Torchitorio II dari Cagliari

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Torchitorio II[1] (wafat tahun 1130), juga dikenal dengan nama lahirnya Marianus II dan nama keluarganya de Unali, merupakan Giudice Cagliari dari tahun 1102[2] sampai kematiannya, namun awalnya dengan oposisi.

Torchitorio merupakan putra Salusio II. Ketika Salusio wafat, kantor Giudice masih elektoral secara nominal dan saudara laki-laki Salusio Torbeno tampaknya telah menekan klaim untuk itu. Namun, pemerintahan Torbeno singkat dan Torchitorio segera aman dalam kekuasaan, dan prinsip suksesi turun-temurun lebih berakar di Cagliari. Ia kembali berkuasa berkat bantuan Genoa, yang meminjamkan 6 dapur dibawah Ottone Fornari, dan kemungkinan juga Republik Pisa.[3]

Tindakan pertama Torchitorio yang dicatat adalah sebuah donasi kepada Gereja S. Lorenzo di Genoa untuk berterima kasih atas bantuan. Ia juga menjamin gereja di Pisa. Syukurnya kepada orang-orang Pisa dicatat di dalam sebuah donasi bersama dengan nama-nama dari seluruh warga yang mulia di Cagliari. Orang-orang Pisa setuju untuk menjaga semenanjung Sulcis dengan tiga dapur mereka, tetapi karena hal ini akan menguras sumber daya mereka, Torchitorio harus membayar upeti tahunan kepada mereka satu pon emas murni dan sekapal garam. Ia juga membebaskan para pedagang Pisa dari beacukai yang harus dibayar dan membuat piagam-piagam kemudian juga untuk perdagangan Pisa, selalu mengulangi rasa bersyukurnya atas bantuan mereka di dalam memulihkan negaranya.

Namun politik Torchitorio, tidak condong ke satu republik atau yang lainnya. Ia memperoleh perlindungan dari Genoa dan memberikan wewenang kepada William, Uskup Agung dari Cagliari, untuk memberikan donasi dari S. Giovanni d'Assemine ke gereja Genoa. Ia juga mengkonfirlasikan tindakan-tindakan sebelumnya untuk Pisa dengan persetujuan putranya Salusio III dan istrinya Preciosa de Lacon.[4]

Untuk hubungannya dengan gereja, nama Torchitorio didapatkan tertulis di dalam banyak piagam dari uskup agung William untuk kepentingan Antiochus dari Sulcis dan S. Saturnino dan ia mungkin adalah penganut setia dari santo terakhir itu.

Torchitorio awalnya bertentangan dengan pamannya yang digulingkan, namun ia segera kembali berhubungan baik dan Torbeno muncul di dokumen kemudian bersama-sama dengan kerabat Giudice lain. Ia menuliskan di dalam piagam memberikan sebuah donasi yang besar kepada gereja Saint-Victor di Marseille. Torbeno meninggalkan istana Torchitorio setelah 2 tahun mengambil bagian di dalam ekspedisi Pisa-Sardinia yang sukses melawan Almoravid di Kepulauan Balearik. Baik Torchitorio dan Konstantinus I dari Logudoro mendukung ekspedisi tersebut, yang kemudian mengirimkan putranya sendiri Saltaro.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ His name is also spelled Torcotore, Torcotorio, Torgodorio, or Dorgodorio. It was a regnal name. The ruler of Cagliari alternated between the surnames Salusio de Lacon and Torchitorio de Ugunale.
  2. ^ Perhaps as early as 1091. The length of the reign of his opponent may have lasted anywhere from months to more than a decade, further complicating the issue of his dates.
  3. ^ Manno, 283 n715. Despite the claim of Gerónimo Zurita in his Anales that only the Genoese helped Torchitorio return to his throne, the subsequent evidence of Torchitorio's political acts points strongly to Pisan intervention as well.
  4. ^ Ibid, n717. This act may refer to the Genoese.

Sumber[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Salusio II
Giudice Cagliari
1116–1130
Diteruskan oleh:
Salusio III