The Mummy

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
The Mummy
The mummy.jpg
Sutradara Stephen Sommers
Produser Sean Daniel
James Jacks
Penulis Kevin Jarre (story)
Lloyd Fonvielle
(story)
Stephen Sommers (script/story)
Pemeran Brendan Fraser
Rachel Weisz
John Hannah
Arnold Vosloo
Musik Jerry Goldsmith
Sinematografi Adrian Biddle
Penyunting Bob Ducsay
Distributor Universal Pictures
Tanggal rilis 7 Mei, 1999 (AS)
Durasi 124 menit
Negara  Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Anggaran $80,000,000 USD (perkiraan)
Pendapatan kotor $415,885,488 (dunia)
Diikuti oleh The Mummy Returns

The Mummy adalah film petualangan asal Amerika Serikat yang dirilis tahun 1999, ditulis dan disutradari oleh Stephen Sommers, dibintangi oleh Brendan Fraser, Rachel Weisz, John Hannah dan Kevin J. O'Connor, dengan Arnold Vosloo sebagai pemeran mumi yang bangkit kembali.[1] Film ini merupakan daur ulang film berjudul sama pada tahun 1932 yang dibintangi Boris Karloff sebagai pemeran muminya. Pada mulanya, film ini dimaksudkan untuk menjadi bagian dari seri film horor beranggaran rendah, namun akhirnya film ini menjadi salah satu film petualangan terlaris.

Pengambilan gambar dimulai di Marrakech, Maroko pada 4 Mei 1998, dan berlangsung selama tujuh belas minggu; para krunya harus bertahan menghadapi dehidrasi, badai pasir, dan ular saat mengambil gambar di Sahara. Efek visual film ini ditangani oleh Industrial Light & Magic, yang mencampur film dan CGI untuk menghasilkan sosok mumi. Jerry Goldsmith menangani musik latar belakang film ini.

The Mummy dirilis pada 7 Mei 1999, dan meraup $43 juta di 3.210 bioskop selama minggu awal di Amerika Serikat; film ini akhirnya meraup pendapatan kotor sebanyak $416 juta di seluruh dunia. Pendapatan yang besar diiringi oleh sekuelnya pada tahun 2001, The Mummy Returns, demikian pula seri TV The Mummy: The Animated Series, dan spin-off berjudul The Scorpion King. Tujuh tahun kemudian, bagian ketiga yang berjudul The Mummy: Tomb of the Dragon Emperor dirilis pada 1 Agustus 2008. Universal Pictures juga membuka wahana roller coaster, Revenge of the Mummy, pad tahun 2004. Adaptasi ke dalam novel ditulis oleh Max Allan Collins.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Pada masa Mesir Kuno, 1290 SM, pendeta agung Imhotep menjalin cinta terlarang dengan Anck-su-Namun, selir firaun Seti I. Saat sang firaun mengetahui hubungan mereka, Imhotep dan Anck-su-Namun segera membunuhnya. Setelah kejadian itu, Imhotep melarikan diri sedangkan Anck-su-Namun mencegat para pengawal lalu bunuh diri karena yakin bahwa kelak Imhotep dapat menghidupkannya lagi. Setelah Anck-su-Namun dimakamkan, Imhotep dan para pengikutnya mencuri jenazahnya dan membawanya ke Hamunaptra, kota orang mati, untuk melakukan upacara pembangkitan jenazah. Upacara tersebut digagalkan oleh para pengawal firaun. Akhirnya, Imhotep dan para pengikutnya ditangkap lalu dijadikan mumi hidup-hidup. Imhotep dijatuhi hukuman Hom Dai agar dikutuk di dunia dan akhirat selamanya. Ia dikubur bersama kumbang pemakan daging di sebuah sarkofagus di bawah kaki patung dewa Anubis, dan dijaga oleh kaum penjaga makam yang disebut Medjay, agar keberadaannya tidak diketahui sehingga tidak akan mendatangkan wabah bagi dunia.

Di Kairo, 1926 M, Jonathan Carnahan menunjukkan sebuah kotak berisi peta—yang ia curi dari seorang mantan prajurit Legiun Asing Perancis—ke hadapan adiknya, Evelyn, seorang pustakawati dan egiptolog. Peta tersebut menunjukkan lokasi Hamunaptra—konon merupakan tempat dipendamnya harta Seti I—sehingga mereka berdua memutuskan untuk pergi ke sana. Dr Terrence Bay bersikap skeptis dan berkata bahwa Hamunaptra tidak pernah ada. Karena suatu kejadian, peta itu terbakar. Evelyn dan Jonathan pun terpaksa pergi ke penjara Kairo, tempat Richard "Rick" O'Connell—penemu kotak yang dicuri oleh Jonathan—untuk mengetahui keberadaan Hamunaptra karena Rick mengaku pernah bertempur di sana beberapa tahun sebelumnya. Rick yang sedang menanti hukuman mati menyatakan kesediaannya untuk membantu Evelyn asalkan Evelyn membebaskannya. Setelah Evelyn bernegosiasi dengan kepala sipir penjara, akhirnya Rick dibebaskan. Evelyn dan Jonathan pun menuju Hamunaptra dengan dipandu oleh Rick.

