Daftar karakter The Fairly OddParents

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Timmy Turner)

Berikut ini adalah daftar karakter dari serial animasi Nickelodeon, The Fairly OddParents

Karakter utama[sunting | sunting sumber]

Timmy Turner[sunting | sunting sumber]

Pengisi Suara : Tara Strong

Timmy Turner adalah tokoh utama kartun ini. adalah anak laki-laki berusia 10 tahun yang diberikan orang tua peri untuk mengabulkan setiap keinginannya sebagai akibat dari orang tua yang lalai dan perlakuan tidak baik dari Vicky. Dia memakai topi dan kemeja magenta dengan celana biru. Ia juga memiliki gigi yang menonjol ke depan, yang biasanya diejek. Keinginannya sering kali memiliki efek samping yang tidak terduga dan bermasalah, dan sering kali dikembalikan atas permintaan Timmy di akhir episode. Minatnya meliputi buku komik, video game, kartun, dan olahraga. Dalam perjalanan perjalanan waktu, Timmy secara tidak sengaja tiba pada hari ketika orang tuanya pindah ke rumah mereka; tak terlihat, dia mengetahui bahwa mereka mengharapkan seorang gadis, karena itu topi magentanya.

Cosmo[sunting | sunting sumber]

Pengisi Suara : Daran Norris Pemeran : Jason Alexander (Film Live Action)[1]

Cosmo adalah seorang peri hijau yang bertugas sebagai orang tua Timmy. Bersama dengan Wanda, Cosmo adalah orang tua peri yang ditugaskan untuk mengabulkan keinginan Timmy, dan kemudian Chloe. Mereka sebelumnya adalah orang tua peri dari Denzel Crocker, Billy Gates, Tina Turner, dan tokoh sejarah dan modern lainnya; seperti Benjamin Franklin. Agar tidak terlihat oleh manusia selain Timmy, mereka kerap menyamar sebagai hewan atau benda mati.

Cosmo adalah suami Wanda, ayah Poof, dan ayah peri Timmy dan Chloe. Dia dikenal karena kepribadiannya yang bodoh dan telah bertanggung jawab untuk secara tidak sengaja menyebabkan bencana sejak dia lahir. Seperti yang dijelaskan dalam "Fairly Oddbaby", kemampuan Cosmo untuk menghancurkan sedemikian rupa sehingga ketika dia lahir, semua peri tidak lagi diizinkan untuk memiliki anak karena takut bahwa calon bayi peri lainnya akan seburuk atau lebih buruk dari Cosmo. Meskipun dia sangat santai dan redup, Cosmo cenderung cemburu dan menjadi defensif ketika dia melihat orang lain menggoda Wanda. Dia adalah peri termuda sampai Poof lahir dan, meskipun dia dianggap sebagai anak tunggal di episode sebelumnya, dia memiliki saudara laki-laki bernama Schnozmo yang debut kemudian. Ibunya, Mama Cosma, terlalu melindungi Cosmo dan karena itu membenci Wanda. Cosmo berambut hijau dan biasanya memakai kemeja putih, celana hitam, dan dasi hitam.

Wanda[sunting | sunting sumber]

Pengisi Suara : Susanne Blakeslee Pemeran : Cheryl Hines (Film Live Action)[1]

Wanda adalah seorang peri merah muda yang juga merupakan orang tua peri Timmy. Berbeda dengan Cosmo, Wanda memiliki peran yang paling penting dalam kartun ini. Ia adalah istri Cosmo, ibu Poof, dan ibu peri Timmy dan Chloe. Dia digambarkan sebagai orang yang cerdas dan perhatian. Tidak seperti Cosmo, dia mencoba mencegah Timmy mengharapkan hal-hal yang bisa menjadi bencana, meskipun usahanya sering gagal. Namun, dia bertanggung jawab kepunahan dinosaurus, 65 juta tahun yang lalu. Dia memiliki seorang saudara perempuan, yang merupakan aktris populer, bernama Blonda yang sering bertengkar dengannya, karena Wanda percaya kehidupan saudara perempuannya sebagai Artis Sinetron lebih mudah daripada hidupnya sebagai ibu rumah tangga. Wanda juga memiliki seorang ayah bernama Big Daddy, yang juga membenci Cosmo mirip dengan bagaimana Mama Cosma tidak menyukai Wanda tetapi pada tingkat yang jauh lebih rendah. Dia memiliki rambut berwarna merah muda yang ditata dengan pusaran di depan dan biasanya ditampilkan mengenakan kaos kuning dan celana hitam. Wanda memiliki obsesi dengan coklat, dan itu adalah satu-satunya hal yang dapat mengalihkan perhatiannya dari prioritas utamanya.

