Tokoh-tokoh dalam cerita Doraemon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Berikut ini merupakan daftar tokoh dalam manga/serial televisi Doraemon

Tokoh utama[sunting | sunting sumber]

Kemunculan Doraemon dari mesin waktu untuk pertama kali.
Doraemon
  • Doraemon (ドラえもん).

Doraemon adalah sebuah robot kucing berwarna biru , berasal dari abad ke-22 , pergi ke abad ke-20 untuk menolong Nobita . Lahir pada 3 September 2112 [1].. Ia sangat suka dorayaki . Ia sering membantu Nobita saat berada dalam kesusahan.

Asal mula Doraemon berwarna kuning dan memiliki telinga. Sayangnya ,telinganya hancur saat digigit tikus. Ia menangis dan berusaha mengambil cairan untuk menumbuhkan telinga , namun cairan ini salah dan malah membuat catnya luntur. Ia juga pada awalnya mengalami kesalahan dalam pemrosesan nya dan akibatnya ia gagal mengikuti test . Ia akhirnya dilelang ke keluarga kelas bawah yaitu keluarga Sewashi , keturunan Nobita.

Doraemon memiliki phobia akan tikus , karena telinganya pernah digigit tikus. Doraemon cukup sensitif akibatnya ia bisa sulit bergerak apabila kehilangan sesuatu (seperti mur) . Ia juga tidak tahan dingin. Untuk menolong Nobita biasanya Doraemon mengeluarkan alat dari kantong ajaibnya.

Menurut suatu versi cerita , Doraemon diciptakan oleh Nobita yang sudah separuh baya. Banyak yang menganggap dorayaki sebagai asal usul nama Doraemon. Bagaimanapun, diketahui dari satu jilid manga bahawa namanya berasal dari pada bahasa Jepang bagi "kucing liar", dora neko, dan bagian nama emon yang merupakan sebagian nama Jepang zaman silam, seperti yang dilihat pada nama Horiemon. Wajah Doraemon berbentuk bulat di seluruh badannya, termasuk kepala, dengan tangan dan kaki berwarna putih, ekor merah.

  • Nobita (野比のび太)
Nobita

Nobita Nobi ,umumnya disebut Nobita (lahir pada 7 Augustus), adalah seorang anak kelas 4 SD , yang malas , kurang pandai dalam pelajaran , sering lupa mengerjakan PR dan datang terlambat , sering dijahili Suneo dan Giant serta sering dimarahi ibunya atau gurunya. Untuk melakukan banyak hal ia meminjam alat dari Doraemon. Ia memilkik sifat baik yang kadang membuatnya terkena masalah. Ia juga sering dianggap penakut .

Hobi Nobita dianggap aneh dan tak lazim . Hobi Nobita , yaitu tidur , bermain tali karet , dan menembak .Ia juga suka mengoleksi tutup botol. Ia memiliki banyak cita cita namun setelah besar ia hanya menjadi karyawan biasa.

Ia juga suka memelihara hewan , namun secara tersembunyi . Contoh hewan yang pernah dipelihara Nobita , yaitu kucing ,anjing , anak topan bernama Fuko , dinosaurus , gajah Afrika dan masih banyak lagi. Nobita merupakan tokoh utama dalam cerita Doraemon.

  • Shizuka Minamoto (源静香)
Shizuka.

Shizuka Minamoto , umumnya disebut Shizuka atau Shizu (lahir pada 8 Mei), adalah teman sekelas Nobita dan temannya sejak kecil. Ia rajin ,baik , manis dan aktif . Ia juga yang di sebut akan menjadi istri Nobita saat ia sudah dewasa . Ia menikahi Nobita karena kasihan Nobita yang sering tertimpa kesialan.

Shizuka memilki hubungan dekat dengan anak lain yang juga pintar yaitu Dekisugi . Mereka sering bermain atau mengerjakan PR bersama . Hal inilah yang membuat Nobita iri melihatnya . Ia bercita cita menjadi pramugari dan juga sering mengikuti les piano , bermain biola , mengundang teman-temannya untuk melakukan suatu kegiatan bersamanya. Kegemarannya adalah mandi di bath tub dan makan ubi bakar.

