The Tremeloes

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
The Tremeloes
Informasi latar belakang
AsalEssex, England
GenreBeat
Tahun aktif1958–kini
LabelDecca Records, CBS
Artis terkaitBrian Poole
AnggotaDave Munden
Rick West
Joe Gillingham
Jeff Brown
Mantan anggotaAlan Blakely
Alan Howard
Len Hawkes
Davey Fryer

The Tremeloes adalah grup musik Inggris yang didirikan pada tahun 1958 di Dagenham, Essex, dan masih aktif hingga sekarang. Awalnya grup ini membentuk Brian Poole & The Tremoloes (The Tremoloes merupakan backing group untuk Brian Poole, dan namanya kemudian berubah dikarenakan kesalahan penulisan oleh surat kabar Essex). Grup ini menjadikan Buddy Holly dan The Crickets sebagai panutan.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada Tahun Baru 1962, Decca sedang mencari sebuah grup musik Beat dengan mengaudisi 2 grup musik, Brian Poole & the Tremeloes dan grup musik serupa yang sangat dipengaruhi gaya Buddy Holly asal Liverpool, The Beatles.

Decca lebih memilih Brian Poole & The Tremeloes dan grup ini dapat membuktikan diri sebagai grup musik yang memenuhi kriteria Decca. Keunggulan grup ini pada saat itu yakni, tiap anggotanya dianggap berkualitas sebagai vokalis dan padu dalam memainkan kombinasi rock and roll dengan berbagai genre lain.[butuh rujukan]

Quintet awal grup terdiri dari vokalis utama Brian Poole, gitaris Ricky West, pemain kibor Alan Blakely, bassis Alan Howard dan drummer Dave Munden.[1]

Brian Poole & the Tremeloes pertama kali menduduki tangga lagu Britania Raya pada bulan Juli 1963 dengan daur ulang "Twist and Shout", lagu yang sebelumnya telah dipopulerkan di Amerika Serikat oleh The Isley Brothers, tetapi juga telah direkam oleh The Beatles dan dirilis di Britania Raya bulan Maret 1963 dalam LP Please Please Me. Brian Poole & The Tremeloes kemudian kembali mendominasi tangga lagu Amerika dengan versi daur ulang lagu The Contours, "Do You Love Me" pada tahun yang sama. Brian Poole & The Tremeloes juga sukses di Britania Raya dengan mendaur ulang lagu Roy Orbison, "Candy Man" dan "Someone Someone" milik The Crickets (1964). Kedua lagu ini berhasil di Top 10 Tangga Lagu Singel Britania Raya, khususnya lagu "Someone Someone" berhasil menduduki posisi 2.

Poole meninggalkan grup dan memulai karier solo pada tahun 1966 namun kurang berhasil, sementara 4 anggota yang lain tetap melanjutkan grup musik Tremeloes. Pada tahun itu juga Howard keluar dan pentolan grup digantikan Alan Blakely. Posisi Howard kemudian digantikan oleh Len "Chip" Hawkes.

Setelah berpindah label rekaman dari Decca ke CBS Records, The Tremeloes merilis sejumlah hit sukses mulai tahun 1967 seterusnya dengan lagu "Here Comes My Baby" (mendaur ulang versi Cat Stevens), "Hello World", serta lagu-lagu yang diterjemahkan dari lagu berbahasa Italia seperti "Suddenly You Love Me" (judul asli: "Uno tranquillo" oleh Riccardo Del Turco), "I'm Gonna Try", dari lagu hit Riccardo Del Turco tahun 1967 yang berjudul "Luglio" dan "My Little Lady" (judul asli "Non illuderti mai" dinyanyikan oleh Orietta Berti), serta hit yang menduduki puncak tangga lagu, "Silence is Golden" (versi asli direkam oleh Four Seasons. Singel "Silence is Golden" dan "Here Comes My Baby" juga masuk Top Twenty Billboard Hot 100 Epic Records.

Ciri khas[sunting | sunting sumber]

Semua anggota Tremeloes biasanya menjadi vokalis, walaupun sebagian besar lagu dibawakan oleh vokalis utama Hawkes atau Dave Munden. Gitaris Ricky West menjadi vokalis utama dalam lagu "Silence is Golden". Ketika lagu-lagu mereka sedang populer, Tremeloes biasanya tampil di acara BBC, Top of the Pops. Para penggemar mereka lebih banyak dari kalangan pemuda maupun orang tua daripada penggemar musik rock. Setelah Poole pergi, mereka memiliki 9 lagu yang masuk UK Top Twenty hits.

