The Melancholy of Haruhi Suzumiya

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
The Melancholy of Haruhi Suzumiya

The Melancholy of Haruhi Suzumiya (涼宮ハルヒの憂鬱 Suzumiya Haruhi no Yūutsu?) adalah seri pertama dari sembilan seri novel Haruhi Suzumiya yang ditulis oleh Nagaru Tanigawa dan diilustrasikan oleh Noizi Ito.

Cerita Haruhi Suzumiya pertama kali diterbitkan oleh Kadokawa Shoten pada tanggal 6 Juni 2003 dalam sebuah majalah seinen, The Sneaker. Cerita ini lalu diaptasi dalam bentuk manga (2005), anime (2006), dan terakhir serial drama audio (2006).

Versi anime dari cerita ini diproduksi oleh Kyoto Animation dan menitikberatkan pada plot seri pertama dari novel walaupun mengambil banyak referensi dari seri-seri lainnya dan juga satu cerita orijinal yang dibuat oleh sang pengarang sendiri untuk versi anime. Anime ini disutradarai oleh Tatsuya Ishihara yang juga berjasa dalam pembuatan anime AIR, Inu Yasha, dan Full Metal Panic? Fumoffu. Seluruh serialnya yang mulai ditayangkan di Jepang pada tanggal 2 April 2006 berjumlah 14 episode dan patut diperhatikan bahwa episode-episode itu tidak ditayangkan sesuai dengan urutan kronologisnya.

Isi Cerita[sunting | sunting sumber]

The Melancholy of Haruhi Suzumiya bercerita tentang kehidupan sehari-hari seorang siswi sekolah menengah atas yang tidak biasa bernama Haruhi Suzumiya dan "teman-temannya" yang terlibat dalam berbagai hal yang dia lakukan.

Cerita ini seluruhnya dinaratori dan dilihat dari sudut pandang Kyon, seorang teman sekelas Haruhi yang telah meninggalkan segala angan-angannya untuk menjumpai orang-orang bukan manusia biasa seperti alien, penjelajah waktu, esper, dan slider (“penjelajah dimensi”) dan menjalani hidup yang biasa saja. Namun, segalanya berubah ketika dia mencoba bicara pada Haruhi Suzumiya karena dia tak sengaja memberi Haruhi ide untuk membuat sebuah grup bernama SOS Dan. (Dan=Brigade) yang menurut Haruhi bertujuan untuk mencari hal-hal misterius dan tidak biasa di dunia ini.

Haruhi kemudian memaksa Kyon menjadi anggota grup barunya, begitu pula dengan 4 siswa lain yang tidak dikenal Kyon sebelumnya. Kemudian seiring berjalannya waktu, Kyon menyadari bahwa banyak hal yang disangkanya tidak pernah ada, ternyata benar-benar eksis di dunia ini.

Satu per satu anggota SOS Dan memperkenalkan diri kepada Kyon sebagai agen dari beberapa organisasi bukan manusia biasa yang memiliki tujuan yang berbeda-beda, tapi tujuan utama mereka dikirim ke SMA Kyon adalah untuk mengamati Haruhi. Kyon semakin dibingungkan oleh penjelasan-penjelasan panjang mereka di mana dia dapat menyimpulkan dua hal: bahwa alien dan sejenisnya benar-benar ada di dunia ini dan bahwa Haruhi lebih istimewa lagi daripada mereka semua karena mempunyai kekuatan untuk mengendalikan lingkungan di sekitarnya sesuai keinginannya tanpa ia sadari.

Haruhi mempunyai kekuatan seperti kemampuan seorang Tuhan yang hanya bisa dibatasi oleh akal sehatnya sendiri, yaitu mengubah, menghilangkan, dan bahkan menghapuskan dunia dan menciptakan dunia baru jika dia merasa terlalu bosan dengan keadaannya saat ini. Karena itulah, seluruh anggota SOS Dan-nya berusaha mati-matian agar Haruhi tidak menghancurkan dunia mereka, tapi tetap saja ada begitu banyak masalah yang harus mereka hadapi dan tidak sedikit masalah yang berakhir dengan tidak diduga-duga. Anime 66.jpg

Karakter[sunting | sunting sumber]

Bagian ini hanya memaparkan karakter yang muncul di versi anime-nya saja.
  • Haruhi Suzumiya (涼宮 ハルヒ Suzumiya Haruhi?)
Haruhi Suzumiya
  • Disuarakan oleh: Aya Hirano (Jepang), Wendee Lee (Inggris)

Siswi kelas satu SMA yang terkenal di sekolahnya sebagai anak yang eksentrik, meledak-ledak, tidak suka bergaul, dan suka seenaknya sendiri, tapi atletis, cantik, sangat berbakat dalam berbagai hal, serta sesungguhnya menarik dan rendah hati. Pribadi asli Haruhi selalu tertutup oleh sikapnya yang tidak tertarik pada segala hal yang biasa saja sehingga kehidupan sosialnya berbeda dari kebanyakan teman-teman sekelasnya.

