Thomas le Despenser, Earl Pertama Gloucester

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Thomas le Despenser, Earl Pertama Gloucester (22 September 1373 – 13 Januari 1400) merupakan putra Edward le Despenser, Baron Pertama le Despencer, yang menjadi pewarisnya pada tahun 1375.

Intrik Kerajaan[sunting | sunting sumber]

Pendukung Richard II melawan Thomas dari Woodstock dan Maharaja Appellant, ia dianugerahkan sebuah Wilayah Earl sebagai Earl dari Gloucester pada tahun 1397.

Akan tetapi, ia mendukung Henry Bolingbroke sekembalinya ia ke Inggris untuk menjadi Raja Henry IV, hanya untuk dipecat (dikurangi wilayah Earlnya karena kejahatan ibu kota) atas perannya di dalam kematian Thomas dari Woodstock.

Ia kemudian ambil bagian di dalam Pemberontakan Epiphany, suatu pemberontakan yang dipimpin oleh sejumlah Baron yang berniat untuk memulihkan Richard ke atas tahta dengan membunuh Raja Henry IV; aksi tersebut digagalkan dengan cepat ketika para konspirator dihianati oleh Edward dari Norwich, Adipati Kedua York kepada Henry. Setelah melarikan diri ke provinsi-provinsi barat, sejumlah konspirator Pemberontakan Epiphany ditangkap dan dibunuh oleh massa dari penduduk kota yang setia kepada raja; Despenser ditangkap oleh massa dan dihukum penggal di Bristol pada tanggal 13 Januari 1400.

Pernikahan[sunting | sunting sumber]

Thomas le Despenser menikahi Constance, putri Edmund dari Langley, Adipati Pertama York.

Keturunan mereka adalah sebagai berikut:

Silsilah[sunting | sunting sumber]

Bangsawan Inggris
Didahului oleh:
Edward le Despenser
Baron le Despencer
1375–1400
Diteruskan oleh:
Diambil
Didahului oleh:
Baru Diciptakan
Earl Gloucester
1397–1399
Diteruskan oleh:
Dicabut

Referensi[sunting | sunting sumber]

Public Domain Artikel ini menyertakan teks dari suatu terbitan yang sekarang berada pada ranah publikChisholm, Hugh, ed. (1911). "perlu nama artikel ". Encyclopædia Britannica (edisi ke-11). Cambridge University Press.