Tommy Mars

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Tommy Mars (nama asli Tommy Mariano lahir 26 Oktober 1951) adalah seorang pemain keyboard yang terkenal karena permainannya dengan Frank Zappa.

Kelahiran[sunting | sunting sumber]

Lahir di Connecticut, Amerika Serikat pada 26 Oktober 1951. Mars mulai mengikuti kursus piano pada umur delapan tahun dan kemudian alat-alat yang dimainkannya berkembang kepada keyboard dan synthesizer. Mars lulus dari Hartt College of Music di West Hartford, Connecticut pada 1972. Sejak saat itu dia mulai bekerja sambilan sebagai ketua choir, pemain kibor gereja dan pemain kibor untuk film.

Pertemuan dengan Frank Zappa[sunting | sunting sumber]

Seorang penggemar dari Frank Zappa, Mars kemudian ditanyakan untuk mengikuti audisi untuk bermain bersama Zappa dengan bantuan dari Ed Mann, seorang pemain perkusi dari band milik Zappa. Dari 1977 hingga 1982 Mars bermain bersama Zappa, muncul di film Baby Snakes, dan juga ikut rekaman bersama beberapa album Zappa.

Setelah Frank Zappa[sunting | sunting sumber]

Setelah kerjanya bersama Zappa, Mars memiliki dua pekerjaan antara mengajar dan ikut tur bersama Steve Vai atau Stuart Hamm. Pada pertengahan 1990, Mars menciptakan band bernama The Band From Utopia, sebuah grup yang berisi 10 alumni Zappa, dan memainkan musik-musik Zappa sebagai band tribut.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]