The Spectacular Spider-Man (seri televisi)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

The Spectacular Spider-Man (di judul tertulis The Spectacular Spider-Man Animated Series) adalah serial animasi Amerika Serikat dengan karakter-karakter dari Marvel Comics, diciptakan untuk televisi oleh Victor Cook dan Greg Weisman. Penayangannya dimulai dari tanggal 8 Maret 2008 di program Kids’s WB! dan The CW. Musim kedua ditayangkan di Disney XD di Amerika Serikat dengan episode baru dan ditayangkan Senin malam pukul 19:30.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Dua musim pertama berlatar saat Peter masih bersekolah di SMA tahun pertama. Musim pertama ditayangkan dari bulan September sampai bulan November dan musim kedua ditayangkan dari bulan Desember sampai bulan Maret.

                                                          SPIDERMAN

Di musim 1 ini diceritakan Peter yang memulai sekolahnya pada tahun ajaran pertama di SMA Midtown Manhattan Magnet dan telah memiliki kekuatan laba-laba dan mempunyai identitas lain sebagai Spider-Man. Dalam kehidupan di sekolah, Peter sering diganggu oleh anak bertubuh besar bernama Flash Thompson, namun di sisi lain Peter mempunyai dua orang sahabat yaitu Gwen Stacy dan Harry Osborn. Dalam kehidupannya di rumah, Peter selalu mencoba membantu bibi May mengatasi masalah keuangannya setelah kematian paman Ben. Peter bekerja sampingan sebagai fotografer lepas di Daily Bugle yang dipimpin oleh J. Jonah Jameson, Peter memotret aksi dirinya dengan kamera tua miliknya secara otomatis saat menjadi Spider-Man. Setelah itu Daily Bugle akan membayar foto-foto Spider-Man yang diserahkan Peter. Peter dan Gwen juga menjadi asisten muda Dr. Curt Connors di lab Empire State University, dimana mereka kemudian bertemu dengan teman baru yang juga menjadi mentor mereka, Eddie Brock.

Sebagai Spider-Man yang menggunakan kekuatannya untuk melawan kejahatan, Spider-Man bertemu dengan seseorang yang disebut Big Man, yang dikenal sebagai seorang pimpinan di kota New York. Dengan bantuan dari Norman Osborn dan Doctor Octavius, Big Man membuat penelitian dan menciptakan super-villain, musuh-musuh yang lebih menyulitkan Spider-Man dan mereka menyerang dengan serangan-serangan mereka yang lebih kuat dan merusak. Di sisi lain, muncullah musuh yang misterius bernama Green Goblin. Selama season pertama, banyak musuh yang bermunculan, di antaranya Vulture, Hammerhead, the Enforcers, Electro, Lizard, Sandman, Rhino, Tombstone, Doctor Octopus, Black Cat, dan Chameleon. Quentin Beck dan Phineas Mason muncul di asosiasi Chameleon. Kostum hitam symbiote Spider-Man juga muncul dalam season ini, yang kemudian symbiote tersebut berpindah ke tubuh Eddie Brock dan berubah menjadi musuh bernama Venom.

Masalah kehidupan pribadi Peter yang coba ia temukan sendiri, ia bingung memilih salah satu gadis yang ia sukai antara Gwen Stacy dan Liz Allan, karena Peter menyukai kedua gadis itu. Kemudian Norman Osborn mengambil posisi sebagai mentor Peter di lab Dr. Connors, namun sebenarnya ia hanya ingin lebih mudah berkomplot dengan Dr. Miles Warren di lab ESU. Ketika menjadi Spider-Man, Peter menyelidiki gerak-gerik mencurigakan salah satu pimpinan kriminal baru yang dikenal sebagai “Master Planner”, yang aksinya sedikit-sedikit makin meluas, ia juga memimpin tiga geng untuk melawan kekuatan super-villain miliknya, dengan perintah yang diberikan Big Man, dan juga penjaga tua dalam keluarga Silvio “Silvermane” Manfredi. Kemudian Peter mencari Eddie Brock yang sudah kembali dari sosoknya sebagai Venom.

Beberapa tokoh baru muncul dalam musim kedua, di antaranya Kraven the Hunter, Calypso, Sha Shan Nguyen, Silver Sable, Roderick Kingsley, dan Molten Man. Asosiasi Chameleon, Quentin Beck dan Phineas Mason berubah menjadi Mysterio dan Tinkerer berturut-turut.

