Torchitorio III dari Cagliari

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Giudicati Sardinia.

Torchitorio III[1] (wafat setelah tahun 1188), lahir Peter, adalah seorang Giudice Cagliari dari Oktober tahun 1163 sampai ia digulingkan dan ditahan pada tahun 1188, setelah dimana kabarnya tak pernah terdengar lagi.

Peter adalah putra Gonario II dari Logudoro. DI tahun 1147, ia menerima curatoria Ottana. Ia menikahi putri tertua Konstantinus II dari Cagliari, yang namanya tidak diketahui, di suatu hari sebelum tahun 1163. Diikuti kematian Konstantinus tanpa keturunan laki-laki di bulan Oktober 1163, Peter "mewarisi" giudicato jure uxoris. Sesungguhnya, ia dumumkan dengan dukungan kuat dari rakyat Pisa. Namun, Barisone II dari Arborea, sebagai keturunan langsung Konstantinus II mengklaim Cagliari. Ia menyerang giudicato dan memaksa Peter untuk melarikan diri ke istana kakandanya Barisone II dari Logudoro di Porto Torres. Di bulan Maret 1164, Barisone dan Peter, bergabung dengan rakyat Pisa di pulau tersebut, merebut kembali kota Cagliari dan kemudian menyerang Arborea di bulan April. Hakim Arborea mengungsi di kastil Cabras.

Pada tahun 1166, Peter dan saudaranya pergi ke Pisa mencoba untuk menjelaskan pembalasan dendam berdarah rakyat mereka melawan rakyat Pisa di Ottana. Kembali ke Sardinia, keduanya membuat sebuah perjanjian dengan Republik Genoa, bersekutu dengan rakyat Arborea. Pada tahun 1168, sebuah perjanjian dinegosisasikan oleh diplomat Genoa Nuvolone Alberici antara Genoa dan Arborea di satu sisi dan Pisa, Logudoro, dan Cagliari di sisi lainnya. Hal ini meningkatkan perbedaan yang menyebabkan perang terakhir dan memulihkan beberapa tanah hilang Arborea.

Pada tahun 1180, Barisone dari Arborea berperang dengan Cagliari. Ia awalnya berhasil, namun kemudian ditangkap dan dipaksa untuk menyetujui kesepakatan. Pada tahun 1183, Pisa menguasai kembali Cagliari. DI tahun 1186, Barisone dari Logudoro telah kembali ke sisi rakyat Pisa, dan Peter tetap dengan Genoa. Ia mencoba untuk mengusir rakyat Pisa dari Cagliari dan ia berperang dengan Peter I dari Arborea. Pada tahun 1187, konflik terbuka yang mengamuk di seluruh pulau Sardinia antara rakyat Genoa dan fraksi mereka dan rakyat Pisa dan mereka. Rakyat Pisa dengan kejamnya menyerang para pedagang Genoa di Cagliari dan merampas wilayah harta mereka, menggusur mereka dari giudicato. Mereka mendukung Obert, Margrave dari Massa, dan putranya, William, untuk menyerang Cagliari dan mendirikan otoritas Pisa. Obert adalah suami dan William putra Giorgia, adik perempuan istri Peter. Atas dasar ini, William mengklaim giudicato. Pada tahun 1188, ia menangkap Peter dan memenjarakannya. Ia kemungkinan mengambil kendali giudicato, meskipun beberapa tahun kemudian sangat tidak jelas. Peter tidak pernah muncul kembali dan mungkin meninggal di dalam penjara atau dibunuh.

Peter memiliki 2 orang putri. Yang satu mati muda dan yang satunya menikahi Eldizio Visconti dan menjadi ibu Lamberto dan Ubaldo I Visconti.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Also spelled Torgodorio, Dorgodorio, Torcotore, or Torxitori. The rulers of Cagliari had the habit of alternating their regnal names between Salusio and Torchitorio.

Sumber[sunting | sunting sumber]

  • Caravale, Mario (ed). Dizionario Biografico degli Italiani: XXVII Guglielmo Gonzaga – Jacobini. Rome, 2000.
  • Ghisalbert, Alberto M. (ed). Dizionario Biografico degli Italiani: VI Baratteri – Bartolozzi. Rome, 1964.
Didahului oleh:
Salusio III
Giudice Cagliari
11631188
Diteruskan oleh:
Salusio IV