The Tailor of Gloucester

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
The Tailor of Gloucester
Hardcover edisi pertama
PengarangBeatrix Potter
IlustratorBeatrix Potter
NegaraInggris
BahasaInggris
GenreNovel anak-anak
PenerbitFrederick Warne & Co
Tanggal terbit
1903
Jenis mediaPrint (Hardback)
ISBNISBN NA Invalid ISBN
OCLC884366
Didahului olehThe Tale of Squirrel Nutkin 
Diikuti olehThe Tale of Benjamin Bunny 

The Tailor of Gloucester adalah novel anak-anak dari Beatrix Potter, pengarang cerita anak-anak berkebangsaan Inggris. Buku ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1903. Biasanya, cerita ini dibacakan kepada anak-anak di malam Natal, sebelum waktu tidur.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Buku ini menceritakan tentang seorang penjahit yang miskin, kucingnya, dan tikus yang tinggal di tokonya. Dia mempunyai sangat banyak sisa potongan pakaian dan pita yang sangat kecil untuk dipakai kembali. Tikus-tikus pun mengambilnya dan memakai pakaian untuk mereka sendiri.

Si penjahit meminta kucingnya, Simpkin untuk membeli makanan dan satu gulungan sutra berwarna cheri untuk dijadikan jas yang telah dipesan oleh wali kota untuk pernikahannya, yang akan berlangsung di pagi hari Natal.

Ketika si kucing pergi, ia membebaskan tikus-tikus dari cangkir teh, tempat Simpkin mengurung mereka. Ketika Simpkin pulang dan sadar telah kehilangan tikus-tikusnya, dia sangat marah.

Ketika si penjahit jatuh sakit, para tikus membantunya dengan menyelesaikan jas pesanan wali kota tersebut. (Tersisa satu lubang kancing karena para tikus kehabisan bahan).

Sebuah adaptasi animasi cerita ini telah dipertunjukkan pada The World of Peter Rabbit and Friends tahun 1993.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]