Tokimeki Tonight

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Tokimeki Tonight (Jepang: ときめきトゥナイト, Hepburn: Tokimeki Tunaito, lit. "Exciting Tonight")adalah serial manga shoujo karangan Koi Ikeno. Tokimeki tonight diterbitkan secara serial di Majalah Ribon milik penerbit Shueisha sejak Juli 1982 sampai Oktober 1994. Serial ini diadaptasi dalam bentuk serial televisi dengan sutradara Hiroshi Sasagawa dan ditayangkan di NTV dari 7 Oktober 1982 sampai 22 September 1983.

Plot[sunting | sunting sumber]

Ranze Eto tinggal di sebuah kastil terpencil di Jepang bersama adik laki-lakinya (seorang manusia serigala), Rinze. Meskipun Ranze adalah keturunan manusia dunia setan, tetapi hingga saat ini ia belum menujukkan tanda-tanda memiliki kekuatan istiewa sebagaimana kedua orangtuanya. Hal ini membuat orang tua Ranze khawatir, kalau-kalau ia hanyalah seorang gadis normal. Suatu hari, kekuatan Ranze muncul dengan sendirinya secara tidak sengaja. Ranze ternyata bisa berubah wujud menjadi apa saja, baik orang, hewan maupun benda mati yang digigitnya. Ranze bisa kembali ke wujud semula hanya dengan bersin. Karena hal ini, orang tua Ranze sangat gembira, tetapi Ranze justru bersedih karena hal ini membuatnya sulit menjalani hidup sebagai gadis biasa lagi.

Di hari pertama masuk sekolah, Ranze bertemu dan jatuh cinta pada pandangan pertama dengan atlet muda bernama Shun Makabe. Masalahnya adalah orang tua Rnze yang adalah manusia dunia setan tak akan mengizinkan putrinya untuk menjalin hubungan dengan orang biasa. Belum lagi, perasaan Ranze ini masih bertepuk sebelah tangan, ditambah lagi dengan kehadiran rival cinta Ranze, teman sekelas yang juga seorang putri yakuza bernama Yoko Kamiya.

Episode Akhir Anime[sunting | sunting sumber]

Karena animenya berakhir bertahun-tahun sebelum manga, pengarang harus membuat ending tersendiri. Anime berakhir dengan open-ended. DI episode terakhir, diketahui Makabe memiliki tanda lahir berbentuk bintang, yang membuktikan identitasnya sebagai pangeran dunia setan yang telah lama menghilang.

Karakter[sunting | sunting sumber]

  • error: {{nihongo}}: Butuh teks Jepang atau romaji (bantuan) (Pengisi suara: Eriko HaraPengisi suara: Eriko Hara) - Tokoh utama. Gadis vampir.
  • error: {{nihongo}}: Butuh teks Jepang atau romaji (bantuan) (Pengisi suara: Yū Mizushima Pengisi suara: Yū Mizushima) - Pemuda yang dicintai Ranze. Pangeran Dunia Setan.
  • error: {{nihongo}}: Butuh teks Jepang atau romaji (bantuan) (Pengisi suara: Miina TominagaPengisi suara: Miina Tominaga) - Rival Ranze. Putri Yakuza. Pintar, cantik, tetapi kadang licik.
  • error: {{nihongo}}: Butuh teks Jepang atau romaji (bantuan) (Pengisi suara: Sanae Miyuki) - Adik laki-laki Ranze.
  • error: {{nihongo}}: Butuh teks Jepang atau romaji (bantuan) (Pengisi suara: Yoshita YasuharaPengisi suara: Yoshito Yasuhara) - Ayah Ranze, seorang vampire
  • error: {{nihongo}}: Butuh teks Jepang atau romaji (bantuan) (Pengisi suara: Noriko OharaPengisi suara: Noriko Ohara) - Ibu Ranze, manusia serigala.
  • error: {{nihongo}}: Butuh teks Jepang atau romaji (bantuan) (Pengisi suara: Hirotaka SuzuokiPengisi suara: Hirotaka Suzuoki) Pangeran dunia setan, adik Makabe.
  • error: {{nihongo}}: Butuh teks Jepang atau romaji (bantuan) (Pengisi Suara: Hideyuki Tanaka) Utusan Raja Dunia Setan.
  • error: {{nihongo}}: Butuh teks Jepang atau romaji (bantuan) (Pengisi Suara: Junpei TakaguchiPengisi suara: Junpei Takiguchi) - Ayah Yoko, seorang Yakuza. Jatuh cinta pada ibu Makabe.
  • error: {{nihongo}}: Butuh teks Jepang atau romaji (bantuan) (Pengisi Suara: Yuri Nashiwa) - Ibu Shun Makabe. Seorang perawat.