Dekade 70-an - sekarang[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1970, The Tremeloes merilis album berjudul Master. Setelah singel hit "Hello Buddy" (1971), mereka merekam beberapa singel lagi sepanjang dekade 70 seperti "Blue Suede Tie", "Ride On", "It's OK (Say Ole If You Love Me)", dan "Do I Love You". Beberapa radio sangat sering memutar lagu-lagu mereka, seperti Radio Luxembourg. Album yang dirilis setelah itu antara lain Shiner (1974), Don't Let The Music Die (1975) All For One and One For All (1992).

Formasi grup berbubah beberapa kali sejak tahun 1972. Anggota-anggota baru yang masuk pertama antara lain Bob Benham dan Aaron Woolley, kemudian merger dengan grup lain yang mereka ciptakan sendiri, Jumbo.[butuh rujukan] Munden merupakan satu-satunya anggota asli. Hawkes memutuskan untuk berkarier solo sejenak sambil memproduksi album pada label RCA Records di Nashville, Tennessee. Pada tahun 1979 Hawkes kembali ke Inggris dan bergabung kembali bersama Tremeloes sampai ia berhenti pada tahun 1988.

Pada tahun 1983 kwartet asli kembali dibentuk dan mendaur ulang lagu hit Europop "Words" yang masuk tangga lagu UK Top 100.

Chip meninggalkan Tremeloes untuk berfokus membina putranya, Chesney, yang menghasilkan hit berjudul "The One and Only". Pada tahun 1992 Hawkes mengadakan tur konser sebagai artis solo. Blakely memproduseri rekaman untuk musisi yang lain seperti Rubettes, Bilbo dan Mungo Jerry.

Kini Tremeloes masih meneruskan karier bermusik. West dan Munden masih mengadakan konser di berbagai negara Eropa bersama para musisi sezaman membawakan lagu-lagu populer mereka. Sementara itu, Hawkes tampil dengan grupnya sendiri, Class of '64. Poole tampil dengan grup ciptaannya, "Electrix". Awalany a Poole gagal mencapai tangga lagu, tetapi ia terbilang lebih sukses sebagai penyanyi kabaret. Putrinya, Karen dan Shelly dikenal karena lagu Alisha's Attic pada tahun 1996. Blakely meninggal karena kanker pada bulan Juni 1996. Sepeninggal Blakely, Munden dan West meneruskan konser dengan anggota baru Dave Fryer (bass) dan Joe Gillingham (kibor). Jeff Brown, mantan vokalis dan bassis Andy Scott's Sweet menggantikan Fryer pada tahun 2005. Dave Fryer memutuskan untuk tinggal di Jerman setelah berhenti dari grup.

Pada bulan September 2006, Brian Poole, Chip Hawkes dan The Tremeloes mengadakan tur keliling Britania Raya dalam momen reuni 40 tahun grup itu.

Class of '64[sunting | sunting sumber]

Pada bulan April 2004, atas permintaan The Animals yang akan mengadakan tur ulang tahun 40 tahun grup mereka, Hawkes diminta untuk membentuk grup yang akan tampil bersama The Animals. Ia membentuk supergrup yang terdiri dari Mick Avory (mantan The Kinks) dan Eric Haydock (mantan The Hollies) yang dinamakan The Class of '64. Selain itu, bergabung pula gitaris Ted Tomlin dan Graham Pollock. Grup ini mengadakan konser keliling dunia, merekam kembali lagu-lagu hit terdahulu dan merilis singel baru "She's Not My Child".

