengingatkan saya Harry Connick, Jr" ketika ia bermain piano.

Reznor telah mengakui bahwa hidupnya yang terlindung di Pennsylvania membuatnya merasa terisolasi dari dunia luar. Dalam sebuah wawancara 1994 dengan Rolling Stone, ia mereferensi pilihannya di industri musik.

Saya tak tahu mengapa saya ingin melakukan hal-hal, selain keinginan saya untuk melarikan diri dari Small Town, Amerika Serikat, untuk membubarkan batas, untuk mengeksplorasi. Ini bukan tempat yang buruk di mana saya dibesarkan, tapi tidak ada yang terjadi kecuali ladang jagung. Pengalaman hidup saya berasal dari menonton film, menonton TV dan membaca buku-buku dan melihat-lihat majalah. Dan ketika budaya Anda berasal dari menonton TV setiap hari, Anda dibombardir dengan gambar-gambar dari hal-hal yang tampak keren, tempat-tempat yang tampaknya menarik, orang-orang yang memiliki pekerjaan dan karier dan kesempatan. Tidak ada dari semua itu yang terjadi dimana saya berada. Anda hampir diajari untuk menyadari ini bukan untuk Anda.

Namun, Reznor kemudian berkata, "Saya tidak ingin memberi kesan itu adalah masa kecil yang menyedihkan"

Di daerah SMP dan SMA Mercer, Reznor belajar memainkan saksofon tenor dan tuba. Dia adalah anggota baik dalam jazz dan marching band. Mantan Direktur band SMA Mercer Dr.Hendley Hoge ingat Reznor sebagai "sangat bersemangat dan ramah". Reznor juga pernah terlibat dalam teater, saat di SMA. Dia terpilih sebagai "Best in Drama" oleh teman-teman sekelas untuk perannya sebagai Yudas dalam Jesus Christ Superstar dan Profesor Harold Hill dalam The Music Man. Reznor lulus dari sekolah tinggi pada tahun 1983 dan terdaftar di kampus Allegheny, di mana ia belajar teknik komputer.

Saat kuliah, Reznor menjadi seorang vegetarian.

Karier musik awal[sunting | sunting sumber]

Saat ia terdaftar di kampus Allegheny, Reznor bergabung dengan band lokal Option 30, bermain dalam tiga pertunjukkan setelah seminggu dengan mereka. Setelah hanya setahun kuliah, Reznor berhenti kuliah dan pindah ke Cleveland, Ohio untuk mengejar karier di bidang musik. Pada tahun 1985, ia bergabung dengan The Innocent sebagai seorang keyboardist. Mereka merilis satu album, Livin 'di Street, tapi Reznor berhenti setelah hanya tiga bulan. Pada tahun 1986, bergabung dengan band lokal "Reznor Exotic Bird". Ia juga muncul dengan mereka sebagai band fiksi "The Problems" dalam film Light of Day (tahun 1987)

Reznor mendapatkan pekerjaan di Right Track Studio Manhattan (sekarang dikenal sebagai Midtown Records) sebagai seorang insinyur asisten dan petugas kebersihan studio pemilik Bart Koster. Kemudian berkomentar bahwa Reznor adalah "begitu terfokus dalam semua yang ia lakukan. Ketika orang itu menggosok lantai, itu tampak hebat". Reznor meminta meminta izin kepada Koster untuk merekam demo lagu-lagu sendiri secara gratis selama waktu studio yang tidak terpakai. Koster setuju, berkomentar bahwa biayanya hanya sebesar "mengenakan sedikit pakaian pada kpelanya". Sementara perakitan ini, sembilan rekaman awal Inch Nails, Reznor tidak dapat menemukan sebuah band yang bisa mengartikulasikan lagu saat dia ingin . Sebaliknya, terinspirasi oleh Pangeran, ia memainkan semua instrumen kecuali drum. Peran ini menetapkan Reznor pada sebagian besar rekaman studio band, meskipun dia kadang-kadang terlibat kepada musisi dan asisten lain. Beberapa label menanggapi baik terhadap materi demo tersebut, dan Reznor ditandatangani oleh TVT Records. Sembilan pilihan dari demo Right Track yang tidak resmi dirilis pada tahun 1988 sebagai Purest Feeling; banyak dari lagu-lagu ini muncul dalam bentuk revisi pada tahun 1989 album debutnya dengan nama panggung Nine Inch Nails.