Media[sunting | sunting sumber]

Manga[sunting | sunting sumber]

Jumlah keseluruhan serial ini ada 30 seri. Pada tahun 2006 telah terjual 26 juta kopi, menjadikan Tokimeki Tonight sebagai Manga shoujo terlaris no.6.

Tokimeki Midnight[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2002, Koi Ikeno menulis cerita lain yang diberi judul Tokimeki Midnight yang terbit di majalah Cookie. Alur ceritanya mengisahkan Tokimeki tonight tetapi dengan tokoh yang dibalik karakternya. Manga ini berakhir dalam 9 volume pada tahun 2009.

Anime[sunting | sunting sumber]

Anime adaptasinya terdiri dari 34 episode, diproduksi oleh Grup TAC dan Toho. Lagu Openingnya berjudul Tokimeki Tonight, dan endingnya berjudul Super Love Potion.

Daftar Episode[sunting | sunting sumber]

  1. Rahasia Ranze Eto (7 Oktober)
  2. Pintu ke dunia setan (14 Oktober)
  3. Krisis Kamar Mandi (21 Oktober)
  4. Sebuah pertemanan kecil (28 Oktober)
  5. Ranze pergi ke dunia setan (4 november)
  6. Romansa Malam Berkabut (11 November
  7. Hati-hati pada Festival Budaya (18 November)
  8. Love, Kamera, Action (25 November)
  9. Cinta Tamasaburo ( 2 Desember)
  10. Miel, Si Gadis Tak Kasatmata (9 Desember)
  11. Ulang tahun Bulan Purnama (16 Desember)
  12. Eh?? Harapan Ranze (23 Desember)
  13. Kekasih Putih (6 Januari)
  14. Aku melihatnya! Ranze itu seekor Rusa! (13 Januari)
  15. Maaf tidak sopan (20 Januari)
  16. Cinta pelarian muda (27 Januari)
  17. Guru Sihir (3 Februari)
  18. Judul yang sesuai cinta (10 Februari)
  19. Raksasa sentimentil (17 februari)
  20. Kekacauan! Terlalu banyak Ranze (24 Februari)
  21. Surat Cinta dari alien (3 Maret)
  22. Panik! Permainan Piyama (10 Maret)
  23. Kisah Cinta Sando (17 Maret)
  24. Cinta Membara! Perang besar di dunia setan (24 Maret)
  25. Perubahan telah terlihat! Shun harus mati (31 Maret)
  26. Kapal Perang Eksekusi! Perang Angkasa (28 April)
  27. Pertentangan! Rocky vs Shun (5 Mei)
  28. Perburuan cinta (19 Mei)
  29. Kaget! Pertemuan Masa Depan (9 Juni)
  30. Perintah membunuh pangeran (16 Juni)
  31. Burung Migran telah kembali (23 Juni)
  32. Petualagan! Pulau Kekasih (7 Juli)
  33. Kisah yang mendebarkan (28 Juli)
  34. I Love you! I Love you! Cinta Segitiga! (22 September)

Tanggapan[sunting | sunting sumber]

Pada Anime News Network, Justin Sevakis menyataka bahwa anime ini adalah "Komedi yang telah berumur 30 tahun yang masih lucu, dengan pegaturan yang masih menarik dan bisa diterima, dan animasinya pun masih bisa dilihat".

Referensi[sunting | sunting sumber]