Tobirama Senju

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Tobirama senju)
Karakter dalam seri Naruto
Tobirama Senju
千手扉間
Tobirama Senju
Penampilan perdana
MangaBab 118
AnimeNaruto episode 69
Tampil diAnime, manga, OVA, dan permainan
Pengisi suara
InggrisPeter Lurie
JepangKen'yū Horiuchi

Tobirama Senju (千手扉間, Senju Tobirama) yang bergelar sebagai Hokage Kedua (二代目火影, Nidaime Hokage) adalah tokoh fiktif dalam serial manga dan anime Naruto. Tobirama merupakan adik Hashirama Senju (Hokage Pertama), dan anggota klan Senju. Ia bergelar Hokage, gelar bagi ninja terkuat di Konohagakure, sebuah desa fiktif kediaman para ninja. Tobirama dan kakaknya merupakan guru bagi Hiruzen Sarutobi, Hokage Ketiga. Sifatnya sangat berbeda dibanding kakaknya yakni ia sedikit mudah marah, sinis dan kritis. Terlebih berkaitan dengan negara. Sifat sinis dan pemarahnya ini membuat teman kakaknya, Madara Uchiha tak suka padanya.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Diceritakan bahwa pada zaman peperangan, klan Senju sering bertikai dengan klan Uchiha. Karena merasa pertikaian tersebut tidak akan berujung, Hashirama, pemimpin klan Senju, mengajukan perdamaian kepada klan Uchiha. Perdamaian itu enggan diterima oleh Madara Uchiha, pemimpin klan Uchiha. Namun karena melihat Hashirama yang rela berkorban untuk menunjukkan kesungguhan dan ketulusannya dalam berdamai, akhirnya Madara setuju untuk berdamai dengan klan Senju. Kemudian klan Senju dan Uchiha mendirikan desa Konohagakure, lalu pemimpin desa tersebut diberi gelar Hokage. Untuk yang pertama kali, gelar tersebut diberikan kepada Hashirama, kakak Tobirama. Sebelumnya, Hashirama mengajukan Madara sebagai Hokage pertama, tetapi ditolak oleh penasihat sekaligus adik Hashirama, Tobirama. Hal itu membuat Madara pesimis dengan dunia nyata, dan membangkitkan rasa benci yang lebih besar dari sebelumnya. Hingga akhirnya ia pergi dari Konoha untuk menjalankan rencana rahasia besarnya, yaitu menggunakan jurus Tsukuyomi tidak terbatas.

Tobirama melatih tiga orang yang dipilihnya sendiri, disebut Tim Tobirama yang anggotanya adalah Hiruzen Sarutobi (Hokage Ketiga), Homura Mitokado dan Koharu Utatane (dua orang tersebut menjadi penasihat di Konoha).

Setelah menjadi Hokage, Tobirama memberi posisi istimewa kepada klan Uchiha sebagai tanda kepercayaannya kepada klan tersebut. Ia memberi hak kepemimpinan atas Polisi Militer Konoha kepada klan tersebut. Namun menurut Obito Uchiha (yang mengaku sebagai Tobi dan Madara Uchiha), hal tersebut hanya kedok semata, dan tujuan sebenarnya hanya untuk menjauhkan klan Uchiha dari pemerintahan Konoha, dan menempatkan klan tersebut di bawah pengawasan ketat pasukan Anbu. Namun, setelah kejadian pembantaian klan Uchiha pada masa pemerintahan Hokage ke-3, Polisi Militer direkrut dari ninja umum.

Kemampuan[sunting | sunting sumber]

Kemampuannya sebagai ninja tidak dapat diragukan lagi. Jurus-jurus yang ia ciptakan banyak digunakan oleh ninja-ninja Konoha. Jurus seribu bayangan yang tidak asing lagi digunakan oleh Naruto adalah salah satu jurus buatannya, tetapi Naruto tidak mengetahui siapa pembuatnya. Kemudian jurus terlarang Edo Tensei yang disalahgunakan banyak ninja juga buatannya. Jurus Hiraishin juga tidak lepas dari campur tangannya, tetapi kelebihan dan kekurangan jurus Hiraishin Tobirama jika dibandingkan dengan jurus Hiraishin Minato terletak pada cara penggunaannya.

Didahului oleh:
Hashirama Senju

Hokage Pertama

Tobirama Senju

Hokage Kedua

Diteruskan oleh:
Hiruzen Sarutobi

Hokage Ketiga