Throne of Blood

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Throne of Blood
Berkas:Throne of Blood.jpg
Sutradara Akira Kurosawa
Produser Sojiro Motoki
Akira Kurosawa
Penulis Shinobu Hashimoto
Ryuzo Kikushima
Akira Kurosawa
Hideo Oguni
William Shakespeare (bermain Macbeth)
Pemeran Toshiro Mifune
Isuzu Yamada
Takashi Shimura
Musik Masaru Sato
Sinematografi Asakazu Nakai
Penyunting Akira Kurosawa
Distributor Toho
Tanggal rilis 15 Januari 1957 (Jepang)
22 November 1961 (Amerika Serikat)
Durasi 110 men. 49 det.
Negara Jepang
Bahasa Jepang

Throne of Blood (1957), judul asli Kumonosu-jô, adalah sebuah film karya Akira Kurosawa yang didasarkan atas drama karangan William Shakespeare berjudul Macbeth, namun dipindahkan ke Jepang di abad pertengahan.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Jendral Washizu (Toshiro Mifune) mendapat wangsit dari seorang tukang sihir bahwa ia akan menjadi raja kelak. Istrinya Asaji (Isuzu Yamada) yang sangat berambisi mendesaknya untuk melakukan kudeta dan membunuh raja mereka. Pada akhirnya Washizu juga harus tewas dibunuh oleh prajurit-prajuritnya sendiri dan istrinya menjadi gila.

Walaupun ada variasi di sana-sini dari cerita aslinya, Kurosawa cukup berpegang erat dan mengalihkan banyak adegan yang akan mudah dikenali oleh mereka yang pernah membaca Macbeth, misalnya adegan ketika Asaji (Lady Macbeth) mencuci tangannya berulang-ulang karena merasa ada noda darah yang tidak mau hilang. Juga ketika prajurit datang menyerang Washizu sambil membawa ranting-ranting pohon dari hutan, memeberi kesan bahwa seluruh hutan datang ke istana Washizu.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]