The Mark, Tom and Travis Show (The Enema Strikes Back!)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
The Mark, Tom and Travis Show (The Enema Strikes Back!)
Album live oleh Blink-182
Dirilis 7 November 2000
Direkam 4 November 1999
The Bill Graham Civic Auditorium
(San Francisco, CA)
5 November 1999
Universal Amphitheatre
(Universal City, CA)
Genre Pop punk
Durasi 61:52
Label MCA
Produser Jerry Finn
Kronologi Blink-182
Enema of The State
(1999)
The Mark, Tom and Travis Show (The Enema Strikes Back!)
(2000)
Take Off Your Pants and Jacket
(2001)
Singel dari album The Mark, Tom and Travis Show (The Enema Strikes Back!)
  1. "Man Overboard"
    Dirilis: 29 Okober 2000
  2. "Dumpweed"
    Dirilis: 2000


The Mark, Tom and Travis Show (The Enema Strikes Back!) adalah album live pertama dan satu-satunya dari band pop punk Amerika Blink-182. diproduseri oleh Jerry Finn, album ini resmi dirilis pada tanggal 7 November 2000 melalui MCA Records. Album ini berisi lagu-lagu dari tiga album studio pertama mereka: Cheshire Cat, Dude Ranch, dan Enema of the State, dengan sebagian besar fokus kepada lagu Enema of the State seiring dengan mereka sedang dalam tour promosi album tersebut.

"Man Overboard" menjadi satu-satunya lagu studio di dalam album, dimana lagu tersebut pada awalnya direkam untuk Enema of the State. Sebagai singel lagu tersebut berhasil mencapai posisi #2 di chart Modern Rock Tracks. Album ini sendiri menerima penilaian beragam dari pengamat profesional. Album ini diproduksi secara terbatas, sehingga pada akhir-akhir ini album ini menjadi semakin langka karena kurangnya ketersediaan.

Latar belakang dan rekaman[sunting | sunting sumber]

Album ini adalah album live yang berisi lagu-lagu ang direkam pada bulan November 1999 di San Francisco dan Universal City, California.[1] Walaupun judul album ini merujuk kepada tour musim panas Blink-182 pada tahun 2000 yang cukup populer (The Mark, Tom and Travis Show Tour), lagu-lagu dalam album ini sendiri direkam pada saat Loserkids Tour pada tahun 1999.[2]

"Man Overboard", satu-satunya lagu studio dalam album ini, pada awalnya ditulis dan dibuatkan demo untuk album Blink-182 sebelumnya, Enema of the State. Blink-182 kemudian bekerja di studio pada pertengahan tahun 2000 untuk merekam versi final lagu tersebut.[3] Lagu tersebut diletakkan selama satu bulan, dimulai 1 September 2000, di situs resmi Blink-182, MTV.com, dan KROQ.com untuk dapat diputar secara gratis.[4]

Setelah "Man Overboard", sebagai lagu terakhir, album kembali memasuki suasana live dengan 29 track tersembunyi yang dinamai "Words of Wisdom". Seluruh 29 track tersebut mendokumetasikan beberapa contoh kelakar dan gurauan Mark dan Tom di atas panggung. Di dalam album ini juga terdapat material baru, seperti "Family Reunion", "Blow Job" dan "The Country Song".

"Dick Lips" disensor menjadi "Rich Lips" dan "Blow Job" disensor menjadi "Blew Job". Penyensoran tersebut hanya untuk penulisan daftar lagu di bagian sampul belakang, sementara judul-tersebut tertulis dengan benar di bagian inlay booklet. Lagu-lagu bertema dewasa juga dihilangkan di listening booths di banyak toko musik terkenal, seperti HMV.

