Tiga Babi Kecil

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Serigala mendarat di tempat memasak

Tiga Babi Kecil adalah cerita dongeng yang menampilkan binatang yang dapat berbicara. Cerita ini dibuat pada akhir abad ke-18, namun diduga berusia lebih tua.

Cerita ini berkisah mengenai Ibu Babi mengirim tiga anaknya keluar untuk mengadu nasib. Babi kecil pertama membangun rumah dari jerami, tetapi serigala meniupnya dan lalu memakannya. Babi kedua membangun rumah dari kayu, tetapi ditiup oleh serigala dan memakan babi kedua. Babi ketiga membangun rumah dari bata, tetapi serigala tidak mampu menghancurkan rumah itu dengan tiupan. Ia lalu mencoba masuk melalui cerobong asap, tetapi ia terjatuh ke kuali berisi air mendidih lalu babi itu merebus dan memakannya.

Cerita ini lalu dikisahkan menjadi lebih lembut, yaitu dengan tidak ada yang dimakan; dua babi yang rumahnya hancur melarikan diri ke rumah saudaranya, sementara serigala lolos daripada tewas dan dimakan. Versi lainnya mengatakan bahwa si serigala mati kehabisan napas setelah beberapa kali mencoba merobohkan rumah babi ketiga tetapi selalu gagal.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]