Jauh sebelum bertemu dengan Kyon dan mendirikan SOS Dan, Haruhi telah dikenal oleh teman-teman SMP-nya sebagai anak yang eksentrik dan pemurung, tapi siapa sangka karena satu ulahnya yang mengejutkan seluruh sekolah pada tahun pertamanya di SMP, dia menjadi sasaran perhatian tiga kelompok bukan manusia biasa: kesatuan alien data, sebuah peradaban manusia masa depan dengan teknologi penjelajahan waktu yang canggih, dan sekelompok "esper" yang katanya telah memperoleh kekuatan istimewa dari Haruhi.

Haruhi dijelaskan sebagai orang pertama dan satu-satunya yang bisa mengendalikan apa pun di sekitarnya bahkan tanpa ia sadari sehingga dideskripsikan oleh Itsuki sebagai seseorang dengan kekuatan bagaikan Tuhan. Dengan demikian, dia dengan mudahnya mampu menghancurkan dan menciptakan dunia dan seisinya seperti apa pun juga kapanpun dia inginkan. Tidak ada yang mengetahui apa yang sebenarnya akan terjadi jika dia sadar akan kekuatannya itu, tapi telah disepakati bahwa hasilnya "tidak bisa dibilang baik". Bagaimana dan mengapa Haruhi bisa memperoleh kekuatan itu masih menjadi misteri.

Diketahui pula bahwa saat suasana hati Haruhi memburuk, akan muncul sebuah dimensi lain yang biasa disebut “Sealed Reality/Closed Space” oleh para esper. Tugas esper di sana adalah mengalahkan makhluk raksasa penghancur yang disebut “Shinjin” sebelum mereka semakin merajalela di dalam dimensi itu dan lambat laun, menutupi dunia nyata. “Shinjin” dianggap sebagai suatu perwujudan dari perasaan kesal atau stres Haruhi untuk melampiaskan kekesalannya itu..

Karena Haruhi umumnya hanya tertarik pada alien dan semacamnya, banyak temannya menghindarinya meskipun dia cukup populer di kalangan cowok di SMP-nya. Namun, Haruhi membenci semua laki-laki yang pernah mengajaknya berkencan karena menurutnya mereka sangat membosankan dan manusia biasa saja. Meskipun dia jelas-jelas mengatakan bahwa dia tidak ingin menjalin hubungan serius dengan siapa pun, dia tampak tertarik dengan Kyon, cemburu jika melihat Kyon dekat dengan perempuan selain dirinya, dan bahkan mau mendengarkan beberapa saran Kyon, tidak seperti yang biasa ia lakukan pada orang-orang lain.

  • Kyon (キョン?)
    Kyon
    Disuarakan oleh: Tomokazu Sugita (Jepang), Crispin Freeman (Inggris)

Dalam seri anime, novel, maupun manga, Kyon adalah narator dan sudut pandang utama cerita meskipun tokoh utamanya adalah Haruhi. Dia suka mengkritik dan memberi komentar pedas dalam naratornya yang kadang-kadang diselingi humor bergaya khasnya sendiri. Sebutan “Kyon” sebenarnya hanyalah sebuah nama panggilan saja dan nama aslinya tidak pernah diketahui.

Meskipun dia sendiri ingin bertemu dengan makhluk dunia lain layaknya alien, dia seringkali tidak bisa menerima kelakuan Haruhi dalam usahanya mencari makhluk-makhluk seperti itu. Walaupun demikian, dia selalu melakukan apa yang Haruhi inginkan meskipun seringkali diiringi omelan panjang.

Di antara anggota SOS Dan yang lainnya, hanya Kyon seorang yang manusia biasa. Namun, peranannya terhadap Haruhi cukup besar sehingga ketiga kelompok yang mengawasi Haruhi pun menyadarinya. Menurut Itsuki, Kyon telah berjasa mengurangi frekuensi kemuculan “Sealed Reality” sejak SOS Dan didirikan. Selain itu, banyak yang ingin mengetahui mengapa Haruhi mau merekrut Kyon padahal dia hanya seorang manusia biasa.