Pembentukan Nine Inch Nails[sunting | sunting sumber]

Debut album Nine Inch Nails, Pretty Hate Machine dirilis pada tahun 1989. Album tersebut sukses secara komersial yang luar biasa, dan mendapatkan sertifikat emas pada tahun 1992. Di tengah tekanan dari perusahaan rekaman Reznor untuk menghasilkan sebuah tindak lanjut untuk Pretty Hate Machine, Reznor diam-diam mulai merekam berbagai nama samaran untuk menghindari campur tangan perusahaan rekaman, menghasilkan EP Broken, dirilis pada tahun 1992. Pada musim panas tahun 1991 Nine Inch Nails menjadi bagian dari tur Lollapalooza. Mereka kemudian memenangkan Grammy Award pada tahun 1993 untuk lagu "Wish" dalam kategori "Penampilan Heavy Metal Terbaik".

Album penuh kedua Nine Inch Nails, The Downward Spiral, memasuki chart Billboard 200 pada tahun 1994 di nomor dua, dan tetap menjual tertinggi Nine Inch Nails rilis di Amerika Serikat. Untuk merekam album, Reznor disewa dan pindah ke rumah besar 10.050 Cielo Drive, tempat dimana keluarga Manson melakukan aksi pembunuhan pada tahun 1969. Reznor membangun sebuah ruang studio di rumah, yang berganti nama menjadi Le Pig, setelah kata yang tertulis di pintu depan dalam darah Sharon Tate oleh pembunuh-nya. Reznor mengatakan kepada Entertainment Weekly bahwa dia memilih untuk merekam di sana bukan karena ketenaran yang melekat pada rumah tersebut, melainkan karena "aku melihat di banyak tempat, dan ini hanya terjadi pada menjadi orang yang paling aku suka".

Nine Inch Nails tur secara ekstensif selama beberapa tahun ke depan, termasuk tampil di Woodstock '94, meskipun ia mengakui kepada khalayak ramai bahwa ia tidak suka bermain tempat besar. Pada saat ini, perfeksionisme studio Reznor, perjuangan dengan kecanduan, dan jarak yang panjang antara album selanjutnya.

Kecanduan narkoba & depresi[sunting | sunting sumber]

Lima tahun setelah perilisan The Downward Spiral, Reznor bergumul dengan depresi, gangguan kecemasan sosial, dan kematian neneknya, yang telah membangkitkan dia. Selama periode kesedihan yang intens, Reznor mulai menggunakan alkohol dan obat-obatan lainnya. Dia akhirnya menjadi pecandu alkohol dan kokain, walaupun Reznor telah menyatakan bahwa ia tidak menggunakan heroin. Lima tahun berlalu sebelum follow up album The Downward Spiral, The Fragile, album berformat double CD yang mencapai posisi pertama pada Billboard 300 pada September 1999, penjualan sebanyak 228.000 keping dalam minggu pertama dan menerima review yang menguntungkan.

Tuntutan terhadap John Malm[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2004, mantan manajer Reznor, John Malm Jr, mengajukan gugatan di pengadilan distrik Ohio terhadap Reznor untuk lebih dari $2 juta dalam komisi yang ditangguhkan. Gugatan itu menuduh bahwa Reznor "mengingkari setiap kontrak tunggaln dia dan Malm yang pernah secara kontrak mereka buat", dan bahwa Reznor menolak untuk membayar pembayaran Malm yang pernah ia masukkan kedalam kontrak tersebut. Beberapa minggu kemudian, Reznor mengajukan gugatan-kontra di Distrik Amerika Serikat Pengadilan New York, menuduh Malm dengan penipuan dan melanggar kewajiban fiducia. Tuntutan Reznor muncul dari manajemen kontrak lima tahun ditandatangani pada hari-hari awal Nine Inch Nails, antara Reznor dan manajemen perusahaan J. Malm itu Manajemen Artis. Kontrak ini, menurut gugatan tersebut, tidak sah dan tidak bermoral dalam bahwa Malm dijamin bahwa 20% dari pendapatan kotor Reznor, ketimbang laba bersih, karena itu adalah praktek standar antara artis dan manajemen mereka. Gugatan itu juga menuduh bahwa kontrak dijamin persentase ini bahkan jika Malm tidak lagi mewakili Reznor, dan untuk kemajuan semua album Reznor. Gugatan itu juga menggambarkan bagaimana Malm telah menyalahgunakan hak milik Nine Inch Nails, termasuk nama merek dagang NIN ". Menurut kesaksian oleh Malm, Reznor memberinya setengah dari "merek dagang NIN sebagai hadiah."

