The Voice Within

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari The Voice Within (lagu))
Sampul CD single The Voice Within.

The Voice Within adalah single kelima sekaligus terakhir yang dirilis oleh Christina Aguilera dari album keduanya yaitu Stripped. Lagu ini diciptakan oleh Christina Aguilera dan Glenn Ballard (bertindak pula sebagai produser). Single ini pada bulan November 2003 dalam format CD single dan airplay atau pemutaran lagu di radio.

Video Musik[sunting | sunting sumber]

Christina aguilera dalam video musik The Voice Within.

Penggarapan video musik "The Voice Within" dipercayakan kepada David LaChapelle yang juga pernah menjadi sutradara untuk 2 video sebelumnya yaitu Dirrty dan Can't Hold Us Down.

Konsep pembuatan video musiknya sangat sederhana. Video dimulai dengan close up wajah Christina Aguilera yang semakin lama semakin menjauh. Dalam video ini Christina mengenakan sejenis pakaian tidur semi terbuka dan duduk di atas sebuah kotak kayu dalam sebuah gudang atau ruangan kosong yang besar. Christina berjalan perlahan mengelilingi ruangan di dalam gedung, berjalan menuju beberapa ruangan lain dan akhirnya keluar dari dalam gedung tersebut, kemudian berbaring di atas sebuah kotak menyerupai panggung kecil yang bercahaya. Pembuatan video tersebut dilakukan di sebuah gedung teater terkemuka di pusat kota Los Angeles, California.

Video musik "The Voice Within" pernah mendapatkan nominasi untuk kategori Best Cinematography dalam ajang MTV Video Music Awards pada tahun 2004. Video tersebut masuk dalam nominasi karena kesederhanaan yang tampak dari sisi sinematografi, dapat dilihat dari jenis video hitam putih yang ditampilkan serta hanya dikerjakan dalam 1 kali pengambilan gambar (one camera shot)

Tangga Lagu[sunting | sunting sumber]

Perolehan kesuksesan "The Voice Within" di beberapa tangga lagu dunia memang tidak sebaik single-single balada Christina sebelumnya seperti I Turn To You, Nobody Wants to Be Lonely, Beautiful. "The Voice Within'" adalah single ke-12 Christina yang mampu masuk dalam daftar lagu terlaris versi MTV TRL Amerika. Single tersebut mampu menduduki posisi puncak sebanyak 2 kali dan bertahan dalam tangga lagu tersebut selama 37 hari.

"The Voice Within" juga menunjukkan prestasi yang cukup baik di Amerika. Pada perolehan tangga lagu versi Billboard Hot 100 dan Hot 100 Airplay, single tersebut mampu berada di urutan Top Forty, serta berada di urutan 9 pada perolehan tangga lagu di Ingggris.

Tangga Lagu (2003)[1] Posisi
United World Chart 7
Australian ARIA Singles Chart 8
Austrian Singles Chart 7
Belgium Singles Chart 14
Brazilian Singles Chart 25
Canadian Singles Chart 10
Dutch Singles Chart 6
Eurochart Hot 100 Singles 13
German Singles Chart 13
Hungarian Singles Chart 10
Irish Singles Chart 4
Italian Singles Chart 19
New Zealand RIANZ Singles Chart 16
Norway Singles Chart 13
Swedish Singles Chart 10
Swiss Singles Chart 3
U.K. Singles Chart 9
U.S. Billboard Hot 100 33
U.S. Billboard Top 40 Mainstream 11

Referensi[sunting | sunting sumber]