Poof[sunting | sunting sumber]

Pengisi Suara : Tara Strong

Poof adalah adalah putra Cosmo dan Wanda, diperkenalkan ke dalam seri di spesial 2008 Fairly OddBaby. Dia adalah bayi peri pertama yang lahir dalam lebih dari sepuluh ribu tahun, dengan ayahnya sendiri menjadi yang kedua dari yang terakhir. Kemampuan magisnya dikendalikan oleh emosinya dan disalurkan melalui mainan ajaibnya.

Dalam "Peri Tua Orangtua", Poof ditugaskan sebagai orang pertama sebagai saudara peri sebagai miliknya, untuk orang tua yang menyedihkan; seperti Mrs. Crocker. Dia mengabulkan keinginannya tetapi menjadi terlalu banyak bekerja dan kelelahan, kembali ke Cosmo dan Wanda.

Dalam musim 10 episode "Certifiable Super Sitter", Poof kembali dari Sekolah Mantra untuk liburan musim semi. Suaranya menjadi lebih dalam dan lebih lucu sebagai bagian dari pelatihan formalnya untuk menjadi peri yang hebat. Chloe tergila-gila padanya, karena dia mencintai bayi. Karena menghindari kesulitan dengan tidak memiliki plot dengan terlalu banyak karakter utama di setiap episodenya, peran Poof dibatasi hanya untuk satu episode musim 10.

Sparky[sunting | sunting sumber]

Pengisi Suara : Matthew W. Taylor

Sparky merupakan anjing peri berbicara Timmy, yang merupakan karakter dalam musim 9, tetapi dibatalkan dari pertunjukan sebelum musim 10 karena penerimaan negatif. Sparky memiliki bulu berwarna oranye, tongkat untuk ekor, hidung biru, dan sayap peri. Dia memakai mahkota peri dan kerah biru. Ekor ajaib Sparky tidak bekerja saat dia basah. Ia memiliki kutu ajaib yang akan mengubah manusia menjadi anjing jika digigit. Dia sangat alergi terhadap pasta, dan mampu melakukan tindakan manusia, seperti mengemudi. Tidak seperti orang tua peri Timmy, tidak masalah bagi orang lain untuk mengetahui tentang Sparky, tetapi mereka tidak dapat mengetahui bahwa dia dapat berbicara.

Chloe Carmichael[sunting | sunting sumber]

Pengisi Suara : Kari Wahlgren

Chloe Carmichael merupakan adalah tetangga Timmy yang memulai debutnya di musim 10 episode perdana, "The Big Fairy Share Scare." Karena tidak ada cukup peri yang tersedia untuk anak-anak, permintaan yang berlebihan, dan peri yang mengambil pekerjaan dengan gaji lebih baik di industri lilin mewah, dia dan Timmy terpaksa berbagi Cosmo dan Wanda. Meski pada awalnya mereka tidak akur, mereka akhirnya menjadi sahabat. Chloe dipandang oleh Timmy sebagai gadis kecil yang menyebalkan, dan sombong, dan dia cenderung menyebabkan kekacauan dengan keinginannya.

Karakter pendukung[sunting | sunting sumber]

Tuan Turner[sunting | sunting sumber]

Pengisi Suara : Daran Norris

Tuan Turner adalah ayah kandung Timmy. Ayah Timmy bekerja sebagai karyawan sebuah pabrik pensil bernama Pencil Nexus dan pemimpin pasukan untuk Pasukan Pengintai Squirrelly Timmy, meskipun keduanya memiliki beberapa pekerjaan lain, biasanya hanya untuk satu episode. Ayah Timmy sering ditampilkan membenci Dinkleberg, tetangga sebelah, yang bisa dibandingkan Homer Simpson yang memiliki kebencian untuk Ned Flanders di Simpsons.

Nyonya Turner[sunting | sunting sumber]

Pengisi Suara : Susanne Blakeslee

Nyonya Turner adalah ibu kandung Timmy sekaligus istri dari Tuan Turner. Ibu Timmy adalah seorang agen real estat dan pedagang rumah. Ibu Timmy pernah terbukti menjadi tukang kebun dan juru masak yang buruk, karena apa pun yang dia coba tanam akan mati dan makanannya biasanya menjadi hidup dan mencoba menyerang keluarganya.