  • Suneo Honekawa (骨川スネ夫)
Suneo

Suneo Honekawa , umum nya disebut Suneo (lahir pada 29 Februari), adalah seorang anak orang kaya , akibatnya ia sering memamerkan barang pada teman -temannya , yang membuat teman-temannya iri . Ia juga memilki wajah seperti rubah . Ia bercita cita menjadi desainer pakaian terkenal. Ia memiliki hubungan dekat dengan Giant namun ia juga menaruh dendam pada Giant akibat barangnya yang dipinjam pada Giant tidak dikembalikan.

Suneo memilki keahlian bermain sulap , bermain radio control dan memutar piring . Ia manja , mudah meyerah dan penakut. Ia juga suka berbohong untuk menjaga harga dirinya , juga seorang narsis. Ia memilki hobi memandangi cermin , mengoleksi barang antik dan mengumpulkan perangko atau uang kuno.

  • Takeshi "Giant" Gota (剛田武、ジャイアン; nama pangilan lama :Jaian)
Giant

Takeshi Gouda , sering dipanggil Giant atau Takeshi (lahir pada 15 Juni), memilki badan besar . Giant mudah marah dan suka melakukan kekerasan atau paksaan apabila permintaannya tak dituruti , atau ada yang mengejeknya. Giant memilki hobi memasak dan menyanyi yang hasilnya tak memuaskan dan mengganggu teman -temannya . Ia juga suka melakukan resital / konser , atau meminta teman -temannya mencicipi masakannya yang membuat teman- temannya ketakutan mendengarnya.

Giant ingin menjadi penyanyi terkenal di televisi. Ia sering membantu teman-temannya bila ada yang kesusahan meskipun jarang dilakukan .Ia memilki adik bernama Jaiko yang ia sayangi dan akan melakukan apapun demi Jaiko.

  • Hidetoshi Dekisugi(出木杉 英才)

Dekisugi adalah teman sekelas Nobita dan saingan dalam hal kasih sayang Shizuka. Dia selalu mendapat nilai sempurna pada tes-nya, tetapi tidak pernah memamerkan kemampuannya. Namanya secara harfiah berarti "brilian over-achiever", dan nama terakhir adalah pun pada dekisugiru, yang berarti "atas pencapaian". Karena itu Shizuka cenderung lebih memilih Dekisugi, yang lebih intelektual . Nobita sering merasa cemburu dan dibantu oleh alat Doraemon untuk membuat mereka terpisah. Namun, Dekisugi tidak pernah menunjukkan kekesalan pada Nobita dan bahkan rela membantu Nobita setiap kali dia memiliki pertanyaan filosofis atau ilmiah. Ia pandai dalam pelajaran , olahraga , melukis atupun memasak.

Keluarga Nobita[sunting | sunting sumber]

  • Ayah Nobita
Ayah Nobita

Nama Ayah Nobita adalah Nobisuke Nobi (野比のび郎) (lahir pada 12 Maret). Ia memilki hobi bermain memancing dan main golf namun tak dikuasai dengan baik . Ia memiliki cita cita pada awalnya melukis , bahkan ia pernah berguru pada seorang pelukis ,namun akhirnya ia hanya menjadi orang kantoran yang biasa saja. Ia memilki keinginan untuk memilki SIM namun ia selalu gagal untuk mendapatkannya .Ia juga seorang yang suka merokok dan pelupa.

Nobita selalu dimintanya agar membaca buku , dan tak menjadi orang sepertinya. Ia juga sering memberikan Nobita setumpuk ensiklopedia yang hanya dijadikan panajngan bagi Nobita.

  • Ibu Nobita
Ibu Nobita

Nama Ibu Nobita adalah Tamako Kataoka (lahir pada 16 Februari). Ia sering memarahi Nobita apabila mendapat nilai 0 ataupun tidak mengerjakan pekerjaan di rumah nya . Ia memilki hobi merangkai bunga .Ia awalnya seorang yang pintar dan tak pandai berolahraga . Ia tak suka pada binatang . Jika ia melihat Nobita membawa binatang atau melihat binatang di rumahnya ia pasti akan mengusirnya atau memarahi Nobita. Ia sering digambarkan sebagai prontagonis.

  • Paman Nobiro

Nama nya Nobiro Nobi (野比のび郎), ia adalah adik dari ayah Nobita. Dia bekerja di luar negeri, dan ia sering bertemu dengan hewan di India. Dia disambut oleh keponakannya , Nobita pada tahun baru, karena ia sering memberikan Nobita uang pada hari itu.

