Tommaso Francesco

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Tommaso Francesco, Pangeran Carignano.
Tommaso Francesco, Pangeran Carignano oleh Antony van Dyck.

Tommaso Francesco dari Savoia (bahasa Italia Tommaso Francesco di Savoia, Principe di Carignano, bahasa Perancis Thomas François de Savoie, Prince de Carignan; 21 Desember 1596 - 22 Januari 1656) merupakan seorang komandan militer Italia, pendiri Savoia-Carignano cabang Wangsa Savoia yang memerintah Kerajaan Sardinia dari tahun 1831 sampai 1861, dan sebagai Raja Italia dari tahun 1861 sampai deposisi wangsa tersebut pada tahun 1946.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Lahir di Torino, Tommaso merupakan putra bungsu dari kelima anak Adipati Carlo Emanuele yang Agung dan istrinya Catalina Micaela, putri Raja Felipe II dari Spanyol dan putri Perancis Élisabeth dari Valois. Ibundanya meninggal pada tahun berikutnya. Ketika ia masih muda, Tommaso menyandang senjata untuk melayani Raja Spanyol di Italia.[1]

Meskipun di pemerintahan sebelumnya, putra-putra yang lebih muda diberikan tanah lunggu di Swiss (Genevois, Vaud), Italia (Aosta), atau Perancis (Nemours, Bresse), para adipati Savoia menganggap bahwa hal ini menghambat kebesaran mereka sendiri sewaktu mendorong perselisihan intra-dinastik dan suksesi daerah. Bukan hanya Tommaso memiliki saudara yang lebih tua, ia merupakan salah satu dari dua puluh satu anak Carlo Emanuele. Hanya sembilan orang anak saja yang sah, yang lainnya adalah anak-anak haram sang Adipati dengan para gundiknya yang berketurunan bangsawan, yang sepertinya memiliki finansial yang kuat atau memiliki mas kawin yang banyak dimasa kehidupan ayahanda mereka.[2]

Wilayah feodal Carignano telah menjadi milik Savoia sejak tahun 1418, dan kenyataan bahwa daerah itu adalah bagian dari Piemonte, hanya 20 km. bagian selatan Torino, yang berarti bahwa daerah itu dapat menjadi daerah "kepangeranan" untuk Tommaso hanya nama belaka, tidak diberkahi dengan kebebasan atau pendapatan substansi.[3] Dengan alih-alih akan menerima warisan, Tommaso menikah pada tahun 1625 dengan Marie de Bourbon, rekan-pemimpin dan ahli waris Louis, Comte Soissons, yang tewas terbunuh pada tahun 1641 ketika memberontak melawan Kardinal Richelieu.

Kematian[sunting | sunting sumber]

Setelah kampanye tahun 1655, Tommaso kembali ke Torino dimana ia meninggal pada bulan Januari; dari sebuah catatan di Spanheim menjelaskan bahwa ia meninggal di dalam serangan Pavia[4] tidak mendukung - malaria, adalah problem umum di dalam rawa bukit Po, seperti pewarisnya sebagai kepala komandan, Francesco I d'Este.

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Tommaso dan Marie memiliki tujuh orang anak yang selamat sampai dewasa (nama-nama Italia di dalam kurung):

Garis keturunan Wangsa Savoia-Carignano

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Spanheim, Ézéchiel (1973). In ed. Emile Bourgeois. Relation de la Cour de France. le Temps retrouvé (dalam bahasa French). Paris: Mercure de France. hlm. 107. 
  2. ^ Miroslav, Marek. "Rulers of Italy and Savoy: Savoy 3". Genealogy.eu. Diakses 2008-03-27. 
  3. ^ "Carignano". Encyclopædia Britannica Eleventh Edition. 1911. Diakses 2008-03-31. 
  4. ^ Spanheim, Ézéchiel (1973). In ed. Emile Bourgeois. Relation de la Cour de France. le Temps retrouvé (dalam bahasa French). Paris: Mercure de France. hlm. 134. 
  5. ^ Spanheim, Ézéchiel (1973). In ed. Emile Bourgeois. Relation de la Cour de France. le Temps retrouvé (dalam bahasa French). Paris: Mercure de France. hlm. 329. 

Bacaan selanjutnya[sunting | sunting sumber]

  • Guichenon, Samuel, Seigneur de Painesuyt. Histoire généalogique de la Royale Maison de Savoye. Lyon, 1660 (2 vols.; other editions published).
  • Codretto, Antonio-Agostino. Il colosso: historia panegyrica del principle Thomaso di Savoia. Turin, 1663 (cited in BU, unconfirmed)
  • Sclopis, Federigo. Documenti ragguardanti alla storia della vita di Tommaso Francesco di Savoia, principe di Carignano. Turin: Pomba, 1832.
  • Quazza, Romolo. Tommaso di Savoia-Carignano, nelle campagne di Fiandre e di Francia, 1635-1638. Turin: Società Editrice Internationale, [1941].
  • Picco, Leila. Il patrimonio privato dei Savoia: Tomasso di Savoia-Carignano, 1596-1656. Turin: Centro Studi Piemontesi, 2004.