Jorgen Von Strangle[sunting | sunting sumber]

Pengisi Suara : Daran Norris

Jorgen Von Strangle adalah peri terberat di alam semesta yang berbicara dengan aksen Austria dan merupakan pejabat tinggi di Dunia Peri. Tidak seperti peri lain yang "buang air besar" dari satu tempat ke tempat lain, Jorgen muncul dan menghilang dalam bentuk ledakan atom dan memiliki paket jet bukan sayap. Dalam "The Zappies", dia menyebutkan bahwa dia hanya memiliki satu anak asuh, Winston; alasan untuk ini, seperti yang terungkap dalam "Temporary Fairy", adalah bahwa aksi pengabulan keinginannya yang ekstrim dan pemberani yang tidak perlu membahayakan nyawa anak baptis. Dia adalah sadis dan menikmati gagasan orang lain meringkuk ketakutan padanya, yang memengaruhi kemampuannya untuk memiliki teman selain Cosmo dan Wanda. Meski Jorgen dikenal sebagai peri terberat di Dunia Peri, ia terlihat berkali-kali menangis di depan Cosmo dan Wanda. Dalam 'Teeth for Two', terungkap bahwa dia berkencan dengan Peri Gigi sebelum putus karena gigi Timmy. Dia menikahinya di akhir episode, tetapi pernikahan itu tidak disebutkan sejak itu. Terungkap dalam "Cosmo Rules" bahwa Cosmo adalah sepupu jauhnya.

Chester McBadbat[sunting | sunting sumber]

Pengisi Suara : Frankie Muniz (2001–2003) dan Jason Marsden (2003–2017)

Chester McBadbat adalah salah satu sahabat Timmy. Dia tinggal di trailer bersama ayahnya di sebuah komunitas miskin dengan sedikit fasilitas. Dia murah hati dan lebih peduli pada orang lain daripada dirinya sendiri, karena setiap kali dia mendapatkan sihir, dia telah menggunakan keinginannya untuk mencoba meningkatkan kehidupan orang lain, meskipun biasanya itu mengarah pada bencana. Dia menjadi satu-satunya teman sekelas Timmy yang tahu tentang keberadaan orang tua perinya di "Fairy Idol", tapi tidak disebutkan lagi di episode selanjutnya. Dia sering memakai pakaian usang dan kebesaran. Dia memiliki bintik-bintik, mata hijau, kawat gigi, dan rambut pirang acak-acakan dan alisnya.

AJ[sunting | sunting sumber]

Pengisi Suara : Ibrahim Haneef Muhammad (2001–2003) dan Gary LeRoi Gray (2003–2017)

AJ adalah adalah penduduk jenius di kelas Timmy, dan salah satu teman baiknya. Dia berasal dari keluarga kelas menengah ke atas, dan merupakan siswa "A" di sekolah, kualitas yang telah dicapai oleh kedua orang tuanya juga. Dia telah membangun seorang kakak laki-laki yang membelanya dari pengganggu, memenuhi kebutuhannya akan seorang yang nyata. Dia bermain dengan video game dan membaca buku komik seperti teman-temannya yang lain, terlepas dari kecerdasannya yang superior. Dia memiliki laboratorium rahasia yang dia sembunyikan dengan tombol "jubah" di dinding kamar tidurnya yang, jika ditekan, mengubah labnya menjadi kamar tidur biasa.

Trixie Tang[sunting | sunting sumber]

Pengisi Suara : Dionne Quan

Trixie Tang adalah objek kasih sayang Timmy dan gadis paling populer di SD Dimmsdale. Karena Timmy tidak populer, Trixie jarang mengakui keberadaannya, kecuali diam-diam. Terungkap bahwa dia menyukai buku komik, tetapi merahasiakannya untuk mempertahankan popularitasnya. Ada beberapa perdebatan di antara penggemar acara di mana Timmy akan berakhir karena berakhirnya "Channel Chasers", di mana anak-anaknya (terutama putrinya Tammy) memiliki kemiripan penampilan fisik antara Trixie dan Tootie.

Tootie[sunting | sunting sumber]

Pengisi Suara : Grey DeLisle

Tootie adalah adalah adik perempuan Vicky. Dia adalah gadis berkacamata yang memiliki cinta obsesif pada Timmy, sering kali secara ekstrem memata-matai dan menguntitnya. Sementara Timmy menolaknya secara teratur, dia memang memiliki titik lemah untuknya dan melakukan hal-hal baik untuknya dalam beberapa episode, termasuk mengirim Cosmo dan Wanda dengan status pinjaman untuk ulang tahunnya setelah Vicky menghancurkannya. Ketika Vicky tidak menyiksa anak-anak yang dia asuh, dia secara teratur menyiksa Tootie di rumah sebagai pengganti.