  • Yuki Nagato (長門 有希 Nagato Yuki?)
    Yuki Nagato
    Disuarakan oleh: Minori Chihara (Jepang), Michelle Ruff (Inggris)

Yuki sebenarnya adalah satu-satunya anggota Klub Literatur yang ruangannya diambil alih oleh Haruhi untuk dijadikan markas SOS Dan. Namun, tampaknya ia sama sekali tidak berkeberatan ketika Haruhi mengambil ruangan klubnya dan memasukkannya dalam daftar anggota SOS Dan secara sepihak.

Ia sangat jarang bicara dan lebih suka diam membaca buku di mana pun ia berada. Selain membaca, Yuki juga menyukai memainkan komputer sebagai semacam hobi sejak Haruhi memperkenalkan komputer kepadanya setelah ditantang oleh Klub Komputer bertanding menggunakan game buatan mereka, walaupun dia tidak pernah menghabiskan waktu untuk komputer sebanyak membaca.

Yuki bukanlah manusia biasa, tapi seorang manusia buatan yang diciptakan oleh suatu bentuk data kehidupan dari luar angkasa yang disebut Integrated Data Entity (versi Wikipedia Inggris)/ Information Integration Thought Body (versi terjemahan dalam sebuah wallpaper resmi anime)/ Integrated Data Thought Entity (versi fansub anime)/ Integrated Data Sentient Entity (versi novel terjemahan fan).[1] sehingga secara teknis, dia adalah alien. Dia dikirim untuk menginvestigasi penyebab dari ledakan data tiga tahun silam yang sesungguhnya disebabkan oleh Haruhi. Sebagai manusia buatan dia memiliki lebih banyak kelebihan daripada manusia biasa dan kemampuan memanipulasi data yang banyak digunakannya untuk membantu menyelesaikan berbagai masalah.

Oleh tuannya (atau penciptanya yaitu Integrated Data Entity, walaupun tidak pernah sekalipun dijelaskan identitasnya) Yuki ditugaskan untuk mengamati Haruhi dan menjaganya agar tetap stabil untuk obyek observasi lanjutan bagi Integrated Data Entity. Namun kadang-kadang, dia mengambil tindakan tertentu berdasarkan keputusannya sendiri dengan tujuan menghilangkan sebagian kebosanan Haruhi.

Berbeda dengan Ryoko Asakura, Yuki sulit berinteraksi dengan manusia sehingga dia lebih suka menuruti saran Haruhi dan Mikuru saja untuk beberapa hal seperti etika dan kebiasaan hidup yang tidak terlalu ia pahami. Di bagian awal cerita, Yuki selalu terlihat memakai kacamata, tapi setelah pertempurannya dengan Asakura dia tidak memakainya lagi.

  • Mikuru Asahina (朝比奈 みくる Asahina Mikuru?)
    Mikuru Asahina
    Disuarakan oleh: Yuko Goto (Jepang), Stephanie Sheh (Inggris)

Mikuru adalah kakak kelas Haruhi dan Kyon dan anggota tertua SOS Dan, meskipun sifatnya yang polos dan kekanakan serta wajahnya yang imut seringkali membuatnya tampak seperti anggota paling muda. Mikuru direkrut hanya karena alasan tunggal Haruhi bahwa SOS Dan membutuhkan seorang maskot untuk menarik perhatian banyak orang dan sejak saat itu dia selalu menjadi bulan-bulanan Haruhi dalam berbagai kegiatan SOS Dan.

Mikuru sebenarnya adalah seorang penjelajah waktu dari masa depan yang dikirim untuk menyelidiki tentang penyebab “gempa waktu” yang timbul tiga tahun lalu sehingga memboklir penjelajahan waktu ke masa lalu melebihi titik tersebut. Problem ini disebabkan oleh Haruhi sehingga Mikuru pun ditugaskan untuk mengawasinya, seperti Yuki dan Itsuki.


Mikuru yang lebih tua dari masa depan yang lebih jauh pernah mengunjungi Kyon dan memberinya pesan mengenai bahaya yang akan menimpanya bersama Haruhi. Kedatangan Mikuru dewasa ini untuk pertama kalinya membuktikan pengakuan Mikuru bahwa ia adalah seorang penjelajah waktu. Tampaknya Mikuru yang ini mengetahui tentang masalah Haruhi lebih dari siapapun juga.