Musim 3[sunting | sunting sumber]

Produser Greg Weisman sebelumnya telah menginformasikan bahwa musuh bernama Scorpion dan Hobgoblin akan muncul dalam musim ketiga. Rencananya musim 3 akan ditayangkan pada tahun 2010. Namun serial ini pun akhirnya berhenti dilanjutkan.

Tokoh[sunting | sunting sumber]

Seiring berjalannya waktu, banyak tokoh asli dari serial Spider-Man yang muncul. Tokoh seperti Mary Jane Watson, Gwen Stacy, dan Harry Osborn diceritakan dengan cara yang cukup berbeda dari komiknya, namun memiliki satu inti yang sama dalam jalannya cerita. Tokoh-tokoh lain yang muncul di antaranya adalah J. Jonah Jameson, Flash Thompson, Liz Allan, George Stacy, dan Norman Osborn.

Tokoh utama[sunting | sunting sumber]

Tokoh utama diperkenalkan dalam lagu pembuka. Mereka di antaranya adalah:

Peter Parker/Spider-Man: Peter secara tidak sengaja tergigit oleh seekor laba-laba yang sudah ter-radiasi, Peter mendapatkan kekuatan laba-laba. Setelah itu Peter membuat kostum Spider-Man dan memakainya untuk merahasiakan identitasnya dari para penjahat yang ia lawan. Dulunya Peter membiarkan pencuri yang kabur mencuri uang kabur, padahal di saat itu ia bisa menghentikannya, Peter merasa itu bukanlah urusannya. Namun kemudian pencuri itu membunuh paman Ben. Peter merasa menyesal mengapa ia tidak mau menghentikan pencuri itu. Dari kejadian itu ia belajar dan ia berjanji untuk memberantas kejahatan yang ada di kota sebagai Spider-Man. Pengisi suara Peter adalah Josh Keaton.

Gwen Stacy: Gwen adalah putri dari pimpinan kepolisian kapten George Stacy. Gwen adalah sahabat Peter yang cukup cerdas. Gwen di sini terlihat sebagai seorang gadis yang pemalu dan seperti kutu buku, berbeda dengan penampilannya di komik yang menceritakan bahwa Gwen adalah gadis yang bergaul dengan orang-orang kaya di sekolah dan menjadi “ratu kecantikan”. Pengisi suara Gwen adalah Lacey Chabert.

Harry Osborn: Harry juga adalah sahabat Peter dan juga putra dari pengusaha Norman Osborn. Norman melihat Peter sebagai anak yang baik. Norman selalu mengatakan bahwa ia harus mencontoh Peter. Berbeda dengan Peter, Harry seringkali gagal melakukan kegiatannya dan Harry tidak terlalu pintar dalam pelajaran. Pengisi suara Harry adalah James Arnold Taylor.

Liz Allan: Liz adalah cheerleader di SMA Midtown. Liz adalah pacar dari Flash, namun makin lama Liz jadi menyukai Peter. Liz kemudian putus dengan Flash ketika Flash mengajak Mary Jane sebagai teman kencannya dan Liz mengajak Peter sebagai teman kencannya di acara Halloween. Pengisi suara Liz adalah Alanna Ubach.

Flash Thompson: Flash adalah bintang pemain Football di SMA Midtown. Flash sangat mengidolakan Spider-Man, namun Flash sering mengganggu dan menjahili Peter Parker dan hanya menganggap Peter sebagai pecundang biasa. Flash bahkan merasa aneh ketika melihat Peter datang dan menggunakan kostum Spider-Man saat Halloween, menurutnya lebih baik ia yang menjadi Spider-Man sedangkan Peter tidak pantas. Pengisi suara Flash adalah Joshua LeBar.

Mary Jane Watson: Mary Jane adalah keponakan dari teman bibi May, Anna Watson. Mary Jane muncul sebagai teman kencan Peter di pesta dansa SMA Midtown. Mary Jane bersahabat dengan Peter dan Gwen. Mary Jane lebih senang dengan keadaannya yang single karena dapat bebas. Pengisi suara Mary Jane adalah Vanessa Marshall.

J. Jonah Jameson: Jonah adalah pimpinan redaksi koran Daily Bugle. Jonah adalah tipe orang yang galak, egois, dan seringkali mengambil pendapat orang lain dan mengatakan bahwa itu pendapatnya sendiri. Di samping itu, Jonah adalah orang baik yang bahkan mau menjadikan Peter sebagai fotografer tetap dan melindungi keberadaan Peter dari Rhino saat Rhino mengamuk mencari Peter. Jonah mempunyai seorang putra dan sangat menyayangi putranya itu. Putranya adalah John Jameson, seorang astronot. Pengisi suara Jonah adalah Dalan Norris.