  • Kakek Nobita

Nama nya Nobiru Nobi (野比 のびる) . Ia sangat tegas dan galak dalam mendidik anaknya , Nobisuke pada masa kecilnya. Ia mengetahui Nobita setelah Nobita mengunjunginya di masa lalu . Dibalik kegalakannya , ia sayang pada Nobisuke. Ia meninggal sebelum Nobita dilahirkan.

  • Nenek Nobita

Nama nya tidak diketahui .Ia sayang pada Nobita dan Nobisuke ,anaknya. Ia baik ,lembut dan penyabar. Ia melindungi Nobita saat diomeli ibunya. Nenek Nobita mengetahui Nobita dari kedatangan Nobita pada masa ia hidup. Ia mengingat nasihat nenek , yaitu tentang boneka Daruma yang meskipun jatuh tetap berdiri. Ia meninggal saat Nobita masih kecil.

  • Nobisuke Nobi (野比ノビスケ)

Ia adalah anak dari Nobita dan Shizuka setelah mereka menikah . Ia suka menjahili teman -temannya , berbeda dengan Nobita dan ia juga cukup nakal ,meskipun mereka juga bodoh. Ia anak yang kuat dan atlet yang baik, dan cukup berani untuk menggertak anak Giant dan Suneo .Pada pertama kalinya ia bertemu dengan Nobita , ia bahkan memukuli dia karena ia menganggap dia sebagai seorang penipu .

  • Sewashi (セワシ)

Sewashi adalah cicit Nobita yang berasl dari abad ke-22. Ia yang mengirimkan Doraemon ke abad ke-20 untuk menolong Nobita. Ialah orang yang membeli serta mempunyai Doraemon dan Dorami.

Keluarga Shizuka[sunting | sunting sumber]

  • Ibu Shizuka

Ibu Shizuka. Dia baik.

  • Yoshio Minamoto (源 義雄)

Ayah Shizuka, seorang salaryman yang sering pergi ke bioskop film dengan Shizuka. Penampilannya yang paling dikenal dalam cerita Fujiko adalah malam sebelum pernikahan Shizuka. Dia juga satu-satunya orang tua dengan nama lengkap resmi selain orang tua Nobita.

Keluarga Honekawa[sunting | sunting sumber]

  • Yamato Honekawa
Ibu Suneo

Dia suka olahraga ,memilki rambut keriting dan sama dengan anak dan suaminya ,yaitu memilki wajah seperti rubah. Dia mencintai Suneo . Dia murah hati kepada teman Suneo, tapi seperti anaknya, dia suka pamer perhiasan nya atau tas bermerek dan kadang-kadang membuat Ibu Nobita , Tamako cemburu.

  • Ayah Suneo
Bapak Suneo

Seorang pengusaha sukses. Ia memiliki banyak hubungan dengan elit bisnis, sebagai bagian dari Suneo yang suka pamer. Dia lebih sering muncul daripada istrinya, terutama ketika akan wisata dengan keluarga atau mengundang teman-teman Suneo untuk berlibur bersamanya.

  • Sunetsugu Honekawa(骨川 スネツグ)

Adik Suneo yang tinggal di New York dengan pamannya (yang tunggal dan membesarkannya seperti anak). Dia memiliki kepribadian yang baik dan menghormati kakaknya, tetapi hanya karena Suneo yang sombong sesumbar tentang prestasinya.

  • Sunekichi (スネ吉)
Sunekichi

Sepupu Suneo yang sedang kuliah. Dia ahli dalam mainan radio kontrol. Dia sering mengundang Suneo dan teman-temannya di piknik dan kenaikan. Ia pernah membuatkan Kapal perang Yamato untuk Suneo.

  • Nenek Suneo (スネ夫の曾祖母)

Nenek buyut Suneo ini menggunakan kisah lama untuk menanamkan nilai-nilai dan kebiasaan yang baik untuk Suneo, sesuatu yang tidak disukai Suneo.

  • Sunetaro

Anak lelaki Suneo. Dia adalah seorang yang sangat manja — sama seperti ayahnya, namun ia lemah dan sering dijahili Nobisuke, anak Nobita.

Selain itu masih ada Anna (アンナ) /Chiruchiru (チルチル) , yaitu kucing Persia milik Suneo.

Keluarga Goda[sunting | sunting sumber]

  • Ibu Giant
Ibu Giant

Dia pemilik toko kecil "Toko Kelontong Goda" yang sukses , serta satu-satunya karakter yang ditakuti Giant. Giant selalu mencoba untuk melarikan diri dari ketika dia memerintahkan dia untuk membantu toko. Dia memarahi anaknya setiap kali dia menggertak orang.