Pada tahun 2007, Haydock, Tomlin, Pollock dan Avory keluar dan membentuk grup baru bernama Legends of the Sixties sebelum berganti nama lagi menjadi The Hitmen.[butuh rujukan]

Anggota asli[sunting | sunting sumber]

The Tremeloes

Singles[sunting | sunting sumber]

Tanggal rilis Judul
Penulis
Posisi tangga lagu
UK Singles Chart[2] U.S. Billboard Hot 100[3] RIAA
Certification.[4]
- Brian Poole and the Tremeloes releases
1962 "Twist Little Sister"
(Keith Nylene / Tommy Harbrook)
- - -
"Blue"
(Favilla / Renis / Altman / Mogol)
- - -
1963 "A Very Good Year For Girls"
(Fred Tobias / Clint Ballard Jr.)
- - -
"Keep on Dancing"
(Brian Poole/Alan Blakley /Mike Smith)
- - -
"Twist and Shout"
(Phil Medley / Bert Russell)
4 - -
"Do You Love Me"
(Berry Gordy)
1 - -
"I Can Dance"
(Martin Simpson)
31 - -
1964 "Candy Man"
(Roy Orbison)
6 - -
"Someone Someone"
(Norman Petty / Howard Greines)
2 - -
"Twelve Steps to Love"
(Terrence Lowly)
32 - -
1965 "The Three Bells"
(Jean Villard Gilles / Marc Herrand / Bert Reisfeld)
17 - -
"After a While"
(Chris Stomsworth)
- - -
"I Want Candy"
(Bert Berns / Bob Feldman / Gerald Goldstein / Richard Gottehrer)
25 - -
"Good Lovin'"
(Rudy Clark / Arthur Resnick)
- - -
- The Tremeloes releases
1966 "Blessed"
(Paul Simon)
- - -
"Good Day Sunshine"
(John Lennon / Paul McCartney)
- - -
1967 "Here Comes My Baby"
(Cat Stevens)
4 13 Gold
"Silence is Golden"
(Bob Crewe / Bob Gaudio)
1 11 Gold
"Even the Bad Times Are Good"
(Peter Callander / Mitch Murray
4 36 Gold
"Be Mine"
(Alfredo Ferrari / Vito Pallavicini / Mike Smith / Duilio Sorrenti)
39 - -
1968 "Suddenly You Love Me"
(Peter Callander / Mario Panzeri / Daniele Pace / Laurenzo Pilat)
6 44 -
"Helule Helule"
(Peter Kabaka)
14 - -
"My Little Lady"
(Alan Blakley / Len Hawkes)
6 - -
"I Shall Be Released"
(Bob Dylan)
29 - -
1969 "Hello World"
(Tony Hazzard)
14 - -
"(Call Me) Number One"
(Alan Blakley / Len Hawkes)
2 - -
1970 "By the Way"
(Alan Blakley / Len Hawkes)
35 - -
"Me and My Life"
(Alan Blakley / Len Hawkes)
4 - -
1971 "Hello Buddy"
(Alan Blakley / Len Hawkes)
32 - -
"Right Wheel, Left Hammer, Sham!"
(Alan Blakley / Len Hawkes)
46 - -
1972 "I Like It That Way"
(Alan Blakley / Len Hawkes)
- - -
"Blue Suede Tie"
(Alan Blakley / Len Hawkes)
- - -
1973 "Make or Break"
(Alan Blakley / Len Hawkes)
- - -
"You Can't Touch Sue"
(Alan Blakley / Len Hawkes)
- - -
"Ride On"
(Alan Blakley / Len Hawkes)
- - -
1974 "Do I Love You?"
(Cole Porter)
- - -
"Say O.K. (Say You Love Me)"
(Alan Blakley / Len Hawkes)
- - -
"Good Time Band"
(Ted Summers)
- - -
1975 "Rocking Circus"
(Alan Blakley / Len Hawkes)
- - -
1976 "Caminando"
(Alan Blakley / Len Hawkes)
- - -
1977 "Gin Gang Goolie"
(Traditional)
- - -
1978 "Lonely Nights"
(Alan Blakley / Len Hawkes)
- - -
1979 "Lights of Port Royal"
(Alan Blakley / Len Hawkes)
- - -
1983 "Words"
(F. R. David)
91 - -
1987 "Angel of the Morning"
(Chip Taylor)
- - -
1989 "Lean on Me Baby"
(Alan Blakley)
- - -

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Geocities.com". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-10-28. Diakses tanggal 2009-10-28. 
  2. ^ Roberts, David (2006). British Hit Singles & Albums (edisi ke-19th). London: Guinness World Records Limited. hlm. 565. ISBN 1-904994-10-5. 
  3. ^ Allmusic - Charts & Awards
  4. ^ Murrells, Joseph (1978). The Book of Golden Discs (edisi ke-2nd). London: Barrie and Jenkins Ltd. hlm. 231–232. ISBN 0-214-20512-6. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]