  • Itsuki Koizumi (古泉 一樹 Koizumi Itsuki?)
    Itsuki Koizumi
    Disuarakan oleh: Daisuke Ono (Jepang), Johnny Young Bosch (Inggris)

Itsuki adalah anggota terakhir yang direkrut oleh Haruhi, hanya karena dia dianggap oleh Haruhi sebagai seorang “murid pindahan misterius”. Dia nyaris selalu tampak tersenyum ceria dan bicara dengan sopan kepada siapapun juga.

Itsuki adalah salah satu anggota dari sebuah kelompok misterius yang biasa disebutnya “Organisasi”. Kelompok ini terdiri dari para esper dengan kekuatan spesial semacam ESP dan informasi spesial mengenai Haruhi sejak tiga tahun yang lalu. Sejak dianugerahi kekuatan itu oleh Haruhi (tanpa disadari oleh Haruhi sendiri tentunya), mereka selalu melindungi umat manusia dengan memerangi raksasa yang disebut Shinjin (“seseorang seperti dewa”) (“Avatar/Celestials”) di dalam “Sealed Reality” yang muncul setiap kali suasana hati Haruhi menjadi tidak stabil (marah, sedih, dan emosi-emosi negatif lainnya). Jika "Shinjin" dibiarkan terus merajalela di dalam Sealed Reality, maka lama kelamaan Sealed Reality akan meluas dan akhirnya menggantikan dunia nyata sekarang.

Itsuki seringkali menyebalkan Kyon, apalagi Itsukilah yang pertama kalinya di antara anggota Klub SOS lainnya yang mencetuskan ide bahwa Kyon mencintai Haruhi dan di antara mereka berdua terdapat ikatan nasib dan kepercayaan yang tegas satu sama lainya. Itsuki juga seringkali memberi berbagai penjelasan panjang kepada Kyon yang seringkali disisipi teori-teori psikologis dan filosofis tertentu.

Teman-teman Sekolah[sunting | sunting sumber]

  • Ryōko Asakura (朝倉 涼子 Asakura Ryōko?)
    Disuarakan oleh: Natsuko Kuwatani (Jepang), Bridget Hoffman (Inggris)

Ryoko Asakura adalah manusia buatan lainnya yang bekerja sebagai bawahan Yuki Nagato. Pada awalnya dia tampak seperti anak yang cantik, ceria, dan baik hati, tapi kemudian karena keputusasaannya untuk menimbulkan reaksi Haruhi, dia berusaha membunuh Kyon dengan bantuan manipulasi data, tapi dapat digagalkan setelah pertarungan sengit dengan Yuki. Yuki kemudian menghapus keberadaannya dari dunia fisik.

  • Tsuruya (鶴屋?)
    Disuarakan oleh: Yuki Matsuoka (Jepang), Kari Wahlgren (Inggris)

Tsuruya adalah sahabat Mikuru dari waktu yang sekarang dan sangat tertarik pada segala kegiatan SOS Dan. Dia bisa akrab dengan Haruhi, mungkin karena keduanya hampir sama hiperaktifnya.

  • Taniguchi (谷口?)
    Disuarakan oleh: Minoru Shiraishi

Taniguchi adalah teman sekelas Kyon yang akrab dengannya dan sangat suka memburu cewek. Dulunya dia adalah teman Haruhi semasa SMP dan Kyon banyak mengetahui tentang masa lalu Haruhi darinya.

  • Kunikida (国木田?)
    Disuarakan oleh: Megumi Matsumoto

Kunikida adalah teman sekelas Kyon yang akrab dengannya dan Taniguchi. Dia lebih tenang daripada Taniguchi dan tidak segencar dia dalam mencari cewek. Dia satu SMP dengan Kyon sehingga sudah mengetahui beberapa hal mengenai Kyon, seperti bahwa "Kyon menyukai perempuan yang aneh".

  • Ketua Klub Komputer (コンピュータ研究会部長 Konpyūta Kenkyūkai Buchō?)
    Disuarakan oleh: Nobuyuki Kobushi

Ketua dari Klub Komputer yang ruangannya berada tepat di sebelah markas SOS Dan ini pernah mengalami hal yang tidak menyenangkan dan kehilangan sebuah komputernya akibat keegoisan Haruhi, yang menyulut semangatnya menantang Haruhi dkk dalam episode “Day of Sagittarius”. Dalam episode “Mysterique Sign”, Ketua Klub Komputer pernah sekali terjebak dalam dimensi lain akibat ulah Haruhi secara tidak langsung, yang kemudian diselamatkan oleh Klub SOS tanpa sepengetahuan Haruhi selagi menginvestigasi hilangnya Ketua Klub itu atas pemohonan Emiri Kimidori, yang mengaku sebagai pacarnya.

