The Minami Family

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
The Minami Family
Sampul buku pertama Minami-ke
みなみけ
GenreKomedi, Slice of life
Manga
PengarangKoharu Sakuraba
PenerbitKodansha
MajalahYoung Magazine
DemografiSeinen
Terbit5 November 2004 – sekarang
Volume15 (Daftar volume)
Seri anime
SutradaraMasahiko Ohta
StudioDaume
Saluran
asli
TV Tokyo
Tayang 7 Oktober 2007 30 Desember 2007
Episode13 (Daftar episode)
Seri anime
Minami-ke: Okawari
SutradaraNaoto Hosoda
StudioAsread
Saluran
asli
TV Tokyo
Tayang 6 Januari 2008 30 Maret 2008
Episode13 (Daftar episode)
Seri anime
Minami-ke: Okaeri
SutradaraKei Oikawa
StudioAsread
Saluran
asli
TV Tokyo
Tayang 4 Januari 2009 29 Maret 2009
Episode13 (Daftar episode)
Video animasi orisinal
Minami-ke: Betsubara
SutradaraKei Oikawa
StudioAsread
Tayang23 Juni 2009
Video animasi orisinal
Minami-ke: Omatase
SutradaraKeiichiro Kawaguchi
StudioFeel
Tayang5 Oktober 2012
Seri anime
Minami-ke: Tadaima
SutradaraKeiichiro Kawaguchi
StudioFeel
Tayang 6 Januari 2013 30 Maret 2013
Episode13 (Daftar episode)
Video animasi orisinal
Minami-ke: Natsuyasumi
SutradaraKeiichiro Kawaguchi
StudioFeel
Tayang6 Agustus 2013
 Portal anime dan manga

Minami-ke (みなみけ; judul versi Indonesia: The Minami Family) adalah sebuah manga karya Sakuraba Coharu yang merupakan karya keduanya setelah Kyou no Go no Ni.[1] Diterbitkan di Jepang oleh Kodansha, manga ini juga telah diterbitkan di Indonesia oleh m&c sebanyak 4 jilid dan sepertinya masih terus berlanjut begitu pula di Jepang. The Minami Family juga diadaptasi ke dalam anime yang akan diudarakan sekitar Oktober 2007 oleh Starchild Records dan juga memiliki season keduanya yang berjudul Minamike "Okawari" atau MinamiKe "Nambah Lagi". Kemudian Minami-ke memiliki season ketiganya pada Januari 2009 nanti, yakni Minamike "Okaeri" atau Minamike "Aku Pulang".

Cerita[sunting | sunting sumber]

Manga ini berkisah tentang Keluarga Minami yang unik dan kehidupan sehari-hari keluarga Minami. Keluarga Minami terdiri atas 3 anak, yaitu Haruka, Kana, dan Chiaki. Haruka si anak sulung duduk di bangku kelas 2 SMA, Kana duduk di bangku kelas 2 SMP, sedangkan Chiaki anak bungsu duduk di bangku kelas 5 SD.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Keluarga Minami[sunting | sunting sumber]

Haruka Minami (南 春香, Minami Haruka)
Pengisi suara: Rina Satō

Haruka adalah anak tertua dan pelajar di kelas 2 SMA. Dia adalah orang yang mengurus adik-adiknya selama bertahun-tahun, yang menyebabkan beberapa kesalahpahaman dengan teman-teman sekelasnya. Haruka paling dapat diandalkan dari tiga bersaudara, namun menjadi pemalas ketika dia sendirian. Dia disebut Bancho (pemimpin geng) saat SMP, meskipun ia mengungkapkan itu hanya gelar. Dia adalah satu-satunya orang yang dianggap Chiaki sebagai panutan dan sangat dihormati. Hal ini dapat dilihat pada kecenderungannya untuk memanggil Haruka sebagai "nee-sama" bukannya panggilan yang lebih biasa dan kasual seperti "nee-san"; dan satu-satunya orang yang Chiaki menggunakan bahasa Jepang yang sopan (meskipun tidak ada adat untuk saudara kandung untuk menggunakan bahasa Jepang yang sopan terhadap satu sama lain). "Haruka" berisi kanji untuk "musim semi".

Kana Minami (南 夏奈, Minami Kana)
Pengisi suara: Marina Inoue

Kana adalah anak kedua dan pelajar di kelas 2 SMP. Dia adalah seorang gadis impulsif dan tidak pernah berpikir sebelum bertindak. Dia adalah seorang juru masak yang mengerikan, seorang yang tidur berlebihan kronis, dan terobsesi memperlakukan Chiaki sebagai seorang kakak menggemaskan. Dia sering bertindak atau berbicara tidak sopan tanpa berpikir yang membuat jengkel Chiaki. Dia telah ditipu oleh Chiaki dengan berpikir bahwa Fujioka memiliki dendam terhadap dirinya bukan tertarik padanya. Dia umumnya tidak mendapatkan nilai bagus di sekolah, meskipun ia berpikir bahwa jika dia memakai kacamata Keiko dia akan bertindak dan berbicara dengan cerdas. Dia sering menciptakan liburan baru dan juga mengajak teman sekelas Chiaki ikut bergabung dengan petualangan konyolnya. "Kana" berisi kanji untuk "musim panas".