The Crimson Chin[sunting | sunting sumber]

Pengisi Suara : Jay Leno dan Daran Norris (dalam episode "Super Humor" dan "Fairy Fairy Quite Contrary")

The Crimson Chin adalah adalah pahlawan super buku komik yang komiknya Timmy dan banyak anak lain dalam serial ini suka membaca. Meskipun ia memiliki banyak kemampuan superhero standar seperti terbang, kekuatan superior, dan penglihatan panas, senjata utamanya adalah dagunya yang besar: referensi untuk pengisi suaranya, yang ia peroleh saat aktor radioaktif menggigit dagu. Terkadang, Timmy bergabung dengannya dalam petualangan buku komiknya sebagai "Cleft the Boy Chin Wonder", dan di lain waktu, Chin datang ke dunia nyata melalui sihir peri. Dia tinggal di "Chincinnati", dan alter egonya adalah Charles Hampton "Chuck" Indigo, penulis berita untuk Daily Blabbity.

Mark Chang[sunting | sunting sumber]

Pengisi Suara : Rob Paulsen

Mark Chang adalah adalah pangeran alien dari planet Yugopotamia (Terletak hampir 10.760 unit astronomi dari Bumi) dan salah satu teman Timmy. Chang menyerupai makhluk mirip cumi-cumi hijau dengan otak yang terkandung dalam kaca. Dia juga memiliki fitur "Fake-i-fier" di pinggangnya, memungkinkannya untuk berubah bentuk menjadi objek dan bentuk manusia. Diperkenalkan dalam "Spaced Out", Chang dan alien Yugopotamia lainnya merasa ngeri dengan hal-hal yang umumnya dianggap lucu dan tertarik pada benda-benda menjijikkan (seperti kotoran) dan manusia. Karena itu, Chang menyukai Vicky, yang tidak menyadari bahwa dia adalah alien sungguhan. Orangtuanya, Raja Gripullon dan Ratu Jipjorrulac (masing-masing disuarakan oleh Paulsen dan Laraine Newman) akhirnya menikahkan Chang dengan Putri Mandie yang kejam dan suka membunuh (dilafalkan "Man-DIE"). Untuk menghindari amarahnya, Chang pindah ke Dimmsdale Dump di Bumi. Dia juga merayakan F.L.A.R.G., hari libur merayakan kegiatan memberontak sebelum meledakkan planet tuan rumah.

Doug Dimmadome[sunting | sunting sumber]

Pengisi Suara : Jim Ward

Doug Dimmadome adalah adalah pemilik Dimmsdale Dimmadome dan beberapa bangunan serta perusahaan lain di Dimmsdale, dan orang terkaya dan paling berkuasa di kota. Berdasarkan tingkah lakunya dan pakaian Barat, dia kemungkinan besar adalah parodi dari pengusaha Amerika William Randolph Hearst dan Orang Texas kaya dari Simpsons.

Catman[sunting | sunting sumber]

Pengisi Suara : Adam West (Musim 4 hingga Musim 6) dan Jeff Bennett (Musim 9 hingga Musim 10)

Catman adalah adalah alter ego Adam West, dan teman baik Timmy. Dia dianggap gila oleh kebanyakan orang karena dia mengira dia adalah bagian dari kucing karena sebuah acara TV yang dia ikuti 30 tahun yang lalu.

Antagonis[sunting | sunting sumber]

Vicky[sunting | sunting sumber]

Pengisi Suara : Grey DeLisle

Vicky adalah pengasuh anak berusia 16 tahun yang kasar, egois, serakah, sadis, licik, jahat, dan kejam, dan antagonis utama dari serial ini. Dia hanya memiliki sedikit teman dan suka menyiksa anak-anak, menonton televisi dan membuat dunia sengsara, terutama bagi Timmy. Dia tinggal bersama ibunya, ayahnya, dan adik perempuannya Tootie. Dia telah bertemu Cosmo & Wanda dalam banyak kesempatan, tetapi tidak mempercayainya.

