Torchitorio V dari Cagliari

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Torchitorio V[1] (wafat tahun 1256), dilahirkan sebagai John dan dikenal sebagai Chiano atau Chianni, merupakan seorang Giudice Cagliari dari tahun 1250 sampai kematiannya. Pemerintahannya terhitung singkat namun transformatif di dalam sejarah Sardinia.

Ia kemungkinan adalah putra pemimpin terdahulu William II. Seluruhnya yang pasti tentang keluarganya adalah bahwa ia sendiri adalah orang Massa dan bahwa ibunya adalah orang Serra. Tempat kelahirannya dan tanggalnya tidak diketahui dan ia tidak memiliki istri atau keturunan. Tanggal suksesinya juga hanya berdasarkan sebuah dugaan, karena terdapat suatu kekosongan di dalam sumber-sumber antara yang terakhir disebutkan William II dan yang pertama Torchitorio V.

Ketika ia pertama kali muncul sebagai Giudice pada tahun 1254, ia hanya memerintah sebagai nama saja; kekuasaan sesungguhnya di Cagliari berada di tangan keluarga-keluarga Gherardeschi, Visconti, dan Capraia. Chiano memberikan penghormatan kepada Republik Pisa untuk Cagliari. Pada tahun 1254, ia mengambil alih istana Cagliari, meskipun tidak secara paksa. Pada tanggal 23 September, ia membuat sebuah wasiat, mengumumkan pewarisnya adalah keponakan-keponakannya William III dan Rinaldo Cepolla.

Frustasi oleh meningkatnya gangguan Pisa di dalam giudicato-nya, Chiano dengan hati-hati berbalik ke Republik Genoa untuk bersekutu. Di bulan Pebruari 1256, ia mengirimkan dua utusan (procuratores) ke Genoa untuk menandatangani sebuah perjanjian pada tanggal 20 April. Pada tanggal 25 Mei, Chiano menegaskan hal tersebut di dalam kapel Katedral kastilnya disaksikan oleh Malocello dan Percivalle Doria. Dengan kondisi perjanjian, kedua sekutu masing-masing berhutang bantuan militer di dalam perang-perang mereka. Chiano menjadi warga Genoa dan membayar penghormatan kepada dua wakil Republik. Cagliari menjamin Genoa ekspor bebas pajak untuk garam. Seluruh kastil Cagliari harus dibagikan di antara sekutu, namun sesungguhnya Genoa mengendalikan mereka. Chiano ditinggalkan hanya dengan sebuah rumah di Cagliari, namun ia ditawarkan sebuah istana di Genoa dan menikah dengan putri dari keluarga Malocello, yang diikat oleh perjanjian untuk diterima. Sementara itu, Ogerio Scoto dan Giovanni Pontano dikirim ke Cagliari sebagai podestà dan castellan masing-masing. Chiano kemudian mengusir orang-orang Pisa dari Castel di Castro dan memberikan haknya kepada orang-orang Genoa.

Diikuti dengan hal ini, filopisani[2] Gallura dan Arborea, John Visconti dan William dari Capraia, menyerang Cagliari dan menduduki kota tersebut. Gherardo dan Ugolino della Gherardesca membawa 8 buah kapal untuk menguasai atas nama Pisa. Chiano, kemudian di Genoa, meninggalkan kota itu dengan 24 kapal dan mengikuti jalur pesisir Toscana, menangkap beberapa kaki tangan Pisa di sepanjang jalan. Ia tiba terlambat di Cagliari, dikalahkan dan ditangkap. Ia kemudian dibunuh oleh orang-orang Pisa di Santa Igia kemudian pada tahun itu. Pertempuran dan kematiannya terjadi suatu hari di antara tanggal 17 Juli dan 15 Oktober.

Ia digantikan oleh keponakannya William III, sesuai dengan wasiatnya pada tahun 1254. Terdapat sebuah jalan yang bernama Via Giudice Chiano di Cagliari hari ini.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Also Torcotore, Torgodorio, or Dorgodorio.
  2. ^ "Pisan-allied."

Sumber[sunting | sunting sumber]

  • Boscolo, A. "Chiano di Massa, Guglielmo Cepolla, Genova e la caduta del giudicato di Cagliari (1254–1258)." Miscellanei di storia ligure. IV (1966), pp 7–18.
  • Ghisalberti, Alberto M. Dizionario Biografico degli Italiani. Rome.


Didahului oleh:
William II
Giudice Cagliari
1250–1256
Diteruskan oleh:
William III