Chiaki Minami (南 千秋, Minami Chiaki)
Pengisi suara: Minori Chihara

Chiaki adalah anak termuda dan pelajar di kelas 5 SD. Dia berada kelas 5-2 (referensi ke Kyō no Go no Ni). Kecerdasannya yang tinggi sering membuat dia menganalisis berlebihan situasi sederhana. Dia sangat sinis dan cenderung mengabaikan perilaku konyol yang ditampilkan Kana dan Makoto. Dia menghormati dan memuja Haruka, sementara dengan Kana, dia sering bertengkar untuk mengalahkan kebodohannya. Meskipun menjadi yang termuda, dia adalah orang paling kejam dari keluarga Minami; hampir sepanjang waktu, dia tenang selama kegiatan kelompok, dan hampir selalu menggunakan kata "bakayarō" (yang berarti 'tolol' atau 'kau bodoh' dalam bahasa Jepang), yang merupakan bentuk yang lebih kuat untuk "idiot" dalam bahasa Jepang ("baka "menjadi istilah yang kurang kuat). Chiaki sepertinya tahu bahwa Fujioka benar-benar jatuh cinta dengan Kana. Setelah berbicara dengan Haruka, Chiaki menghubung-hubungkan Fujioka sebagai figur ayah dan sering menempatkan dirinya dipangkuan Fujioka untuk mencari kasih sayang seorang ayah. Dia tampaknya menyukai Fuyuki, dan tampak merindukannya setelah pindah. "Chiaki" berisi kanji untuk "musim gugur".

Keluarga Minami lainnya[sunting | sunting sumber]

Tōma Minami (南 冬馬, Minami Tōma)
Pengisi suara: Nana Mizuki

Toma adalah cewek tomboi di kelas 5-1 yang, walaupun memiliki nama yang sama, tidak berhubungan dengan kakak beradik Minami. Namun, Chiaki mengadopsi dia sebagai adik karena nama yang sama. Dia memiliki tiga kakak laki-laki yang tidak tahu apa-apa tentang dia. Perilaku tomboinya dapat dikatakan dipengaruhi oleh saudara-saudaranya. Cara dia bertindak dan berpakaian menbuat Fujioka benar-benar percaya bahwa dia adalah anak laki-laki. "Toma" berisi kanji untuk "musim dingin"; Chiaki menyatakan bahwa Toma lebih muda darinya karena "musim dingin mengikuti musim gugur". Dia sangat pandai menjahit; dia mampu membuat boneka beruang mirip dengan yang dimiliki oleh Chiaki.

Haruo Minami (南 ハルオ, Minami Haruo)
Pengisi suara: Shinji Kawada

Dia adalah anak tertua dari keluarga Minami lainnya. Tidak jelas apakah ia masih di SMA. Meskipun sikapnya tenang, dia tampak seolah-olah menyangkal tentang efek samping gaya hidup saudara laki-laki terhadap adik perempuannya. "Haru" mungkin mengacu pada "musim semi." Meskipun yang tertua, kekuatan fisik Haruo lemah, dibandingkan dengan Natsuki, yang membuatnya menjauh beberapa meter hanya dengan tepukan di bahu.

Natsuki Minami (南 ナツキ, Minami Natsuki)
Pengisi suara: Hiroyuki Yoshino

Anak kedua dari keluarga Minami lainnya, dan pelajar kelas 1 SMA. Dia dulu anak yang nakal, namun menjadi tenang setelah Hosaka merekrutnya ke klub voli. Dia dipukul oleh Haruka saat pertama kali mereka bertemu dikarenakan kesalahpahaman, dia menyentuh dadanya (di manga, dia tidak sengaja memeluk sebagai gantinya). Meskipun demikian, dia tidak menunjukkan sakit ke Haruka dan sebaliknya dia menunjukkan tanda-tanda malu dan perhatian tidak langsung ke Haruka, ini terlihat jelas ketika anak tertua laki-laki Minami berbicara tentang memiliki pacar dan Natsuki yang mengingat kejadian dengan Haruka langsung mimisan. "Natsu" mungkin mengacu pada "musim panas."

