The Mall, London

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
The Mall, melihat ke barat daya menghadap Istana Buckingham

The Mall (pengucapan bahasa Inggris: [ˈmæl]) di Central London adalah jalan yang membentang dari Istana Buckingham di ujung baratnya ke Admiralty Arch dan Trafalgar Square di ujung timurnya, tempat jalan ini melintasi Spring Gardens yang dulunya menjadi kantor pusat Metropolitan Board of Works dan London County Council selama beberapa tahun. Lalu lintas di jalan ini ditutup setiap Minggu, hari libur umum, dan perayaan tertentu. Permukaan The Mall berwarna merah yang memberikan gambaran sebuah karpet merah raksasa membentang menuju Istana Buckingham. Warna ini muncul akibat penggunaan pigmen besi oksida sintetis dari The Deanshanger Oxide Works (Deanox)[1] yang dibuat menggunakan The Deanox Process hasil ciptaan kimiawan Ernest Lovell (lahir di London, 1917). Pemberian warna pada jalan ini adalah keputusan Anggota Parlemen David Eccles yang menjabat sebagai Menteri Pekerjaan Umum.

Queen Victoria Memorial terletak sebelum gerbang Istana, sementara Admiralty Arch berada di ujung jauh menuju Trafalgar Square. St. James's Park terletak di sisi selatan the Mall, seberang Green Park dan St. James's Palace di utara. Di ujung timur the Mall terdapat Horse Guards Parade, tempat upacara Trooping the Colour dilaksanakan.

The Mall dibangun sebagai rute upacara pada awal abad ke-20 untuk menyamai pembangunan rute upacara sejenis di kota-kota lain seperti Berlin, Mexico City, Oslo, Paris, St. Petersburg, Vienna dan Washington D.C. Rute ini dibangun agar dapat digunakan untuk upacara besar nasional pada periode negara kebangsaan di Britania. Sebagai bagian dari pembangunan (dirancang oleh Sir Aston Webb), façade baru dibangun untuk Istana Buckingham dan Victoria Memorial didirikan. Selain itu, ada mitos urban bahwa jika terjadi peristiwa darurat atau bencana yang mengancam monarki dan anggota senior pemerintahan, the Mall dapat dengan cepat diubah menjadi jalur kabur yang efektif.[rujukan?]

Pada Hari VE—8 Mei 1945—istana ini adalah pusat dari perayaan di seluruh Britania, ketika Raja, Ratu dan Putri Elizabeth, dan Putri Margaret muncul di balkon dengan jendela hitam di belakang mereka menyambut sambutan kerumunan di the Mall.

Selama kunjungan kenegaraan ke Britania Raya, monarki atau kepala negara yang berkunjung dikawal menggunakan kereta kuda kerajaan melintasi the Mall dan jalan ini dihiasi bendera Union Flag dan bendera negara asal kepala negara. Pada upacara Golden Jubilee Queen Elizabeth II tahun 2002, lebih dari satu juta orang memadati the Mall untuk menyaksikan penampilan dan kemunculan publik Keluarga Kerajaan Britania di balkon istana.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]


Koordinat: 51°30′15″LU 0°8′7″BT / 51,50417°LU 0,13528°BB / 51.50417; -0.13528