Tree-view

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Ilustrasi dari website MSN
Tree vew example.PNG

Penyajian bentuk tree-view adalah pilihan navigasi tambahan yang memberikan pandangan secara hierarki dari daftar, perpustakaan, dan subsites dari suatu situs[1]. Apabila sebuah situs memiliki hierarki yang kompleks, tampilan struktur tree-view akan mempermudah bagi para pengguna situs untuk menavigasi setiap konten-konten dalam hierarki situs. Struktur tree-view akan menampilkan mulai dari konten-konten yang sifatnya umum hingga ke yang sifatnya mendetail.

Ketika melakukan browsing pada perangkat mobile (misalnya: handphone), akan ditemukan beberapa kesulitan dalam melakukannya, dibandingkan ketika menggunakan komputer desktop. Salah satu faktor yang menyebabkan munculnya kesulitan tersebut ialah, masalah ukuran layar yang kecil dari perangkat tersebut. Sehingga hal tersebut tentunya akan menyulitkan dan memakan waktu ketika melakukan proses pencarian informasi yang butuhkan. Pengguna tidak dapat melakukan pemindaian secara cepat, sehingga proses pencarian informasi yang lakukan tentunya memerlukan usaha yang ekstra.

Keefektifan penyajian informasi yang ada di website, merupakan faktor penting dalam meningkatkan pengalaman pengguna ketika melakukan pencarian di website. Beberapa teknik adaptasi penyajian telah dikembangkan, salah satunya adalah DOM (Document Object Model) adaptasi penyajian tree-view, yang merupakan bentuk penyajian yang secara otomatis menghasilkan bentuk penyajian secara hierarki (tree-view) untuk setiap halaman web.

Berdasarkan cognitive fit theory (Vessey 1991)[2] yang menyarankan bahwa terdapat korespondensi antara tugas dan format penyajian informasi yang mengarahkan kepada penyelesaian tugas yang lebih unggul. Ketika memecahkan permasalahan, seseorang menciptakan representasi mental dari suatu masalah berdasarkan informasi yang disajikan kepadanya.

Hasil riset yang dilakukan oleh Adipat, Zhang, dan Zhou (2011)[3] mengenai adaptasi penyajian bentuk tree-view menemukan, bahwa adaptasi penyajian bentuk tree-view secara signifikan dapat mengurangi waktu pencarian dan meningkatkan akurasi dari pencarian informasi dengan menggunakan web browsing perangkat mobile. Hasil tersebut mengindikasikan bahwa dengan menggunakan tampilan struktur web secara hierarki, akan memungkinkan pengguna untuk lebih cepat menemukan lokasi informasi yang mungkin menarik atau dibutuhkannya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Information Systems, Technology and Management. 4th International Conference, ICSTM 2010 Bangkok, Thailand, March 2010 Proceedings
  2. ^ The Effect of Information Presentation on Decision Making: A cost-benefit analysis. I Vessey. 1994. Information and Management (27:2), pp. 103-119
  3. ^ The Effects of Tree-View Based Presentation Adaptation on Mobile Web Browsing. Boonlit Adipat, Dongsong Zhang, Lina Zhou. MIS Quarterly Vol. 35 No. 1 pp. 99-121/March 2011