Reznor menyatakan bahwa ia mulai memahami situasi keuangan setelah mengatasi kecanduan ke obat-obatan dan alkohol. Reznor meminta laporan keuangan dari Malm pada tahun 2003, menemukan bahwa ia hanya memiliki $ 400.000 dalam aset cair. "Itu tidak menyenangkan mendapati Anda memiliki yang ke10 sebanyak yang Anda miliki," ujar Reznor ke pengadilan. Pengacara Malm, bagaimanapun, menyatakan bahwa Malm telah bekerja selama bertahun-tahun "pro bono", dan bahwa ketidakmampuan Reznor untuk merilis album atau melakukan tur dan pengeluarannya yang tak terbatas adalah alasan untuk situasi keuangan Reznor.

Setelah sidang tiga minggu pada tahun 2005, juri memihak Reznor, pemberian dia ke atas dari $ 2.950.000 dan kembali ke dia kontrol penuh atas merek dagang nya. Setelah penyesuaian untuk inflasi, penghargaan Reznor naik menjadi hampir $ 5 juta.

Kembali ke musik[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2001, Reznor berhasil menyelesaikan rehabilitasi, dan akhirnya pindah dari New Orleans ke Los Angeles. Dalam sebuah wawancara pada tahun 2005 dengan Kerrang!, Reznor tercermin pada masa lalunya yang merusak diri: "Ada persona yang menjalankannya. Saya harus meluruskan prioritas saya, kepalaku akal sehat. Alih-alih selalu bekerja, beberapa tahun saya off, hanya untuk mencari tahu siapa aku dan bekerja keluar jika saya ingin terus melakukan hal ini atau tidak. Saya telah menjadi pecandu mengerikan, saya harus mendapatkan kesialan saya bersama-sama, mencari tahu apa yang terjadi ". Reznor juga mengakui dalam wawancara lain bahwa dia "sangat bahagia sekarang". Album penuh Nine Inch Nails berikutnya, With Teeth (2005), mencapai posisi pertama di Billboard 200.

Album Nine Inch Nails berikutnya, Year Zero (2007), dirilis bersamaan dengan sebuah permainan realitas alternatif. Dengan lirik ditulis dari perspektif beberapa karakter fiktif, Reznor menggambarkan Year Zero sebagai album konsep yang mengkritik kebijakan pemerintah Amerika Serikat saat ini dan bagaimana mereka akan memengaruhi dunia 15 tahun kedepan.

Kemudian Trent Reznor mengumumkan bahwa Nine Inch Nails menghentikan kontrak dengan Interscope Records, dan akan mendistribusikan album berikutnya secara independen. Rilisan terakhir Inch Nails rilis pada Interscope adalah Year Zero Remix, album yang isinya adalah materi-materi dari Year Zero yang telah diremix.

Karier sebagai artis independen[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Mei 2008 Reznor mendirikan The Null Corporation. Pada tahun yang sama, Nine Inch Nails merilis album studio The Slip sebagai album yang dapat didownload secara gratis. Dalam penghargaan itu untuk basis penggemarnya yang menyusul, dan tidak memiliki kewajiban kontrak, ia membuat "The Slip" tersedia secara gratis di website-nya, menyatakan "Yang ini pada saya." Satu bulan setengah setelah dirilis secara online, The Slip telah terdownload sebanyak 1.400.000 kali dari situs resmi Nine Inch Nails. [34]

Pada bulan Februari 2009, Reznor memposting anggapannya tentang masa depan Nine Inch Nails di NIN.com, menyatakan bahwa "Saya sudah berpikir untuk beberapa waktu sekarang saatnya untuk membuat NIN menghilang untuk sementara waktu" Reznor mencatat dalam wawancara di website resminya bahwa untuk sementara ia tidak berhenti membuat musik sebagai Nine Inch Nails, kelompok itu tidak akan tur di masa mendatang.

Pada bulan April 2009, Trent Reznor bertunangan dengan Mariqueen Maandig, mantan vokalis West Indian Girl dan mantan pemain keyboard dan synthesizer untuk I Will Never Be The Same. Mereka menikah pada bulan Oktober. United States House of Representatives, the United States Senate, gubernur New York, Pengawas Negara Bagian New York, Senat New York and the Legislatif Daerah Suffolk sebagai pengakuan atas dana untuk Eric De La Cruz, yang merupakan pasien transplantasi jantung terkemuka dan saudara dari pembawa berita CNN Veronica De La Cruz. Pada tanggal 9 Juni 2010, Trent Reznor menanggapi pertanyaan yang diajukan pada How to Destroy Angels Tumblr Account yang menyatakan bahwa "We Are...all having babies this year." Beberapa beranggapan ini berati dia akan menjadi ayah, sementara yang lain berpendapat bahwa itu tidaklah serius.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]