George Stacy: George adalah ayah dari Gwen dan juga seorang kapten di kepolisian. George sangat mempecayai Spider-Man, berbeda dengan J. Jonah Jameson yang sering mengatakan bahwa Spider-Man adalah teror bagi kota. George sangat melindungi putrinya dan dalam season kedua, George sering menduga-duga identitas asli Spider-Man. Pengisi suara George adalah Clancy Brown.

Norman Osborn: Norman adalah ayah dari Harry dan juga pimpinan dari OsCorp. Selain hidup sebagai seorang pengusaha yang percaya diri takkan pernah gagal dan canggung untuk meminta maaf, Norman juga bekerja sama dengan Big Man. Pengisi suara Norman adalah Alan Rachins.

Tokoh pendukung[sunting | sunting sumber]

Kebanyakan nama dari cerita asli Spider-Man muncul dalam film ini. Namun kebanyakan tokoh tersebut hanya berperan sedikit. Ada beberapa tokoh yang muncul dari 2 seri Spider-Man, di antaranya Kenny Kong dari seri Ultimate Spider-Man, juga Bernard Houseman dari seri film Spider-Man.

Musuh[sunting | sunting sumber]

Musuh-musuh yang bermunculan juga adalah musuh-musuh dari seri original Spider-Man. Bahkan diceritakan ketika sang penjahat masih dalam keadaan manusia biasa kemudian berubah menjadi penjahat super. Ada juga bos penjahat dengan sebutan Big Man yang mempunyai asisten bernama Hammerhead. ada puki

Produksi[sunting | sunting sumber]

The Spectacular Spider-Man sudah diumumkan oleh senior wakil presiden Kids’ WB dan General Manager Betsy McGowen dan co-presiden Sony Pictures Television Zack Van Amburg di bulan Maret 2007. Serial ini diproduksi oleh Sony Pictures dengan label video Culver Entertainment dan juga studio animasi televisi, Adelaide Productions. Pertama kali ditayangkan pada tanggal 8 Maret 2008 di Kids’ WB on the CW, sekali seminggu dan disesuaikan dengan jadwal penayangannya.

Serial ini diciptakan untuk acara televise oleh produser Victor Cook dam Greg Weisman; Victor Cook sebagai direktor pengawas dan Greg Weisman sebagai editor jalannya cerita. Perancang tokoh adalah Sean Galloway. Gaya animasi yang ditampilkan dalam serial ini cukup sederhana dan mempunyai elemen ikonik. Pilihan membuat serial Spider-Man ini adalah untuk membuat ulang film Sam Raimi menjadi ke dalam bentuk animasi.

Para kreator telah menyiapkan 65 episode. Sejauh ini, 26 episode sudah ditayangkan dalam musim pertama dan kedua.

Logo utama dalam serial ini menunjukkan bahwa direksinya adalah Victor Cook dengan lagu tema yang ditulis dan dinyanyikan oleh The Tender Box.

Mainan[sunting | sunting sumber]

Hasbro merilis mainan action figure The Spectacular Spider-Man di bulan Maret 2008. Happy Meal merayakan 30th Anniversary dengan mainan The Spectacular Spider-Man di McDonald.

Tim produksi[sunting | sunting sumber]

  • Greg Weisman - Supervising Producer/Story Editor/Penulis
  • Victor Cook - Supervising Producer/Supervising Director
  • Wade Wisninski - Associate Producer
  • Dave Bullock - Sutradara (empat episode)
  • Kevin Altieri - Sutradara (empat episode)
  • John Diaz - Production Manager
  • Kevin Hopps - Penulis
  • Matt Wayne - Penulis
  • Andrew Robinson - Penulis
  • Randy Jandt - Koordinator Skenario/Writer's Apprentice/Penulis
  • Jennifer Coyle - Sutradara (enam episode)
  • Sean Galloway - Lead Character Designer/ Character Supervisor
  • Jaime Thomason - Voice Director
  • Meagan Healy - Production Art Supervisor
  • Brian G. Smith - Production Art Supervisor
  • Ben Maloney - Production Assistant
  • Sherrian Felix - Production Coordinator
  • Jennifer L. Anderson - Post Production Assistant
  • Diane A Crea - Produser
  • Eric Vesbit - Associate Producer
  • Sean Herbert - Animation Clerk