Transmutasi spesies

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Transmutasi spesies merupakan istilah yang digunakan oleh Jean Baptiste Lamarck pada 1809 untuk merujuk pada teori yang yang menjelaskan perubahan satu spesies menjadi spesies lainnya. Istilah ini merupakan salah satu nama yang umumnya digunakan untuk merujuk pemikiran-pemikiran evolusioner pada abad ke-19 sebelum publikasi On The Origin of Species (1859) oleh Charles Darwin. Nama lainnya juga digunakan pada periode ini adalah hipotesis perkembangan (the development hyprothesis) dan teori gradasi teratur (the theory of regular gradation).[1] Transformasi adalah kata lainnya yang digunakan sesering kata transmutasi dalam konteks ini. Pemikiran evolusi pada awal abad ke-19 ini memainkan peran yang penting pada sejarah pemikiran evolusi.

Para pemikir proto-evolusi abad ke-18 dan awal abad ke-19 perlu mencipatkan suatu istilah untuk mengalamatkan pemikiran mereka, dan terminologi ini belum ditentukan dengan pasti sampai dengan beberapa waktu setelah publikasi Origin of Species. Kata evolusi itu sendiri merupakan kata yang muncul belakangan. Kata evolusi dapat dilihat pada karya tahun 1851 Herbert Spencer. Terdapat contoh penggunaan kata ini sebelumnya, namun ia tidak digunakan secara umum sampai dengan tahun 1865-70.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Secord, James A. 2000. Victorian sensation: the extraordinary publication, reception, and secret authorship of the Vestiges of the Natural History of Creation. Chicago, p311

Referensi[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]