Dalam perjalanan, Evelyn dan rombongannya bertemu kelompok pemburu harta dari Amerika yang dipandu oleh Beni Gabor, mantan teman seperjuangan Rick. Setelah tiba di Hamunaptra, mereka bersaing dan melakukan penggalian di lokasi yang berbeda. Saat bermalam di sana, mereka diserang oleh para Medjay yang dipimpin oleh Ardeth Bay. Serangan mereka berhasil diredakan oleh Rick. Sebelum mereka pergi, Ardeth mewanti-wanti bahwa ada sesuatu yang tak boleh diusik sedang terkubur di sana. Tanpa mengindahkan peringatan Ardeth, rombongan ekspedisi terus melakukan penggalian. Rombongan Amerika yang mengincar emas justru mendapatkan Kitab Orang Mati beserta guci penyimpanan organ dalam Anck-su-Namun. Sementara itu, Evelyn yang mengincar Kitab Amun-Ra justru menemukan sarkofagus yang menyimpan tubuh Imhotep. Pada malam hari, Evelyn mengambil Kitab Orang Mati dari tenda rombongan Amerika saat mereka tertidur. Ia membaca kitab tersebut dengan suara keras sehingga Imhotep bangkit kembali dan melukai salah satu anggota rombongan ekspedisi. Menyadari ancaman dari Imhotep, mereka pun kembali ke Kairo, namun Imhotep berhasil mengejar mereka. Untuk mencari informasi tentang Imhotep, mereka pergi menemui Dr. Terrence. Ardeth tiba di museum terlebih dahulu dan mengungkapkan bahwa Dr. Terrence sesungguhnya anggota kaum Medjay sebagaimana dirinya. Setelah Evelyn—yang berjumpa dengan Imhotep—mengaku bahwa Imhotep pernah memanggil dirinya dengan sebutan Anck-su-Namun, Ardeth dan Dr. Terrence menyadari bahwa Imhotep ingin menghidupkan Anck-su-Namun kembali, dengan nyawa Evelyn sebagai tumbalnya.

