Tim Flannery

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Tim Flannery
Tim Flannery di Konferensi Jurnalis Ilmiah Sedunia ke-5, 2007
Lahir Timothy Fridtjof Flannery
28 Januari 1956 (umur 58)
Melbourne, Victoria
Kewarganegaraan Australia
Almamater Universitas La Trobe
Dikenal karena Pembicara publik tentang lingkungan hidup
Pasangan Alexandra Szalay
Penghargaan Australian of the Year [1]
Situs web
www.timflannery.com.au

Timothy Fridtjof Flannery, (kelahiran 28 Januari 1956) adalah seorang ahli mamalia, palaeontolog, pemerhati lingkungan hidup dan aktifis pemanasan global asal Australia.

Flannery sudah menaruh perhatian pada lingkungan sedari kecil. Ia mengambil studi mamalia dan palaentologi yang berkaitan dengan lingkungan.

Flannery yang merupakan profesor di Universitas Macquarie ini juga menjabat sebagai ketua untuk Copenhagen Climate Council. Selain itu Tim juga menulis buku-buku tentang lingkungan hidup. Satu di antaranya adalah The Weather Makers: The History and Future Impact of Climate Change. Buku ini berisi tentang kegagalan dalam menangani perubahan iklim, karena itu perlu dibuat aturan penggunaan karbon. Bahkan buku ini telah diterbitkan ke dalam 20 bahasa.

Pada tahun 2006, buku ini mendapatkan penghargaan sebagai NSW Premier’s Literary Prizes for Best Critical Writing dan Book of the Year. Pada tahun yang sama Flannery sebagai penulisnya juga menerima penghargaan the US Lannan Award untuk karya-karya non fiksinya.

Bahkan Flannery juga terlibat dalam gerakan yang mendukung penanganan masalah perubahan iklim di berbagai negara. Ia juga tercatat menjadi gubernur untuk WWF Australia. Bukunya yang lain berjudul The Future Eaters. Berbagai penghargaan pun telah dianugerahkan padanya atas jasa-jasanya dalam bidang lingkungan.

Pada tahun 2005, ia disebut sebagai Australian Humanist of the Year, sedangkan pada tahun 2006 ia dianugerahi the NSW Australian of the Year. Lalu pada tahun 2007 dia dihormati sebagai Australian of the Year.

Flannery percaya bahwa aktivitas manusia secara drastis telah mengubah iklim bumi. Dan sebelum perubahan ini terlalu lama terjadi dan memiliki dampak buruk pada kehidupan di bumi, Flannery ingin memobilisasi kehendak sosial dan politik untuk mengatasi masalah ini sebelum terlambat.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Australian of the Year 2007". Only Melbourne. Diakses 23 Mei 2011. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Video[sunting | sunting sumber]