The Yankee Doodle Mouse

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
The Yankee Doodle Mouse
Episode Tom and Jerry
Berkas:Yankee Doodle Mouse Poster.jpg
Poster teatrikal
Nomor episodeMusim 1
Episode 11
SutradaraWilliam Hanna & Joseph Barbera
PenulisWilliam Hanna & Joseph Barbera
PengarangCal Howard (tidak dikreditkan)
ProduserFred Quimby
MusikScott Bradley
Tanggal siar26 Juni 1943 (1943-06-26)
Durasi7 menit 23 detik
Kronologi episode
← Sebelumnya
"The Lonesome Mouse"
Selanjutnya →
"Baby Puss"
Daftar episode Tom and Jerry

The Yankee Doodle Mouse adalah sebuah kartun animasi yang dirilis pada tahun 1943, dan yang kesebelas dari serial Tom and Jerry, diproduksi oleh Fred Quimby dan juga didireksikan oleh Hanna-Barbera, dengan supervisi musikal penuh dari Scott Bradley. Kartun ini sendiri dianimasikan oleh Irven Spence, Pete Burness, Kenneth Muse, Jack Zander, dan George Gordon. Jack Zander diberi kredit pada cetakan aslinya, tetapi kreditnya kemudian dihilangkan pada tahun 1950 yang diterbitkan ulang.[1] Kartun ini diproduksi dengan warna oleh Technicolor,[2] dan dirilis pada teater pada tanggal 26 Juni tahun 1943, oleh Metro-Goldwyn-Mayer.

Kartun ini menampilkan Tom dan Jerry yang berbeda dari biasanya, yaitu gaya perang dan pertempuran besar oleh kucing dan tikus, dengan banyak pernak-pernik di dalam Perang Dunia 2, seperti Granat atau Dinamit.[3] Episode The Yankee Doodle Mouse berhasil memenangkan penghargaan Academy Awards pada tahun 1943 untuk kategori Film Animasi Pendek Terbaik, menjadikannya sebagai kartun yang pertama (dari tujuh) yang berhasil memenangkan penghargaan ini dari serial tersebut.[4]

Ini adalah film pendek Tom and Jerry yang pertama yang dianimasikan oleh Ray Patterson, yang berasal dari Screen Gems.[5] Patterson akan terus bekerja untuk Hanna dan Barbera hingga tahun 1980-an.

Kru[sunting | sunting sumber]

  • Disutradarai Oleh: William Hanna and Joseph Barbera
  • Cerita: William Hanna, Joseph Barbera
  • Animasi: Irven Spence, Pete Burness, George Gordon, Kenneth Muse
  • Animasi Tambahan: Jack Zander, Ray Patterson
  • Asisten Animasi: Barney Posner
  • Efek Animasi: Al Grandmain, Stan Quackenbush
  • Tata Letak: Harvey Eisenberg
  • Musik: Scott Bradley
  • Ko-Produser: William Hanna
  • Diproduseri Oleh: Fred Quimby

Cerita[sunting | sunting sumber]

Di sebuah rumah, pembukaan diawali dengan Jerry yang berlari-lari dikejar oleh Tom, menuju ke arah "Cat Raid Shelter"-nya, alias lubang tikusnya. Tom mengadah ke dalam lubang tersebut, dalam keputus-asaan. Jerry yang melihat Tom tepat di depan mukanya melemparkan tomat ke arah kucing tersebut. Jerry lalu memanjat dinding tersebut, dan sampai ke sebuah kotak telur ayam, yang dinamakannya "Hen-Grenades". Pada saat Tom sedang sibuk membersihkan mukanya supaya bersih dari tomat, Jerry melemparkan telur-telur tersebut beberapa kali dan seluruhnya tentang Tom. Jerry lalu berlari ke arah Champagne, melepaskan tutupnya seperti bola-bola meriam ke arah Tom, mengirim kucing tersebut ke sebuah baskom mengandung air, sementara kucing tersebut telah tersedia di atas panci di atasnya. Terakhir, Jerry melemparkan sebuah batu bata ke arah Tom, membuat lubang pada panci tersebut, dan menenggelamkan kucing tersebut.

Sebuah catatan atau surat tertulis: "Sighted cat - sank same. Signed, Lt. Jerry Mouse." (dalam bahasa Indonesia: "Terlihat mirip kucing. Tertanda, Letnan Tikus Jerry.")