  • Ayah Giant

Ia kebanyakan bekerja di luar untuk membantu toko istrinya. Meskipun menjadi orang tua yang paling berulang dalam cerita Fujiko itu, dia dikenal sebagai orang terkuat di kota dia tinggal.

  • Jaiko(ジャイ子)
Jaiko

Jaiko adalah adik Giant, dan juga satu-satunya orang yang diperlakukan dengan baik dalam keseluruhan cerita. Dalam kisah awal Fujiko, dia menunjukkan memiliki tabiat buruk, tetapi akhir-akhir dia mulai ramah. Menurut Album Masa Depan Doraemon, ia akan menjadi Istri Nobita di masa depan jika Doraemon tidak membantunya, yang membuat penampilan pertamanya lebih awal dari Suneo dan Giant. Namun, dalam seri Doraemon akhir itu Dekisugi lebih sering disebut menjadi faktor masa depan meskipun tidak ada bukti-bukti menunjukkan Dekisugi bisa menikahi Shizuka. Namanya Jaiko biasanya dianggap julukan sama dengan kakaknya, tapi Fujiko tidak pernah memberinya nama sebenarnya.

Sebagai seorang calon seniman manga, Jaiko memekai nama pena Christine Goda (クリスチーネ 剛 田 Kurisuchīne Goda?), Dan kadang-kadang mengajukan manga nya untuk perusahaan penerbitan agar mendapat hadiah. Dia biasanya gagal karena cerita nya masih kasar, meskipun dia telah menerima banyak perhatian dari editor. Kadang-kadang ketika ia hampir memutuskan untuk menyerah menulis buku komik, teman Giant dipaksa untuk menghiburnya.

  • Paman Giant

Paman dari Ibu Giant. Dia memilki sabuk hitam judo dan menggunakan kemampuan ini untuk membantu orang lain. Dia mengajarkan Giant untuk menggunakan kekuatannya dalam membantu yang lemah. Dia juga mulai mengajar Giant judo.

Selain itu ada juga Muku (ムク) , yaitu anjing Giant yang sering diperlakukan kasar oleh Giant karena melakukan hal yang tidak berkenan di hadapan Giant.

Keluarga Dekisugi[sunting | sunting sumber]

  • Hideo

Anak laki-laki Dekisugi. Ia sangat pintar seperti ayahnya. Meskipun masih SD ia sudah mampu membuat sebuah robot yang diberi nama Roboket; gabungan antara robot dengan roket , yang membuat kagum Shizuka.

Doraemon[sunting | sunting sumber]

  • Dorami(ドラミ)
Dorami

Dorami (lahir pada 2 Desember 2114), (sering disebut Dorami-chan, adalah adik Doraemon. Dia berwarna kuning dan memiliki telinga yang menyerupai pita merah besar. Dia sekitar 2 tahun lebih muda dari Doraemon. Anehnya, mereka adalah saudara kandung karena fakta bahwa mereka berbagi setengah minyak dari kaleng. Dia tinggal di Tokyo abad ke-22 dengan Sewashi. Dia kadang-kadang mengunjungi Nobita dengan mesin waktu ketika Doraemon akan melakukan pemeriksaan di masa depan atau untuk membantu Doraemon dengan sesuatu. Dia suka melon pan dan takut kecoak. Dia juga terbukti menjadi robot yang lebih maju dari Doraemon (Dorami mampu menghasilkan 10.000 tenaga kuda, dibandingkan dengan Doraemon 129,3). Berbeda dengan kakaknya saat awal berfungsi, dia adalah siswa yang cerdas selama waktu sekolah, dan memiliki kemampuan yang lebih baik dalam menggunakan gadget. Dia juga memiliki manga spin-off sendiri. Pacarnya adalah Dora-the-Kid dalam The Doraemons.

Orangnya apik dan benci terhadap ketidakrapihan, dan lebih rajin dibandingkan Doraemon. Ia juga selalu serius dan tidak bisa diajak bercanda; inilah yang membuat Nobita kurang menyukainya. Meskipun begitu, Dorami sebenarnya adalah robot yang baik dan sering menolong Nobita dan teman teman ketika mereka dalam kesulitan.

