Tilsiter

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Tilsit / Tilsiter
Tilsit cheese.jpg
Negara asal Jerman
Kawasan, kota Tilsit
Sumber susu Sapi
Dipasteurisasi Ya
Tekstur Semi-keras
Kadar lemak 30-60%
Waktu pematangan Minimal 5 minggu
Sertifikasi Tidak[1]

Tilsiter atau Tilsit adalah keju bertekstur semi-keras dari Jerman yang dibuat dengan menggunakan susu sapi yang dipasteurisasi.[1] Nama keju ini diambil dari nama kota tempat keju tersebut diproduksi pertama kali, yaitu kota Tilsit di tepi Sungai Memel.[1] Keju ini berasal dari abad ke 19 ketika orang-orang Belanda yang tinggal di Tilsit menemukan keju ini secara tidak sengaja.[1] [2] Saat itu mereka hendak membuat keju Gouda namun beberapa faktor membuat mereka malah membuat keju yang sama sekali berbeda dengan Gouda.[2] [1] Keju Tilsiter seringkali dijual dalam bentuk balok.[1] Warna dari keju ini kuning dan permukaannya licin dengan banyak lubang-lubang.[1] Keju ini harus dicuci dan disikat secara teratur selama dua bulan pertama hingga kulitnya menjadi keras.[2]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e f g (Inggris) Iburg, Anne (2004). Dumont's Lexicon of Cheese. Rebo International b.v., Lisse, The Netherlands. ISBN 978-90-366-1689-8.  Page 288-291.
  2. ^ a b c (Inggris) Harbutt, Juliet (2006). The World Encyclopedia of Cheese. Anness Publishing Ltd. ISBN 978-1-84309-960-4. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]