Tony Purnell

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Tony Purnell
Lahir 23 Mei 1958 (umur 55)
Bendera Inggris Cambridge, Inggris, Britania Raya
Pekerjaan Insinyur
Tahun aktif 1986 – sekarang

DR. Tony Purnell (lahir di Cambridge, Inggris, Britania Raya, 23 Mei 1958; umur 55 tahun) merupakan seorang insinyur dan mantan bos tim Formula 1 asal Inggris. Saat ini ia bekerja sebagai salah satu konsultan balap di FIA.

Profil[sunting | sunting sumber]

Purnell merupakan alumnus dari Universitas Manchester pada tahun 1980, lantas ia melanjutkan studi S2-nya di Harvard and Massachusetts Institute of Technology pada kurun waktu tahun 1980-1983. Kemudian ia mendapatkan beasiswa untuk studi S3 di St. John’s College di Cambridge, Inggris.

Pada 1986 ia mulai bekerja pada Lola Cars sebagai ahli aerodinamika dan elektronik. Kemudian pada 1987 ia mendirikan Pi Research, yang berkecimpung di bidang wind tunnel, dan Pi Black Box yang kemudian dipakai oleh kalangan luas.

Pada 1992 kedua perusahaan tersebut kemudian digabungkan, hingga akhirnya dibeli oleh Ford Motor Company pada tahun 2000. Ford lantas tetap mempertahankan Purnell sebagai bosnya.

Pada 2001 ia ditunjuk sebagai bos dari divisi Premier Performance oleh Ford untuk mengawasi Jaguar Racing, dan pada akhir 2003 ia diserahi tugas untuk menjadi CEO dari tim Jaguar Racing, hingga akhirnya dijual kepada Red Bull pada akhir 2004. Di Red Bull Racing ia hanya bertahan selama dua bulan saja, sebelum akhirnya didepak.

Selama masa menganggur, Purnell lebih banyak mengisi waktu sebagai pembalap sepeda amatir. Dan pada awal 2006 ia dipercaya oleh Max Mosley dari FIA untuk menjadi konsultan balap F1 di bawah naungan FIA.