Timmy Time

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Timmy Time

Logo Timmy Time
GenreSerial animasi anak
PembuatJackie Cockle
Pengisi suaraKate Harbour
Justin Fletcher
Louis Jones
Negara asalBritania Raya
Jmlh. seri3
Jmlh. episode78 (daftar episode)
Produksi
Produser eksekutifMiles Bullough
David Sproxton
Peter Lord
Nick Park
Peter Curtis
ProduserJackie Cockle
Lokasi produksiDifilmkan di Bristol
Durasi10 menit
Rumah produksiAardman Animations
HiT Entertainment
DistributorHiT Entertainment
Rilis asli
JaringanCBeebies, Disney Junior, Treehouse TV Cartoonito Playhouse Disney (di beberapa negara)
MNCTV (2013-2014) & Rajawali Televisi (2012-2015) (Indonesia)
Format gambarPAL (1080i)
Format audioStereo
RilisSenin, 6 April 2009 –
Jumat, 13 Juli 2012
Acara terkait
A Close Shave
Shaun the Sheep

Timmy Time adalah sebuah serial animasi tanpa dialog yang dikhususkan untuk penonton pra-sekolah. Animasi ini ditayangkan di CBeebies mulai dari tanggal 6 April 2009,[1] dan di negara Indonesia ditayangkan di MNCTV dan RTV. Timmy Time mengisahkan tentang Timmy, bayi domba yang merupakan salah satu tokoh di serial animasi Shaun the Sheep, yang kini sudah mencapai usia pra-sekolah. Serial ini adalah spin-off dari Shaun the Sheep, di mana serial itu sendiri merupakan spin-off dari film Wallace and Gromit A Close Shave (1995).[1]

Dua seri pertama berjalan selama 26 episode. Di negara Inggris Raya, penayangan terakhirnya dimulai pada bulan September 2011 di CBeebies. Di negara Australia, musim pertama dimulai pada bulan Mei 2009 di ABC1, dan musim ketiga pada bulan Mei 2011 di ABC 4 Kids.[2][3] Serial ini juga ditayangkan di Playhouse Disney, yang kemudian disebut Disney Junior, dimulai pada tanggal 13 September 2010,[4] tetapi kemudian berakhir pada bulan Mei 2014.

Premis dan format

Dalam serial ini, Timmy dan teman-temannya[5] harus belajar berbagi, berteman, dan menerima kesalahan mereka.[6] Mereka diawasi oleh dua guru, yaitu Harriet si Burung Pelikan dan Osbourne si Burung Hantu. Pertunjukan tersebut ditujukan untuk anak-anak usia pra-sekolah, yang digambarkan oleh perusahaan sebagai "langkah alami selanjutnya untuk Aardman".[1]

Acara ini terdiri dari episode yang berdurasi selama sepuluh menit, yang tidak menampilkan banyak dialog, seperti Shaun the Sheep, Wallace and Gromit dan A Close Whave. Shaun, teman-temannya, Bitzer, dan Petani tidak muncul.[1] Syuting satu episode ditampilkan di acara Discovery Channel, yaitu How It's Made.[7]

Selama pengembangan acara, serial tersebut hanya disebut sebagai Timmy. CBeebies berhasil memperoleh hak siar di negara Inggris untuk serial tersebut pada bulan Oktober 2007.[8]

Pada tahun 2018, Aardman berkolaborasi dengan British Council untuk membuat "Learning Time with Timmy", sebuah acara untuk mendorong anak-anak berusia 2–6 tahun di seluruh dunia untuk mempelajari bahasa Inggris, bersama dengan YouTube-eksklusif serial dan tiga aplikasi.

Pada bulan Oktober 2019, Aardman mengumumkan versi "reboot" baru dari 78 episode yang ada untuk CBeebies berjudul Timmy Time yang mulai disiarkan di akhir bulan. Versi ini menampilkan narasi dari pilihan anak-anak pra-sekolah, dan berdurasi selama 5 menit jika dibandingkan dengan episode aslinya yang berdurasi selama 10 menit.[9]

Episode

Karakter

Anak-anak

  • Timmy, domba laki laki berbulu putih yang menjadi tokoh utama di animasi ini. Hobinya ialah bermain bola. Timmy sangat terobsesi untuk disanjung di antara teman-temannya. dalam beberapa episode, masalah bermulai darinya.
  • Yabba, anak bebek yang mengenakan kacamata selam di setiap penampilannya
  • Paxton, anak babi. Ia senang sekali makan, tetapi tidak lebih dari Kid si kambing.
  • Mittens, anak kucing. Sama seperti kucing lain, Ia sangat benci bila bulunya basah ataupun kotor. Dalam beberapa episode, ia seperti menyimpan rasa suka kepada Timmy.
  • Ruffy, anak anjing. Ia senang menggali sesuatu.
  • Apricot, anak landak. Ia takut bila mendengar suara keras, seperti petir. Dalam beberapa episode, tokoh ini sempat absen.
  • Stripey, anak luak. Sama seperti luak pada umumnya, ia tidur di siang hari dan bangun pada malam hari. Sehingga di setiap penampilannya ia tampak kurang bersemangat.
  • Kid, anak kambing. Nafsu makannya sangat tinggi, lebih dari Paxton. Dia hampir bisa memakan semua benda
  • Otus, anak burung hantu. Ia senang membantu, terutama kepada Osbourne yang merupakan ayahnya. Hobinya membaca dan membuat istana pasir.
  • Finlay, anak serigala berwarna merah. Ia selalu bersemangat disetiap penampilannya. Bentuk fisiknya hampir mirip dengan Mittens, karena warna jingganya.

Guru

  • Harriet, burung pelikan, satu dari dua guru di sekolah Timmy.
  • Osbourne, burung hantu, guru lainnya di sekolah Timmy. Ia adalah ayah dari Otus yang merupakan anaknya, ia bersekolah di sekolah yang sama, tempat ayahnya mengajar.

Karakter sampingan

  • Bumpy, ulat hijau. Ia bukanlah anak didik di sekolah Timmy, tetapi perannya cukup penting di animasi ini. Terkadang ia ditampilkan di bagian awal episode.

Referensi

  1. ^ a b c d Loveday, Samantha. "Timmy Tales". Licensing.biz. Diarsipkan dari versi asli tanggal 27 July 2011. Diakses tanggal 23 January 2009. 
  2. ^ "ABC1 Programming Airdate: Timmy Time (E1 S1)". ABC Television Publicity. Diarsipkan dari versi asli tanggal 10 May 2009. Diakses tanggal 2 August 2012. 
  3. ^ "ABC4Kids Programming Airdate: Timmy Time (E1 S3)". ABC Television Publicity. Diakses tanggal 2 August 2012. 
  4. ^ "Timmy Time set to Premiere on Playhouse Disney on Sept 13th | Chip and Company". 25 August 2010. 
  5. ^ "Timmy Time BBC Series". Screenhead.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 1 December 2008. Diakses tanggal 23 January 2009. 
  6. ^ "Timmy Time". BBC - CBeebies. Diarsipkan dari versi asli tanggal 21 January 2009. Diakses tanggal 23 January 2009. 
  7. ^ "How Its Made 860 Stop Frame Animation - Dailymotion Video". Dailymotion (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-09-07. 
  8. ^ "Timmy takes Aardman into preschool". 
  9. ^ "Aardman Reboots Timmy Time for Return to Cbeebies". 

Pranala luar