Torrefazione Italia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Torrefazione Italia adalah bekas waralaba pemanggang kopi dan kafe asal Amerika Serikat. Saat ini merupakan merek biji kopi mahal Starbucks yang dijual di toko-toko grosir.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Kafe Torrefazione Italia pertama dibuka di Seattle, Washington tahun 1986. Espresso, kopi, dan kue panggang disediakan di kafe-kafe mereka.

Umberto Bizzari, pendiri Torrefazione, bekerja sama dengan pendiri Stewart Brother's Coffee (kemudian Seattle's Best Coffee), Jim Stewart, pada pertengahan 1980-an untuk membentuk Seattle Coffee Holdings. Perusahaan baru ini membangun pabrik pemanggangan yang lebih modern di Vashon Island, Washington tahun 1995 dan memproduksi Seattle's Best Coffee dan Torrefazione Italia Coffee. Seattle Coffee Holdings dibeli oleh AFC Enterprises pada tahun 1998 dan berganti nama menjadi Seattle Coffee Company.

Torrefazione Italia meluas ke kota-kota lain di Amerika Utara, termasuk Vancouver BC, San Francisco Bay Area, Portland, Boston, Chicago, dan Dallas. Kopi mereka juga dijual secara grosir ke berbagai restoran, hotel, toko roti, dan kafe.

Starbucks, perusahaan kopi lain asal Seattle, membeli Torrefazione Italia beserta Seattle's Best Coffee pada tahun 2003. Starbucks mengumumkan pada tahun 2005 bahwa ke-17 kafe Torrefazione Italia akan ditutup sebelum akhir tahun,[1] dan semua kedai ritelnya di San Francisco akan ditutup tanggal 27 Oktober 2005. Merek kopi ecerannya dipertahankan dan dijual di toko-toko grosir.

Caffè Umbria[sunting | sunting sumber]

Keluarga Bizzarri mendirikan jaringan pemanggang dan kedai kopi lain, Caffè Umbria, yang dimulai oleh pemanggang generasi ketiga Emanuele Bizzarri, putra Umberto.[2] Umbria sudah beroperasi sejak 2002 dan membuka cabang ritel pertamanya di Seattle tahun 2005, setelah keputusan Starbucks menutup kafe-kafe Torrefazione. Cabang Umbria pertama rupanya merupakan cabang pertama Torrefazione, di 320 Occidental Avenue, Pioneer Square. Pada akhir 2009, terdapat dua cabang Umbria, satu di Seattle, satu lagi di Portland (Pearl District), sementara kopi ecerannya tersebar luas di kafe-kafe.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]