Setelahnya, Jerry mengawasi Tom dari sebuah pipa, dengan menggunakan benda tersebut sebagai sebuah teleskop. Tom mengendap-endap ke arah lubang Jerry, dengan membawa sebuah martil di tangannya. Jerry lalu memanjat lagi dinding lubang tikusnya, dan mendorong keluar sebuah papan untuk menyetrika. Tom yang terjatuh karena dirinya terkena papan setrika, ekornya digilas oleh Jerry sebanyak dua kali dengan memakai sebuah parutan keju, yang telah dimodifikasi sebagai sebuah mobil/tank. Namun, mobil/tank yang dikendarai oleh Jerry tersebut ternyata menabrak sebuah tiang, dan menjatuhkan berbagai macam benda. Jerry yang panik lalu berlari sambil membawa tepung yang keluar seperti bom asap. Tom yang kebingungan mencari Jerry karena tidak dapat melihat, dia dipukul oleh Jerry berulang kali di pantatnya dengan sebuah papan kayu, sebelum pada akhirnya Tom bertatap muka dengan tikus tersebut. Jerry sempat sedikit bermanis-manis, sebelum pada akhirnya Tom menyadari bahwa dia sebenarnya sudah dipukul di wajahnya dengan kayu tadi oleh tikus tersebut.

Tom, dengan memakai sebuah panci sebagai helm di atas kepalanya, lalu kemudian membakar dan melemparkan sebuah dinamit tepat ke arah lubang Jerry. Jerry lalu melemparkannya kembali ke arah Tom, Tom pun melemparkannya kembali ke arah Jerry. Jerry mengelabui Tom dengan mengambil kembali dinamit tadi, Tom pun memperagakan hal yang sama persis. Setelah beberapa kali, Tom menang dengan dinamit di tangannya, sebelum dia menyadari bahwa dinamit itu akan meledak. Jerry lalu berlari ke sebuah poci teh, dan Tom memasukkan dinamit ke dalamnya. Jerry, yang merasa sangat ketakutan di dalam poci tersebut, beruntung, karena kurangnya sirkulasi udara di dalam poci membuat dinamit tersebut tidak jadi meledak. Dia pun kemudian keluar dari poci tersebut dengan melewati mulut poci, sedangkan Tom – yang merasa heran karena dinamit tersebut tidak meledak – mengintip ke dalam poci tersebut, dan kemudian dinamit itu pada akhirnya meledak, meninggalkan Tom yang kini berwajah hitam, dan membuat ia terlihat seperti bunga matahari.

Tom membuat sebuah mainan pesawat terbang dari sebuah kertas sambil menyelipkan sebuah dinamit di atasnya, dan diterbangkannya ke arah lubang Jerry. Namun, Jerry meniup pesawat itu, sehingga sampai ke muka Tom melewati celah di belakangnya, dan pada akhirnya meledak dengan meninggalkan Tom dengan wajah hitamnya! Lalu, Jerry menghidupkan sebuah dinamit yang berukuran besar di dekat Tom. Kemudian, Tom mencium bau terbakar, dan menyadari telah tersedianya dinamit tersebut. Namun, dinamit tersebut ternyata tidak meledak, malah terbelah menjadi dua, split menjadi beberapa babak, dan meledak kecil-kecil, sehingga pada akhirnya hanya menyisakan dinamit yang paling kecil saja. Tom merasa gembira dengan hal tersebut, dan mengangkat dinamit kecil tersebut dengan tangannya, sebelum pada akhirnya dinamit kecil tersebut meledak dengan sangat kuat!

Jerry lalu melompat ke arah pesawat terbang miliknya yang dimodifikasi dari sebuah kotak telur, lalu terbang melayang di atas Tom. Dia menjatuhkan empat buah bom bola lampu, yang meledak tepat di atas kepala Tom. Lalu, dia melepaskan sebuah roket pisang, yang tepat terkena di hidung Tom. Tom lalu mengambil sebuah kembang api pijar, dan menembak "pesawat" Jerry tersebut sampai hancur. Namun, parasut Jerry yang terbuat dari beha mengembang dan mendaratkan tikus tersebut dengan selamat. Namun, kembang api pijar tadi mengikuti Jerry ke mana saja dia pergi, termasuk bolak balik dari lubang tikusnya dan ke sebuah sela. Tom hanya menonton saja dari balik sebuah tong, sebelum pada akhirnya Jerry menembaki Tom dengan kembang api pijar tadi, dan membuat tong tempat Tom bersembunyi meledak, dan mengubah bangunan-bangunan tersebut menjadi sebuah sepeda yang dikendarai oleh Tom, sebelum pada akhirnya kendaraan tersebut hancur menabrak dinding.