  • Mini Dora (ミニドラ[たち])

Mini-Dora sebenarnya adalah gadget Doraemon. Mereka adalah versi mini Doraemon, masing-masing dengan warna yang berbeda. Mereka bisa berpikir dan merasakan untuk diri mereka sendiri, dan berkomunikasi dengan Doraemon melalui bahasa "Mini-Dora" . Mereka bertindak sebagai pembantu untuk segala macam tugas, seperti memperbaiki mekanisme internal Doraemon. Mini-Dora terlihat seperti Doraemon identik karena warna robot merah dan sangat sedikit. Dia mengganggu Nobita untuk membantu tubuhnya.

Tokoh-tokoh lainnya[sunting | sunting sumber]

  • Guru Nobita
Pak Guru Nobita

Guru Nobita adalah pengawas yang ketat yang sering meminta Nobita untuk menyelesaikan pekerjaan rumahnya, dan sering tertipu oleh Suneo yang meyakinkan dengan tindakan berbohong. Hukuman berkisar, dari berdiri di lorong atau menyapu ruang kelas setelah jam sekolah. Dia sering melakukan kunjungan tak terduga ke rumah Nobi dalam rangka untuk menginformasikan ke Ibu Nobita tentang Nobita kesempurnaan tinggi terbaru selama ujian pada ujian. Dia juga biasanya melihat Nobita di jalan-jalan dan sering menegur dia agar belajar keras untuk mendapatkan skor yang lebih . Nama aslinya tidak diketahui dan dia hanya disebut sebagai "Sensei (Guru)". Dalam NTV anime namanya diberikan sebagai Ganari (我 成?). Dalam versi TV Asahi, ia bernama Eiichiro Senjou (先生 えいいちろう), Yang nama terakhir terjadi harus ditulis dalam guru tapi diucapkan berbeda.

  • Paman pemilik rumah (Paman Kaminari)'

Paman pemilik rumah yaitu Paman Kaminari adalah paman yang rumahnya terletak di dekat lapangan yang Nobita dan teman-temannya sering pakai untuk bermain bisbol . Biasanya paman ini pasti marah dan akan memarahi Nobita /atau siapapun yang memecahkan kacarumahnya atau pot tanamannya . Ia memiliki seorang anak perempuan yang cantik .

  • Mii Chan ( ミイ ちゃん?)

Seekor kucing betina yang berteman dengan Doraemon . Dia sering pergi untuk berkencan bersama Doraemon .

  • Gariben (ガリベンくん)

Gariben adalah pemilik rengking dua disekolah Nobita. Ia iri pada Dekisugi yang adalah nomer satu dikelas dan satu kali menjaihilinya. Ia menelpon Dekisugi setiap hari pada jam dua malam sehingga Dekisugi menjadi khawatir dan nilai-nilainya turun. Doraemon dan Nobita menangkapnya dan ia memohon agar tidak dilaporkan kepada guru. Dekisugi memaafkannya dan ia berjanji untuk tidak melakukannya lagi dan berusaha dengan kekuatan sendiri.

  • Yasuo ( 安 雄?)

Salah satu teman sekelas Nobita. Dia dibedakan dengan selalu mengenakan topi baseball. Meskipun ia muncul cukup sering dalam seri sebagai karakter latar belakang, namanya sangat jarang disebutkan. Yasuo seringkali dianggap sebagai perwakilan generik teman Nobita. Ia sering dikreditkan dalam film sebagai "Boy A." (少年 A) Dalam satu episode, ia juga pernah disebut nama terakhir, 'Tanaka' ( 田中?).

  • Haruo ( はる 夫?)

Salah satu teman sekelas Nobita yang sering muncul dengan Yasuo. Dia adalah anak laki-laki kecil dalam ukuran dari Giant. Sama seperti Yasuo, ia muncul cukup sering sebagai wakil generik teman Nobita. Ia sering dikreditkan dalam film sebagai "Boy B." (少年 B)

  • Moteo Mote ( 茂 手 も て 夫 ?)

Seorang anak di kota tetangga yang mengagumi Jaiko diam-diam. Dia populer di kalangan perempuan, tetapi juga seorang seniman manga berbakat.

  • Po-Ponn ( ポーポン ?)

Binatang peliharaan Nobita yang muncul di bagian pertama Doraemon, ide itu dibatalkan oleh Fujiko dan dia menarik seorang ibu yang tidak suka hewan peliharaan setelah itu untuk membuat anaknya tidak menarik Po-pon karena dia tidak menyukainya, tapi maka akan muncul pertama kali di film televisi pada 2013 sebagai hewan peliharaan museum profesional.

Refrensi[sunting | sunting sumber]