Evelyn berhipotesis bahwa bila Kitab Orang Mati dapat menghidupkan Imhotep, maka Kitab Amun-Ra dapat merenggut nyawa Imhotep. Setelah menyelidiki lokasi kitab tersebut, Evelyn dan rombongannya bergegas kembali ke Hamunaptra untuk mendapatkannya. Di tengah perjalanan, Evelyn diculik oleh Imhotep. Imhotep, Evelyn, dan Beni—yang bersekutu dengan Imhotep—tiba lebih dahulu di Hamunaptra, diikuti oleh Rick, Jonathan, dan Ardeth. Jonathan mencari Kitab Amun-Ra, Rick dan Ardeth menyelamatkan Evelyn, sementara Beni mengangkut harta karun di yang ada di sana. Setelah Evelyn berhasil dibebaskan, ia segera membaca Kitab Amun-Ra sehingga Imhotep kehilangan kekuatannya dan dapat dibunuh. Di tempat lain, Beni yang sedang mengangkut harta tidak sengaja memicu suatu mekanisme sehingga Hamunaptra berguncang. Rick, Jonathan, dan Evelyn segera menyelamatkan diri. Sementara itu, Beni terperangkap di ruang harta dan digerogoti oleh kumbang pemakan daging. Setelah Hamunaptra runtuh dan tenggelam ke dalam pasir, mereka pergi dengan memboyong harta yang ditinggalkan oleh Beni.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Brendan Fraser sebagai Rick O'Connell, seorang petualang yang pernah menjadi anggota Legiun Asing Perancis. Sang produser, James Jacks pernah menawarkan peran Rick O'Connell kepada Tom Cruise, Brad Pitt, Matt Damon, dan Ben Affleck namun para aktor tersebut tidak merasa tertarik atau tidak dapat menyanggupinya karena jadwal masing-masing.[2] Jacks dan Stephen Sommers, sang sutaradara, merasa terkesan dengan keuntungan yang diperoleh film George of the Jungle dengan Brendan Fraser sebagai pemeran utamanya;[2] Sommers juga berkomentar bahwa ia merasa Fraser cocok dengan karakter yang biasa dbawakan Errol Flynn yang ia bayangkan dengan sempurna.[3] Sang aktor memahami bahwa tokoh yang diperankannya "bersikap tidak terlalu serius, kalau tidak begitu maka para penonton tidak bisa berpetualang dalam cerita bersamanya".[4]
  • Rachel Weisz sebagai Evelyn "Evie" Carnahan, sosok egiptolog yang kikuk namun pintar. Evelyn melakukan ekspedisi ke Hamunaptra untuk menemukan sebuah buku kuno, untuk dibanggakan ke hadapan atasannya. Rachel Weisz bukanlah penggemar berat film horor, namun ia tidak memandang film (The Mummy) ini sebagai horor. Dalam suatu wawancara ia berkata, "Ini merupakan suatu hokum, dunia buku komik."[5]
  • John Hannah sebagai Jonathan Carnahan, kakak Evelyn yang canggung dan suka cengengesan, yang tujuan hidupnya adalah memperoleh kekayaan; ia ikut serta ke Hamunaptra setelah Evelyn memberitahunya bahwa kota tersebut dianggap sebagai tempat para firaun mengubur "Harta Benda Mesir." Jonathan juga merupakan seorang pencuri; ia mencuri kunci yang diperlukan untuk membuka Kitab Amun-Ra dari Rick saat di penjara, dan mencopet kunci yang sama dari Imhotep saat klimaks film tersebut.
  • Arnold Vosloo sebagai Imhotep sang Pendeta Agung, salah satu penasihat kepercayaan Firaun Seti I. Imhotep mengkhianati tuannya karena jatuh cinta kepada Anck-su-namun. Karena kejahatan yang dilakukannya, ia dikutuk dan mati perlahan-lahan dalam sebuah sarkofagus yang terpendam, namun dibangkitkan kembali 3000 tahun kemudian.
  • Kevin J. O'Connor sebagai Beni Gabor, mantan prajurit Legiun Asing Perancis, sebagaimana Rick. Beni terobsesi dengan kekayaan, namun sangat pengecut. Ia dipekerjakan sebagai pemandu jalan oleh grup pemburu harta dari Amerika, namun ia mengkhianati mereka saat dirinya terjebak di Hamunaptra dan bertemu dengan Imhotep. Imhotep bersedia memberikan kekayaan kepada Beni asalkan ia mau mengantar Imhotep mencari jejak para pemburu harta. Beni yang tergoda kekayaan pun menyanggupinya. Pada akhir film diceritakan bahwa Beni terperangkap di ruang harta Hamunaptra dan digerogoti oleh kumbang pemakan daging.
  • Oded Fehr sebagai Ardeth Bay, seorang anggota kaum Medjay, pelindung kota Hamunaptra. Ia mengawasi tindak-tanduk orang-orang yang berada Hamunaptra. Saat ekspedisi Evelyn dan pemburu harta dari Amerika melakukan ekskavasi di kota tersebut, Ardeth dan kaumnya melakukan pembakaran dan menyerang anggota ekspedisi. Ia mewanti-wanti mereka untuk tidak mengusik mumi terkutuk yang terpendam di sana. Pada akhirnya, Ardeth bersekutu dengan Rick dan Jonathan untuk mencari Kitab Amun-Ra untuk mengalahkan Imhotep.
  • Patricia Velásquez sebagai Ankh-sun-Namun, selir firaun Seti I. Ia berselingkuh dengan Imhotep, pendeta agung sang firaun.
  • Bernard Fox sebagai Kapten Winston Havlock, teman Rick semasa perang. Ia merupakan mantan pilot angkatan udara Inggris. Saat Evelyn diculik oleh Imhotep dan dibawa ke Hamunaptra, Rick segera menemui Kapten Winston agar menyediakan transportasi untuk ke Hamunaptra secepat mungkin. Kapten Winston tewas setelah pesawat yang dikemudikannya diterjang badai pasir yang diciptakan oleh Imhotep.
  • Erick Avari sebagai Dr. Terrence Bay, kurator museum tempat Evelyn bekerja, sekaligus seorang Medjay yang tidak diketahui oleh Evelyn.
  • Omid Djalili sebagai kepala sipir penjara tempat Rick ditahan. Ia bersedia membebaskan Rick setelah Evelyn bernegosiasi dengannya. Ia turut ke Hamunaptra demi kekayaan, sebagaimana Jonathan. Saat menjelajah Hamunaptra, ia tewas karena menabrakkan dirinya pada sebuah dinding batu.
  • Stephen Dunham, Corey Johnson, Tuc Watkins, dan Jonathan Hyde berperan sebagai grup pemburu harta dari Amerika.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Deming, Mark. "The Mummy". Allmovie. Rovi Corporation. Diakses December 8, 2012. 
  2. ^ a b Hobson, Louis B (May 1, 1999). "Universal rolls out new, improved Mummy". Calgary Sun. 
  3. ^ Staff (1999-05-14). "Show Me The Mummy (page 2)". Entertainment Weekly. Diakses 2008-04-01. 
  4. ^ Braund, Simon (July 1999). "Equally Cursed and Blessed". Empire. 
  5. ^ Jones, Alison (June 26, 1999). "Great Excavations". The Birmingham Post.