Tommy Taylor

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tommy Taylor
Berkas:Tommy Taylor.jpg
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Bantuan penggunaan templat ini

Thomas "Tommy" Taylor (Januari 1932 29-06 Februari 1958) adalah pemain sepak bola Inggris, yang dikenal karena kemampuannya menyundul bola di udara. Dia adalah salah satu dari delapan pemain Manchester United yang kehilangan nyawa dalam bencana udara Munich.

Masa kecil[sunting | sunting sumber]

Ia lahir di Kexborough, dekat Barnsley, pada bulan Januari tahun 1932, salah satu dari enam anak yang lahir dari keluarga Charles Taylor dan Violet. Dia adalah seorang murid di Sekolah Raley menengah modern

Karier[sunting | sunting sumber]

Taylor memulai kariernya bermain untuk tim tambang batubara lokal di tambang batu bara di mana ia bekerja. Pada usia hanya 16, pramuka setempat menawarkan kesempatan untuk bermain untuk Barnsley, yang ia bergabung pada bulan Juli 1949. Dia membuat debut tim pertama pada tanggal 7 Oktober 1950, dalam kemenangan kandang 3-1 melawan Grimsby Town. Dalam pertandingan berikutnya, pada tanggal 4 November 1950, Taylor mencetak hat-trick dalam kemenangan 7-0 melawan Queens Park Rangers. Secara keseluruhan, ia mencetak tujuh gol dalam dua belas penampilan di 1950-1951. Saat bermain untuk Barnsley, ia menjalani wajib militer di Angkatan Darat Inggris. Setelah mencetak 26 gol dalam 44 pertandingan di Barnsley, yang telah mampu maju keluar Divisi II, Taylor dikontrak oleh Divisi Pertama Manchester United Maret sebagai juara bertahan 1953 dengan nilai sebesar £ 29.999 (Matt Busby tidak ingin membebani Taylor muda sebagai seorang "pemain 30.000 pound". Jadi ia mengambil dompetnya, ia menarik itu dari catatan 1 pound dan menyerahkannya kepada wanita yang telah melayani sampai boardroom di teh ). Pada saat itu, ia adalah salah satu pemain paling mahal dalam sepak bola Inggris dan juga telah menjadi sasaran yang menarik dari klub termasuk Sheffield Wednesday, Derby County dan Wolverhampton Wanderers.

Kematian[sunting | sunting sumber]

Taylor meninggal dalam bencana udara Munich, dan pada saat itu ia bertunangan dengan Carol. Ia dimakamkan di Pemakaman Monk Bretton di kota kelahirannya Barnsley. Pada tanggal 8 Juli 2011 diresmikan di 22 Great Stone jalan di Stretford. Ini adalah sebuah rumah kos pada tahun 1950 dan Manchester United digunakan sebagai penginapan bagi pemain tunggal mereka. Tommy tinggal di sana dengan David Pegg dan (singkat) Mark Jones sampai pemain ini tewas di Munich. The Blue Plak ini disponsori oleh Stretford SMA (yang hanya 50 meter jauhnya) dan muncul sebagai hasil dari proyek sejarah lokal yang dilakukan oleh siswa di sekolah. Plakat ini diresmikan oleh Dickie Bird MBE, yang berada di sekolah dengan Tommy Taylor di Barnsley.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. www.england Profil pada fc.com Diarsipkan 2012-06-16 di Wayback Machine.
  2. official Profil pada situs Manchester United