Thibaut II, Comte Champagne

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Thibaut II.
Lambang provinsi Blois.
Lambang provinsi Champagne.

Thibaut yang Agung (Perancis: Thibaut de Blois) (1090–1151) merupakan seorang Comte Blois dan Chartres sebagai Thibaut IV dari tahun 1102 dan merupakan Comte Champagne dan Brie sebagai Thibaut II dari tahun 1125.

Ia memegang Auxerre, Maligny, Ervy, Troyes, dan Châteauvillain sebagai wilayah feodal dari Eudes II, Adipati Bourgogne. Ia adalah putra Étienne Henri, Comte Blois dan Adèle dari Normandia, dan kakanda Raja Étienne, Raja Inggris. Meskipun ia adalah putra kedua, Thibaut ditunjuk melebihi kakandanya Guillaume. Beberapa sejarawan menggambarkan Guillaume sebagai pria yang cacat mental, namun hal tersebut tidak pernah terbukti. Konon, ibundanya mendapatkannya sebagai orang yang keras kepala di dalam kekuasaannya dan tidak pantas untuk tugas-tugas jaringan luas komital. Sebaliknya, Thibaut tidak memiliki masalah-masalah seperti itu.

Thibaut menemani ibundanya melalui kerajaan mereka dari ratusan kejadian dan, setelah ia mengundurkan diri ke Marcigney pada tahun 1125, ia mengelola properti keluarga dengan kecakapan yang luar biasa. Adèle meninggal di dalam biara kekasihnya pada tahun 1136, setahun setelah putranya Étienne dimahkotai sebagai Raja Inggris. [1]

Raja Louis VII dari Perancis terlibat di dalam sebuah perang dengan Thibaut dengan mengizinkan Pangeran Raoul I, Comte Vermandois dan Seneschal di Perancis, untuk membuang istrinya Eléonore dari Blois, saudari Thibaut, dan menikahi Pétronille dari Aquitania, saudari Ratu Perancis. Perang itu, yang berlangsung selama dua tahun (1142–1144), ditandai dengan pendudukan Champagne oleh pasukan kerajaan dan menangkap Vitry-le-François, dimana banyak orang tewas di dalam sebuah gereja yang sengaja dibakar oleh Louis. Seorang guru Perancis Petrus Abelardus, yang menjadi terkenal atas hubungan cintanya dengan dan pernikahan dengan muridnya Héloïse, mencari suaka di Champagne selama pemerintahan Thibaut II. Abélard meninggal di Biara Clun, Burgundia, sebuah biara yang didukung oleh Thebaudian selama berabad-abad.

Pada tahun 1123 ia menikahi Mathilde dari Kärnten, putri Engelbert, Adipati Kärnten.

Keturunan mereka adalah:

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ LoPrete, Kimberly. Adela, Countess and Lord, Fourcourts Press, Dublin. 2007

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Mantan:
Hugues
Comte Champagne
1125–1151
Digantikan oleh:
Henri I
Mantan:
Guillaume yang Bersahaja
Comte Blois
1107–1151
Digantikan oleh:
Thibaut V