Tin (newsreader)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
tin
Cuplikan menunjukan thread yang ditampilkan tin
Tampilan pembaca berita Tin - Threading
Pengembang Urs Janßen
Rilis stabil Stable 2.2.0; Unstable 2.1.3 (Setabil pada 24 Desember 2013, dan tidak setabil pada 12 Agustus 2013)
Sistem operasi Unix, Linux, Mac OS X, OpenVMS
Jenis Pembaca berita
Lisensi BSD
Situs web resmi www.tin.org

Tin adalah sebuah perangkat lunak berbasis teks dengan sumber terbuka yang dipakai untuk membaca dan mengirim pesan di jaringan komunikasi global Usenet.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Tin awalnya menggunakan display terminal berbasis teks yang terhubung lewat sebuah komunikasi serial yang lamban menuju ke sebuah peladen pusat yang multi-user time sharing, tanpa dukungan antarmuka pengguna grafis dan belum menggunakan tetikus.

Pada saat itu, tin dianggap sebagai program yang agak menggunakan sumber daya-tinggi{{Fact|date=June 2009}(klien surat elektronik Pine) karena tin menggunakan kendali kursor terminal dan teks bergulir halaman per halaman untuk membuat navigasi Usenet menjadi mudah. Meskipun tin tidak memiliki dukungan grafis, program ini sudah menyediakan daftar nama grup-grup Usenet, subjek, dan artikel yang disusun berurutan dari atas ke bawah, dan bukan sebagai halaman teks bagaikan tanpa akhir yang harus dibaca berurutan dari atas ke bawah layar.

Tin tersedia untuk berbagai sistem operasi bertipe Unix. Program ini didasarkan pada pembaca berita TASS, yang kode sumbernya diposkan pada tahun 1991 di Usenet oleh Rich Skrenta.[1] Pekerjaan pemrograman tin kemudian diteruskan oleh Iain Lea,[2] yang menyediakan informasi bagi IETF RFC 2980.[3][4] Sejak 1996, program tin dipelihara oleh Urs Janßen.

Program ini umumnya sering dibanding-bandingkan dengan trn atau nn.[5][6][7] Sebagian orang menyukai tin karena memiliki dukungan threading yang paling fleksibel.[7]

Tin berjalan pada platform Unix atau POSIX. Hal ini disebabkan karena tin adalah adopter awal dari autoconf, dan sudah menggunakannya sejak tahun 1996. Versi lama tin juga berjalan pada OpenVMS;[8] namun versi baru berbasis UTF-8 tidak jalan di OpenVMS.

Program tin awalnya menggunakan termcap. Seiring dengan peningkatan portabilitas yang diperoleh dengan penggunaan autoconf, para pengembang meningkatkan kemampuan adaptasinya dengan membuatnya dapat beroperasi dengan terminfo atau curses dengan maksud sekali lagi untuk meningkatkan portabilitas. Perubahan lain, seperti lokalisasi menggunakan gettext, serta dukungan IPv6 telah membuat program ini mutakhir.

Tidak seperti rn (newsreader) TRN atau nn, kemajuan perubahan dalam program tin mudah untuk diikuti sejak tahun 1995 karena changelog sangat terinci dan bertanggal.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Rick Skrenta (April 18, 1991). "Tass 3.2 newsreader". newsgroup alt.sources newsgroup. (Web link).
  2. ^ Iain Lea (August 24, 1991). "ANNOUNCEMENT: tin v1.00 - YAN (Yet Another Newsreader)". news.software.readers. (Web link).
  3. ^ Barber, Stan (1996). "Common NNTP Extensions (draft 4)". 
  4. ^ Barber, Stan (October 2000). "RFC 2980 Common NNTP Extensions". 
  5. ^ Savetz, Kevin (1996). "Your Internet Consultant - The FAQs of Life Online — 5.10. What program should I use to read news?". Sams Publishing. 
  6. ^ Parker, Tim (1996). "Linux System Administrator's Survival Guide". Same. 
  7. ^ a b Kirch, Olaf; Terry Dawson (2000). Linux Network Administrators Guide —. O'Reilly. Chapter 24. Newsreader Configuration. 
  8. ^ Dickey, Thomas E (April 2001). "TIN-1-4-4" ([pranala nonaktif]). OpenVMS Freeware CDs V5.0 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]