Akira Minami (南 アキラ, Minami Akira)
Pengisi suara: Tatsuya Hayama

Anak ketiga dari keluarga Minami lainnya, dan pelajar kelas 1 SMP. Mungkin karena kesenjangan usia mereka, ia diperlakukan sebagai anak dalam keluarga Minami lainnya dan sering diberitahu untuk tidak mengganggu ketika dua kakaknya berbicara. Dia suka gadis berambut panjang, terutama Riko, yang berada di kelas yang sama dengan Kana. Fujioka tidak menyukai dia karena menganggap bahwa Akira dekat dengan Kana. "Aki" dalam nama-Nya mungkin mengacu pada "musim gugur."

Pelajar SMA[sunting | sunting sumber]

Maki (マキ)
Pengisi suara: Reiko Takagi

Teman sekelas Haruka dan sedikit tolol. Dia adalah anggota klub voli. Dia mencoba untuk melindungi Haruka dari Hosaka (yang menjadi lelucon berjalan) dan selalu berakhir dengan dia berkomentar bahwa Hosaka menjijikkan (気 持 ち 悪 い kimochiwarui?).

Atsuko (アツコ)
Pengisi suara: Ryoko Ono

Teman sekelas Haruka itu. Dia adalah anggota klub voli. Seorang gadis yang sangat tenang, sangat mirip dalam karakter dengan Keiko.

Hosaka (保坂)
Pengisi suara: Daisuke Ono

Pelajar kelas 3, dan kapten klub voli. Dia sangat mengagumi Haruka dan ingin dia menjadi manajer klub voli, dan pacarnya. Dia memiliki kecenderungan untuk bertindak dingin, melepas baju dan berfantasi di depan orang, sampai ke titik yang dianggap narsis, menyebabkan orang-orang yang mengenalnya untuk melabeli dia sebagai orang aneh, terutama Maki yang berpikir dia "menjijikkan" . Dia juga terampil di memasak dan orang yang perfeksionis dalam hal itu.

Hayami (速水)
Pengisi suara: Saeko Chiba

Pelajar kelas 3. Dia adalah anggota klub voli (sering bertindak seperti pemimpin tim mereka) serta teman Hosaka. Dia cerdik, nakal dan sering memikirkan rencana yang agak licik (biasanya melibatkan Haruka dan Hosaka). Dia pandai memanipulasi Hosaka. Dia memiliki ekspresi tersenyum khas dan mencintai alkohol yang dia sebut "jus berkualitas tinggi". Kana adalah satu-satunya orang yang cukup cerdas untuk tidak meminum "jus" itu, sambil tetap membuat orang lain mabuk.

Pelajar SMP[sunting | sunting sumber]

Fujioka (藤岡)
Pengisi suara: Tetsuya Kakihara

Teman sekelas Kana yang menyukai Kana. Walaupun cintanya bertepuk sebelah tangan, tapi ia akan terus menyukai Kana. Bisa dibilang Fujioka adalah orang yang populer karena ia mendapatkan banyak coklat ketika hari Valentine.

Keiko (ケイコ)
Pengisi suara: Saori Goto

Sahabat Kana. Langganan nilai bagus. Memakai kacamata. Ia selalu termakan ucapan tak mutu dari Kana.

Miyuki (ミユキ)
Pengisi suara: Yoshino Nanjō

Ia merupakan teman sekelas Kana, sifat nya terkadang agak sedikit kikuk dengan tinggi badan yang sepantaran dengan Chiaki.

Pelajar SD[sunting | sunting sumber]

Makoto (マコト)
Pengisi suara: Rika Morinaga

Teman sekelas Chiaki. Sama dengan Kana, ia dianggap bodoh oleh Chiaki. Karena ia merasa kurang dianggap oleh Chiaki, maka dari itu Kana mengubahnya menjadi cewek bernama Mako yang disebut sebagai adik kelas Kana.

Yuka Uchida (内田 ユカ, Uchida Yuka)
Pengisi suara: Eri Kitamura

Sahabat Chiaki. Membantu Makoto menjadi cewek bersama dengan Kana.

Musik[sunting | sunting sumber]

Opening dari anime ini berjudul Keikenchi Joushouchuu yang dinyanyikan oleh Rina Satou, Marina Inoue, dan Minori Chihara yang menjadi ketiga seiyuu karakter utama ini. Mereka juga membawakan ending anime ini yang berjudul Colorful Days. Dan pada Season kedua serial Minami-ke ini yang berjudul "Minami-ke Okawari" (Minami-ke Nambah Lagi) memiliki Opening yang juga dinyanyikan oleh ketiga seiyuu Rina Satou, Marina Inoue, dan Chihara Minori. Judul Openingnya adalah "Kokoro no Tsubasa" dan Endingnya "Sono Koe ga Kiki Takute".

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Minami-ke". Newtype USA. 6 (12): 15. December 2007. ISSN 1541-4817. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]