Torgodorio I dari Gallura

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gereja Saint Simplicius di Olbia, yang dikonstruksi oleh Torchitorio.

Torchitorio de Zori (juga dieja Torcotor(e)(io) atau (T)(D)orgodorio, dan juga de Thori; wafat sebelum tahun 1113) Giudice Gallura yang terawal yang diketahui dengan pasti dan dibuktikan oleh sumber kontemporer. Ia hidup pada abad ke-11 ketika Sardinia memasuki suasana Eropa Barat yang lebih luas untuk pertama kalinya selama berabad-abad. Seperti kontemporer Giudicenya, ia merupakan pelindung Monastisisme Barat.

Kerjanya yang paling bertahan adalah membangun sebuah gereja baru di Civita (modern Olbia), dimana ia mendirikan ibu kotanya, untuk menghormati Santo Simplicius, uskup dan martir abad ke-6 di kota tersebut. Torchitorio juga mengundang para biarawan dari Saint-Victor di Marseilles untuk datang ke Gallura pada tahun 1089, meniru kontemporernya Torchitorio I dari Cagliari. Ia memberi para biarawan 4 buah gereja dan mereka sebagai balasannya membuka jalur baru pertukaran intelektual dan ekonomi dengan Provence.

Suatu hari pada tahun 1092,[1] akan tetapi Torchitorio jatuh dengan gereja. Dagobert, Uskup Agung dari Pisa dan wakil paus ke pulau itu, mengundang sinode provinsi ke Porto Torres dan mengumumkan Torthictorio dikucilkan. Tujuan dari kutukan itu mungkin telah mengurangi kejahatan Giudice, tetapi lebih dari dukungan politiknya untuk Kaisar Henry IV dan Antipaus Guibert. Bukti untuk ini dianjurkan oleh kutukan yang disiarkan keseluruh provinsi. Para pengikut Torchitorio dilaporkan menolaknya sebuah ciuman damai dan salam persaudaraan.[2]

Ia wafat pada tahun 1113, ketika jandanya, Paulesa (Padulesa) de Gunale, memberikan donasi ke S. Maria di Pisa. Bukti setelah kematiannya adalah Ittocorre de Gunale menyerap tahta dari putranya Saltaro. Gunale dan Thori adalah musuh lama dan hanya dalam kedamaian selama pernikahan Torchitorio dan Padulesa. Ia mungkin juga meninggalkan seorang putri yang menikahi Konstantinus Spanu.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Manno, 244 n702, based on a preserved letter of a Gallurese monk, John, to Richard, Cardinal-Abbot of Saint-Victor and its reference to an archbishop. The diocese of Pisa was only raised to archiepiscopal status in 1092.
  2. ^ Ibid, 244.

Sumber[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Saltaro
Giudice Gallura
Tahun 1080 – Tahun 1100
Diteruskan oleh:
Ittocorre