Selain itu, dia telah bertemu Mark Chang dalam bentuk aslinya tetapi menolaknya sebagai kostum Halloween. Sebuah titik plot dalam episode "Frenemy Mine" melibatkannya sebagai anggota masyarakat gelap yang dikenal sebagai B.R.A.T. (Babysitter Raging Against Twerps). Dia telah terbukti menerima kekejamannya sendiri, dan satu-satunya alasan dia, adalah karena dia dianiaya sebagai seorang anak oleh pengasuhnya sendiri. Meskipun itu tidak menjelaskan mengapa dia melampiaskan amarahnya pada anak-anak karena itu bahkan bukan kesalahan mereka.

Denzel Crocker[sunting | sunting sumber]

Pengisi Suara : Carlos Alazraqui

Denzel Crocker adalah seorang pria bungkuk berkulit abu-abu dan guru Timmy yang terobsesi dengan peri. Dia dengan tepat mencurigai bahwa Timmy memiliki orang tua peri sendiri, dan dia sering dapat mengetahui apa yang diinginkan Timmy dari petunjuk terkecil dan paling tidak relevan. Keyakinannya yang tak tergoyahkan pada wali baptis peri membuat orang dewasa lain menganggapnya sakit mental.

Crocker telah terbukti berusaha keras untuk membuktikan teorinya bahwa Timmy memiliki orang tua peri, memasukkan sejumlah besar uang ke dalam peralatan mahal dan melakukan eksperimen yang rumit. Ia juga rela melakukan hal-hal yang sangat berbahaya dan tidak bermoral untuk meneguhkan keyakinannya. Misalnya, dalam episode debutnya, "Transparents!", Dia mencoba untuk menguji apakah Cosmo dan Wanda adalah peri dengan mencoba membuat mereka duduk di kursi elektrik. Dia menyatakan bahwa, "Jika mereka bertahan hidup, mereka adalah peri!" tetapi "Jika tidak, saya punya masa jabatan!"

Anehnya, Crocker adalah mantan anak asuh dari Cosmo dan Wanda. Meskipun dia kehilangan mereka dan kenangan waktu mereka bersamanya, kepercayaannya pada peri tetap ada. Timmy mencoba untuk mengubah peristiwa ini melalui perjalanan waktu di "The Secret Origin of Denzel Crocker!", Tapi dia gagal secara paradoks dan menjadi alasan Crocker kehilangan Cosmo dan Wanda dan membuatnya mengingat kepercayaannya pada peri.

Meski sudah setengah baya, ia tetap tinggal bersama ibunya, Dolores Crocker. Ayahnya tidak pernah terlihat atau disebutkan dalam serial ini.

Ironisnya, Crocker melayani selama beberapa dekade sebagai sumber kekuatan utama untuk sihir peri; keyakinannya begitu kuat sehingga digunakan untuk memberi daya pada Tongkat Besar, sumber dari semua keajaiban di Dunia Peri. Dalam episode tersebut, "Crocker Shocker", ini menyebabkan Tongkat Besar kehilangan semua kekuatannya setelah dia dihipnotis menjadi peri yang percaya tidak ada. Untuk mengatasinya, Timmy, Cosmo, Wanda, Poof, dan Jorgen membuatnya agar semua orang yang tergila-gila pada peri seperti Crocker digunakan sebagai sumber kekuatan untuk Tongkat Besar.

Francis[sunting | sunting sumber]

Pengisi Suara : Faith Abrahams

Francis adalah bandit sekolah dan musuh Timmy lainnya. Dia memiliki kulit abu-abu dan suara bernada rendah, dan pakaian serta celana dalamnya compang-camping. Dalam "It's a Wishful Life" terungkap bahwa jika Timmy tidak ada, Francis akan menyalurkan semua agresi yang dia keluarkan untuk menindas ke dalam sepak bola.

Dark Laser[sunting | sunting sumber]

Pengisi Suara : Kevin Michael Richardson

Dark Laser adalah adalah karakter penjahat fiksi ilmiah yang pertama kali dilihat sebagai gambar mainan katalog sebelum Timmy menghidupkannya di "Hard Copy". Dalam "Escape from Unwish Island", Dark Laser adalah salah satu karakter Unwished yang cocok untuk Imaginary Gary. Dia menjadi penjahat berulang di musim enam, muncul di "Mission: Responsible", "The End of Universe-ity", "Dread 'n' Breakfast", "Please Don't Feed The Turners" dan "Momnipresent". Dia memparodikan Darth Vader dari Star Wars seri film. Ia sering terlihat membawa anjing mainan mekaniknya Flipsy, yang fungsi backflippingnya selalu membuatnya cekikikan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Early Look At 'Fairly Oddparents' Movie". Screen Rant. 2010-08-03. Diakses tanggal 2011-06-01. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]