  • Emiri Kimidori (喜緑 江美里 Kimidori Emiri?)
    Disuarakan oleh: Yuri Shiratori

Emiri Kimidori adalah seorang manusia buatan seperti Yuki dan Ryoko. Pengakuannya sebagai pacar Ketua Klub Komputer kemungkinan atas suruhan Yuki, karena Ketua Klub Komputer mengaku tidak memiliki pacar dan mungkin Yuki melakukannya untuk menghilangkan kebosanan Haruhi ketika Ketua Klub Komputer menghilang.

ENOZ[sunting | sunting sumber]

ENOZ adalah sebuah band yang seluruh personelnya terdiri dari empat siswi kakak kelas Haruhi dan Kyon. Nama ENOZ diambil dari huruf pertama nama belakang masing-masing personel (Enomoto, Nakanishi, Okajima, Zaizen). Band ini pernah tampil sekali dalam anime hanya dengan dua personel karena personel lainnya mengalami masalah yang mengakibatkan mereka tidak bisa tampil di panggung sehingga digantikan oleh Haruhi dan Yuki (episode "Live Alive").

Dalam episode di mana mereka tampil, mereka hanya membawakan dua buah lagu buatan ENOZ sendiri: "God Knows..." dan "Lost my Music". Keunikan ENOZ adalah bahwa mereka hanya muncul dalam anime saja dan tidak pernah disebutkan di dalam novel. "ENOZ" dalam novel juga seluruhnya terdiri dari anak perempuan, hanya saja personelnya hanya tiga orang. Anggota ENOZ dalam anime terdiri dari:

  • Vokalis - Miyuki Enomoto (榎本 美夕紀 Enomoto Miyuki?) Disuarakan oleh: Ryoko Nagata
  • Gitar - Takako Nakanishi (中西 貴子 Nakanishi Takako?) Disuarakan oleh: Sara Nakayama
  • Drum - Mizuki Okajima (岡島 瑞樹 Okajima Mizuki?) Disuarakan oleh: Mai Kadowaki
  • Bass - Mai Zaizen (財前 舞 Zaizen Mai?) Disuarakan oleh: Mina Hiroe

Karakter Lainnya[sunting | sunting sumber]

  • Adik Perempuan Kyon (キョンの妹 Kyon no imōto?)
    Disuarakan oleh: Sayaka Aoki

Adik dari Kyon yang periang dan bisa berbaur dengan baik, terutama dengan Mikuru, dengan anggota-anggota SOS Dan selain kakaknya.

  • Keiichi Tamaru (多丸 圭一 Tamaru Kei'ichi?)
    Disuarakan oleh: Kazuhiko Inoue

Keiichi Tamaru adalah salah seorang anggota “Organisasi” Itsuki. Dia pernah menerima Klub SOS ke vilanya di atas sebuah pulau kecil di laut untuk menghilangkan kebosanan Haruhi.

  • Yutaka Tamaru (多丸 裕 Tamaru Yutaka?)
    Disuarakan oleh: Toshiyuki Mirakawa

Yutaka Tamaru adalah adik Keiichi yang juga merupakan anggota “Organisasi”. Dia ikut serta ke vila Keiichi bersamaan dengan Haruhi dkk.

  • Sonou Mori (森 園生 Mori Sonou?)
    Disuarakan oleh: Akane Omae

Sonou Mori adalah salah seorang anggota “Organisasi” yang pernah berperan sebagai pelayan di vila Keiichi.

  • Arakawa (新川?)
    Disuarakan oleh: Akio Ohtsuka

Arakawa adalah salah seorang anggota “Organisasi” yang pernah berperan sebagai "butler" atau kepala pelayan di vila Keiichi.

  • Okabe (岡部?)
    Disuarakan oleh: Eiji Yanagisawa

Okabe adalah wali kelas Kyon, Haruhi, Ryoko, Taniguchi, dan Kunikida.

  • Shamisen (シャミセン?)
    Disuarakan oleh: Kenichi Ogata (Jepang), Michael McConnohie (Inggris)

Shamisen adalah kucing yang dipelihara oleh Kyon dan adiknya. Adik Kyon sangat senang bermain bersamanya dan memberinya nama panggilan "Shami".