Tom menyambar sebuah pistol yang mengandung panah tempel, dan menembakkannya tepat ke arah Jerry. Jerry terkena dan tidak dapat masuk ke dalam lubang tikusnya. Lalu, Tom membawa Jerry ke sebuah roket yang sudah dinyalakan sebelumnya, kemudian Tom mengikatnya. Namun, entah salah siapa, Tom justru malah mengikat tangannya sendiri, dengan dibantu oleh Jerry. Tom sadar bahwa dirinya akan celaka, namun ia gagal memadamkan api di roket tersebut, sehingga dia terbawa oleh roket tersebut, dan pada akhirnya meledak di angkasa, sambil menyimbolkan lambang bendera Amerika Serikat, dan Jerry di bawah memberi hormat. Penonton melihat lagi sebuah surat, kali ini dengan tulisan: "Send more cats! Signed, Lt. Jerry Mouse" (dalam bahasa Indonesia: "Kirim lebih banyak kucing! Tertanda, Letnan Tikus Jerry.").

Sensor[sunting | sunting sumber]

Adegan Yang Dihilangkan[sunting | sunting sumber]

Film pendek itu diterbitkan ulang pada tahun 1950. Lelucon yang melibatkan perangko jatah telah dihapus pada cetakan yang diterbitkan ulang. Dalam urutan, di mana Jerry memukul Tom dengan sebuah papan sebanyak empat kali, pada saat Jerry mencoba kabur, urutannya memudar menjadi hitam. Dalam urutan asli yang hilang, Tom mengikutinya, hanya untuk membuat kepalanya tersangkut di lubang Jerry. Jerry kemudian menggunakan lidah Tom untuk menjilat stempel ikatan perang. Komunike perang kedua berbunyi: "Musuh mendapatkan beberapa pukulan bagus! Ditandatangani, Lt. Jerry Mouse".[1][7]

Ketersediaan[sunting | sunting sumber]

VHS
  • Tom & Jerry's 50th Birthday Classics[8]
Laserdisc
  • Tom & Jerry Classics[9]
  • The Art of Tom & Jerry Vol. 1, Side 2[10]
DVD
Blu-ray

Catatan[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama cartoonresearch
  2. ^ Lenburg, Jeff (1999). The Encyclopedia of Animated Cartoons. Checkmark Books. hlm. 149–150. ISBN 0-8160-3831-7. 
  3. ^ Sennett, Ted (1989). The Art of Hanna-Barbera: Fifty Years of Creativity. Studio. hlm. 27. ISBN 978-0670829781. Diakses tanggal 2 June 2020. 
  4. ^ Gifford, Denis (March 24, 2001). "William Hanna: Master animator whose cartoon creations included Tom and Jerry and the Flintstones". The Guardian (London). 
  5. ^ "Irv Spence's "Rugged Rangers"". cartoonresearch.com. Diakses tanggal 2020-08-19. ...he was hired at Walt Disney’s studio but left during the strike two years later. He spent a brief period at Screen Gems when Frank Tashlin (who later moved to Warner Bros.) was its creative head. Patterson soon moved to MGM, assigned to the Hanna-Barbera unit. 
  6. ^ Gifford, Denis (2001-03-24). "William Hanna: Master animator whose cartoon creations included Tom and Jerry and the Flintstones". The Guardian (London).
  7. ^ "Layout drawing of background of missing sequence". cartoonnetwork.com. Diarsipkan dari versi asli (JPG) tanggal 2001-12-26. Diakses tanggal 2019-09-20. 
  8. ^ "..:: The Tom and Jerry Online :: An Unofficial Site : TOM AND JERRY DVD/VHS::." www.tomandjerryonline.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 14 February 2020. 
  9. ^ "LaserDisc Database - Tom & Jerry Classics [ML102219]". www.lddb.com. Diakses tanggal 14 February 2020. 
  10. ^ "LaserDisc Database - Art of Tom & Jerry, The: Volume I [ML102682]". www.lddb.com. Diakses tanggal 14 February 2020. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:The Hanna-Barbera Tom and Jerry shorts