Thebes, Mesir

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Thebes
Situs Warisan Dunia UNESCO
Negara  Mesir
Tipe Budaya
Kriteria i, iii, vi
Nomor identifikasi 87
Kawasan UNESCO Afrika
Tahun pengukuhan 1979 (sesi 3)

Thebes atau Tebe (Θῆβαι, Thēbai) adalah kota di Mesir Kuno yang terletak 800 km sebelah selatan Laut Tengah, di tepi timur sungai Nil (25°42′00″LU 32°38′42″BT / 25,7°LU 32,645°BT / 25.7; 32.645). Di atas bekas kuno ini sekarang berdiri kota modern Luxor, yang merupakan salah satu tempat wisata terkenal di dunia.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Lithic core yang ada di Museum di Toulouse

Thebes sudah dihuni sejak seminar tahun 3200 SM.[1] Kota ini adalah ibukota dari Waset, nome Mesir Hulu keempat. Kota ini juga merupakan ibukota Mesir selama dinasti kesebelas Mesir dan dinasti kedelapanbelas Mesir, ketika Hatshepsut membangun armada Laut Merah untuk memfasilitasi perdagangan antara pelabuhan Laut Merah Thebes di Elim dengan Elat di Teluk Aqaba. Para pedagang membawa kemenyan frankincense, mur, bitumen, natron, lenan tenun halus, minyak juniper dan amulet tembaga untuk industri pemakaman di Karnak dengan emas Nubia. Dinasti ke-19 Mesir kemudian memindahkan pusat pemerintahan ke delta sungai Nil, namun kota Thebes tetap merupakan kota penting. Peninggalan sejarah di Thebes memberikan bukti tingginya kejayaan budaya Mesir kuno. Penyair Yunani, Homer, mengagungkan kekayaan Thebes dalam karyanya Iliad, Jilid 9 (abad ke-8 SM): "... di Thebes, Mesir, tumpukan batangan emas mulia bercahaya, Thebes yang mempunyai ratusan gerbang." Raja Asyur, Asyurbanipal, menghancurkan dan menjarah kota ini serta membantai penduduknya termasuk anak-anak pada tahun 663 SM, seperti diabadikan dalam ukiran di istana Niniwe. Kota ini dibangun kembali pada tahun 654 SM, pada zaman Firaun Psamtikus.

Nama[sunting | sunting sumber]

Kuil Luxor

Nama Thebai merupakan terjemahan bahasa Yunani untuk nama bahasa Mesir opet untuk "Kuil Karnak" (dari bahasa Koptik ta-pe, Ta-opet menjadi Thebai). Di antara tiga dewa utama Thebes Amun, Mut, dan Khonsu, Thebes dikenal dalam bahasa Mesir di akhir masa Kerajaan Baru sebagai niwt-imn, "Kota Amun". Nama ini dipakai dalam Alkitab Ibrani atau Perjanjian Lama di Alkitab sebagai נא אמון (nōʼ ʼāmôn) (Kitab Nahum 3:8), kemungkinan sama dengan נא ("No") (Kitab Yehezkiel 30:14-16, Kitab Yeremia 46:25).

Dalam bahasa Yunani nama ini ditulis sebagai |Διόσπολις, Diospolis, "Kota Zeus", karena Zeus adalah dewa Yunani yang disamakan dengan Amun. Orang Yunani memberi julukan kota ini dalam bahasa Yunani: μεγάλη megale, "yang Agung", untuk membedakannya dengan kota-kota bernama Diospolis yang lain. Kekaisaran Romawi menyebutnya Diospolis Magna.

Theban Necropolis

Dalam pemakaian modern, kuil dan makam-makam di tepi barat sungai Nil umumnya dianggap bagian dari Thebes.

Pada tahun 1979, reruntuhan kota Thebes kuno oleh UNESCO didaftarkan sebagai situs Warisan Budaya Dunia (World Cultural Heritage). Dua kuil raksasa Mesir Lembah Para Raja dan Lembah Para Ratu, Kuil Luxor (bahasa Arab: الأقصر, Al-Uqṣur, "Istana-istana") dan al-Karnak (الكرنك), termasuk peninggalan sejarah Mesir yang penting.

Nama dalam aksara hieroglif[sunting | sunting sumber]

w3s.t
Kota Tongkat Kerajaan (City of the Sceptre)[2]
dalam hieroglif
R19
w3s.t
dalam hieroglif
R19 t
niwt
niw.t rs.t
Kota Selatan (Southern City)[3]
dalam hieroglif
niwt
t Z1
M24 t
iwnw-sm’
Heliopolis di Selatan[4]
dalam hieroglif
O28 nw
niwt
Sma

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ http://www.ancient-wisdom.co.uk/egyptkarnak.htm
  2. ^ Adolf Erman, Hermann Grapow: Wörterbuch der ägyptischer Sprache. akademie Verlag, Berlin, 1971. p.259
  3. ^ Wörterbuch, p.211
  4. ^ Wörterbuch, pp.54,479

Pranala luar[sunting | sunting sumber]


Didahului oleh:
Herakleopolis
Ibukota Mesir
2060 SM - 1785 SM
Diteruskan oleh:
Avaris
Didahului oleh:
Avaris
Ibukota Mesir
1580 SM - c. 1353 SM
Diteruskan oleh:
Akhetaten
Didahului oleh:
Akhetaten
Ibukota Mesir
c. 1332 SM - 1085 SM
Diteruskan oleh:
Tanis