Mengenai SOS Dan[sunting | sunting sumber]

Logo SOS Dan yang dibuat oleh Haruhi terbaca "SOZ-Dan" (kiri). Versi akhir logo SOS Dan setelah diubah oleh Nagato terbaca "ZOS-Dan" (kanan).

SOS Dan (SOS団 (エス・オー・エスだん) Esuōesu dan?) adalah sebuah klub yang didirikan oleh Haruhi setelah dia duduk di bangku SMA karena terinspirasi oleh Kyon. Nama klub ini adalah singkatan dari"Sekai wo Ooini Moriagerutame no Suzumiya Haruhi no Dan" (界をいに盛り上げるための宮ハルヒの?), yang berarti "Spreading Excitement All Over the World with Haruhi Suzumiya Brigade"(versi adaptasi resmi animenya di Amerika Utara).

Tujuan klub ini menurut Haruhi adalah “Untuk menemukan alien, esper, penjelajah waktu, dan slider serta bermain dengan mereka!”. Meskipun demikian, di balik layar tugas utama klub ini sebenarnya adalah mengawasi dan menyertai Haruhi untuk menghilangkan kebosanannya.

Dalam episode/bab “Mysterique Sign” Haruhi merancang sebuah emblem SOS Dan untuk ditaruh dalam website mereka. Namun, pembuatan emblem ini mengakibatkan masalah yang tak terduga dan kebetulan menimpa Ketua Klub Komputer. Untuk mencegah terulangnya kejadian itu, Nagato mengubah lambang yang dibuat oleh Haruhi sehingga terbaca seperti “ZOZ Dan”.



Setting[sunting | sunting sumber]

Anime dan novel The Melancholy of Haruhi Suzumiya mengambil setting di sebuah kota bernama Nishinomiya di Prefektur Hyogo. Daerah dalam anime dan novelnya berfokus di daerah sekitar Universitas Kwansei Gakuin di mana Nagaru Tanigawa kuliah dengan nama beberapa tempat dalam anime ini diubah dari aslinya.

Lagu Tema[sunting | sunting sumber]

Lagu pembukaan seluruh episode anime ini berjudul "It's an Adventure, Right, Right?" (冒険でしょでしょ? Bōuken Deshou Deshou?!?) yang dinyanyikan oleh pengisi suara Haruhi Suzumiya, Aya Hirano, dengan perkecualian episode pertama berjudul"Mikuru's Legend of Love" (恋のミクル伝説 Koi no Mikuru Densetsu?) yang dinyanyikan oleh pengisi suara Mikuru Asahina, Yuuko Gotou.

Sementara itu, lagu penutup anime ini adalah "Sunny Sunny Fun" (ハレ晴レユカイ Hare Hare Yukai?) (episode 1-13) yang dinyanyikan oleh Aya Hirano, Minori Chihara, dan Yuko Goto. Nyanyian ini diiringi tarian unik yang ditarikan oleh semua anggota SOS Dan yang membuat video penutup dari anime ini sangat digemari dan tariannya banyak ditirukan oleh para penggemarnya. Untuk episode terakhir, digunakan lagu penutup "Bōuken Deshou Deshou?!" versi asli yang lebih panjang.

Haruhi-isme[sunting | sunting sumber]

Logo Haruhiisme.

Ideologi Haruhiism (ハルヒ主義 Haruhi shugi?) atau Haruhi-isme pertama kali dicetuskan oleh versi anime dari The Melancholy of Haruhi Suzumiya dan segera menyebar cepat di kalangan komunitas otaku sebagai sebuah “paham” baru atau bahkan sebuah “agama”.[butuh rujukan] Dalam paham ini, Haruhi adalah penguasa dunia atau “Tuhan”. Haruhi-isme juga berarti kelompok yang terdiri dari para penggemar anime ini, yang biasa menyebut diri mereka “Haruhiist”.

Tingginya popularitas yang diraih anime ini di Jepang dan juga negara-negara lain[butuh rujukan] membuat Bandai Entertainment melisensinya di Amerika Serikat dan mempromosikannya melalui website asosbrigade.com. Website ini seringkali berisi pesan-pesan misterius yang menandakan apa yang akan dilakukan Bandai selanjutnya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The Melancholy of Haruhi Suzumiya Novel Translation chapter 3". Baka-Tsuki Translation Project Wiki. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]