Tokyo Girls' Style

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tokyo Girls' Style
東京女子流
AsalTokyo, Jepang
GenrePop EDM
Tahun aktif2010 (2010)–sekarang
LabelAvex Trax
Situs webtokyogirlsstyle.jp
AnggotaMiyu Yamabe
Yuri Nakae
Mei Shoji
Hitomi Arai
Mantan anggotaAyano Konishi

Tokyo Girls' Style (東京女子流, Tōkyō Joshi Ryū, biasa ditulis TOKYO GIRLS' STYLE) adalah grup idola asal Jepang yang dibentuk Avex Trax pada tahun 2009. Terdiri dari lima anggota remaja, Ayano Konishi, Miyu Yamabe, Hitomi Arai, Yuri Nakae, dan Mei Shoji, grup ini merupakan grup idola pertama yang telah Avex ciptakan dalam tujuh tahun.

Nama ini muncul karena grup ini penuh kejutan dan tidak tahu bagaimana mereka akan berkembang pada masa depan, mirip dengan citra Tokyo. Mereka juga berharap bahwa suatu hari nanti, mereka dapat meniru kesuksesan Tokyo di berbagai bidang, seperti memasuki pasar luar negeri dengan gaya unik mereka sendiri.

Karier[sunting | sunting sumber]

Avex menciptakan grup Tokyo Girls 'Style untuk memanfaatkan meningkatnya permintaan masyarakat Jepang terhadap grup idola perempuan, tren ini disebabkan keberhasilan grup idola AKB48. Para anggota grup ini mengatakan bahwa mereka sebelumnya telah bekerja sama dengan label rekaman ini dan akhirnya dianjurkan mengikuti audisi untuk pembentukan grup baru. Pada 1 Desember 2009, media massa Jepang mendapat kabar bahwa Avex akan membentuk grup idola baru yang identitasnya dirahasiakan hingga tanggal 1 Januari 2010. Sejak tanggal 1 hingga 5 Januari 2010, secara resmi Avex merilis informasi lengkap dari grup idola baru tersebut dan juga merilis situs web resmi grup idola tersebut.

Singel debut Tokyo Girls' Style berjudul "Kirari" (キラリ☆, lit. "Sparkling") dirilis pada 5 Mei 2010 dan mendapat peringkat 30 dalam tangga lagu Oricon. Singel kedua mereka, "Onnaji Kimochi" (おんなじキモチ, "Same Feeling"), kemudian dirilis pada 19 Mei 2010. Album pertama mereka, Kodou no Himitsu, dirilis di Jepang pada 4 Mei 2011. Album tersebut meraih peringkat ke-25 di tangga lagu Oricon.

Anggota[sunting | sunting sumber]

  • Miyu Yamabe (山邊未夢, Miyu Yamabe)
Lahir 18 November 1996 di Chiba
  • Yuri Nakae (中江友梨, Yuri Nakae)
Lahir 28 Juni 1997 di Osaka
  • Hitomi Arai (新井ひとみ, Hitomi Arai) (Wakil leader)
Lahir 10 April 1998 di Miyagi
  • Mei Shoji (庄司芽梨, Mei Shoji) (Leader)
Lahir 2 Juli 1997 di Yamagata

Mantan Anggota[sunting | sunting sumber]

  • Ayano Konishi (小西彩乃, Ayano Konishi)
Lahir 15 Desember 1997 di Osaka

Perubahan Konsep[sunting | sunting sumber]

Awalnya Tokyo Girls' Style dibentuk sebagai grup idola sejak debutnya pada tahun 2010, namun pada 20 Desember 2014 di Shibuya Public Hall dan 30 Desember 2014 di Osaka BIGCAT mereka mendeklarasikan bahwa Tokyo Girls' Style tidak lagi disebut grup idola melainkan grup artis. Grup artis dalam hal ini adalah seperti girlband. Musik mereka pun berubah menjadi EDM sejak saat itu.

Pada tahun 2016 mereka mengumumkan mencabut statusnya sebagai grup artis, namun tidak juga menjadi idol sehingga dikembalikan kepada fans yang menganggap Tokyo Girls' Style ini grup seperti apa. Sejak 2018 Tokyo Girls' Style tidak lagi merilis musik yang ber-genre EDM.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]