Perubahan lagu[sunting | sunting sumber]

  • Pada "Don't Leave Me", Mark mengucapkan, “Just like last night” dan bukan “Just like last time.”
  • Pada "Aliens Exist" Tom mengubah baris, “I got an injection/of fear from the abduction/my best friend thinks I'm just telling lies” menjadi, “I got an injection/of love from the erection/my best friend thinks I'm just humping guys.” Ketika Tom menyanyikan baris terakhir, “I'm not like you guys, twelve majestic lies”, Mark mebuat suasana riuh setelahnya dengan menyanyi “Tom has sex with guys.”
  • Pada "Going Away to College," Mark bernyanyi “But you're so beautiful, Skylee(diambil dari nama istrinya Skye Everly) dan bukan “But you're so beautiful to me.” Pada akhir lagu, Mark bernyanyi, "But you're so beautiful" yang seharusnya menjadi baris terakhir, namun dia menambahkan, “To Travis!
  • Pada "What's My Age Again", Mark mengganti kata-kata “What's my age again?” menjadi “Where's my Asian friend?” pada baris kedua di setiap reff, dan mengulang terus-menerus lirik yang diganti tersebut pada bagian reff terakhir. Juga, Mark mengganti “What the hell is…” menjadi “What the fuck is…” pada setiap reff.
  • Pada "Voyeur", terdapat dua perubahan lirik. Pada bait pertama, “The lonely guy I am, I wait for her to change” diganti menjadi “The lonely guy I am, I like to watch her change.” Pada bagian bridge, “He kicks my ass so much, that filthy white inbred” is changed to “He kicks my ass so much, that fucking white inbred.” Juga, tepat sebelum bagian bass solo Mark, mereka berhenti sejenak dengan Mark berpura-pura bersiap untuk bagian solo tersebut, menyebabkan penonton kebingungan, namun juga memberi waktu bagi Mark dan Tom untuk memberikan beberapa lelucon. Para penonton yang kemudian mengerti menjadi riuh atas waktu sejenak tersebut.
  • Mark mengubah lirik pada "Carousel" dari “I guess it's just another,” menjadi “I had sex with your mother.” Pada bagian kedua, dia memutar lidahnya dan berteriak “Brrr stick 'em!”. Dengan perubahan tersebut, liriknya terdengan “I guess it's just another/I guess it's just another/Brrr stick 'em!.” Hal ini merujuk kepada lagu "Human Beat Box" karya The Fat Boys.
  • Pada "The Country Song", Mark, mengacu kepada film South Park Bigger Longer and Uncut, menyanyi “…shut your fucking face, Uncle Fucker!”, yang merupakan lirik lagu "Uncle Fucker" dalam film tersebut.
  • Pada "Dick Lips" Mark membuat riuh pada reff kedua tepat sebelum bridge, mengulangi lirik yang dinyanyikan Tom dengan nada yang sedikit lebih tinggi.

Rilis dan resepsi[sunting | sunting sumber]

Penilaian profesional
Nilai pendapat
Sumber Penilaian
Allmusic 2.5/5 starsStar full.svgStar half.svgStar empty.svgStar empty.svg[5]
NME (unfavorable)[6]
Sputnikmusic 4.5/5 starsStar full.svgStar full.svgStar full.svgStar half.svg[7]

Album ini dirilis pada 7 November 2000 dan secara umum menerima penilaian yng beragam dari pengamat musik, walaupun akhir-akhir ini mendapat popularitas yang semakin meningkat dan menerima respon positif dari penggemar Blink-182.[8] Sputnikmusic memuji album ini sebagai “Blink-182 at their best”,[7] sementara, berlawanan dengan itu, NME menggambarkan album ini sebagai “the tragic sound of three men so desperately trying to avoid growing up.”[6] Selama bertahun-tahun, album ini dikritik dan menerima spekulasi, seperti album live Kiss, Alive!, dan banyak album live sebelum itu, bahwa album ini dioverdub di studio.[9]

Album ini memasuki chart Billboard 200 di Amerika Serikat pada posisi #8, dengan penjualan minggu pertama mencapai 110.000 copy.[10]

Ketika dirilis pada tahun 2000, album ini hanya diproduksi sebanyak satu juta copy.[8] Seiring waktu, album ini menjadi "langka" karena sedikitnya ketersediaan. Namun sejak Juli 2006, album ini banyak beredar di toko-toko seperti HMV. Sejak itu, album ini kembali diproduksi di Australia mulai Januari 2007 dengan stok sebanyak 3 copy di setiap toko musik JB Hi-Fi di penjuru Australia dengan stiker edisi terbatas. Diduga tindakan tersebut dilakukan oleh mantan label untuk melawan aksi orang-orang yang mengambil keuntungan dengan menjual CD asli dari tahun 2000 di situs lelang, seperti eBay, dengan harga ratusan dolar. Pengecer online Amazon.com kemudian mencari copy terbaru dari Australia untuk dijual melalui situs mereka. Album ini juga ditemukan di e-store CDON di Skandinavia.

Pada akhir 2005, album ini ditemukan sebagai CD bonus dalam Korean Deluxe Edition dari album Greatest Hits. Pada Maret 2011, Hot Topic mengumumkan rencana untuk memproduksi versi piringan hitam dari The Enema Strikes Back!. Rilis piringan hitam tersebut berisi LP ganda dimana piringan pertama berwarna biru transparan dan piringan kedua berwarna hijau transparan. Side-B dari piringan kedua (atau juga disebut Side-D) berisikan lelucon-lelucon Words of Wisdom. Piringan hitam ini sendiri diproduksi terbatas sebanyak 2000 copy seharga $20.

Daftar lagu[sunting | sunting sumber]

Seluruh lagu ditulis dan disusun oleh Blink-182

The Mark, Tom and Travis Show (The Enema Strikes Back!)
No. Judul Durasi
1. "Dumpweed"   2:53
2. "Don't Leave Me"   2:38
3. "Aliens Exist"   3:43
4. "Family Reunion"   0:51
5. "Going Away to College"   3:40
6. "What's My Age Again?"   3:18
7. "Dick Lips"   3:35
8. "Blow Job"   0:41
9. "Untitled"   3:07
10. "Voyeur"   3:28
11. "Pathetic"   2:51
12. "Adam's Song"   4:35
13. "Peggy Sue"   3:47
14. "Wendy Clear"   4:09
15. "Carousel"   3:38
16. "All the Small Things"   3:35
17. "Mutt"   3:39
18. "The Country Song"   1:00
19. "Dammit"   3:05
20. "Man Overboard" (versi studio) 2:46
Durasi total:
61:52
  • Semua lagu adalah live, terkecuali "Man Overboard".
  • Track no 21-49 adalah track tersembunyi dan berisi lelucon, secara umum disebut Words of Wisdom.

Kredit[sunting | sunting sumber]

Chart[sunting | sunting sumber]

Jadwal rilis[sunting | sunting sumber]

Regional Tanggal Label Format Katalog
Bendera Amerika Serikat Ameika Serikat 5 November 2000 MCA Records CD 088 112 379-2
Bendera Uni Eropa Eropa 112 379-2 [11]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (2000) Nota album untuk The Mark, Tom and Travis Show (The Enema Strikes Back!) oleh blink-182 [liner notes]. US: MCA (112379).
  2. ^ Waddell, Ray (1999-10-18). "blink-182’s Loserkids to be First Tour for House of Blues concerts". AllBusiness.com. Diakses 2010-06-10. 
  3. ^ Basham, David (2000-08-28). "Blink-182 Records New Song For Live Album". MTV News. Diakses 2010-06-10. 
  4. ^ Mancini, Robert (2000-08-30). "blink-182 To Debut New Track Online". MTV News. Diakses 2010-06-10. 
  5. ^ (Inggris) The Mark, Tom and Travis Show (The Enema Strikes Back!) di Allmusic
  6. ^ a b NME Album Reviews - The Mark, Tom & Travis Show: The Enema Strikes Back - NME.COM
  7. ^ a b blink-182 - The Mark, Tom, and Travis Show (album review) | Sputnikmusic
  8. ^ a b Consequence of Sound
  9. ^ The Mark, Tom and Travis Show... - AbsolutePunk.net
  10. ^ "Blink-182 Opens At No. 1, Sugar Ray Debuts High". Billboard. Diakses 2010-09-22. 
  11. ^ "Blink-182 - The Mark, Tom and Travis Show (The Enema Strikes Back!) (CD, Album) at Discogs". Discogs.com. Diakses 2010-09-22.