The Last Don

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

The Last Don (Godfather Terakhir), adalah semua novel mafia yang ditulis oleh Mario Puzo. Meskipun dalam versi Indonesia digunakan istilah Godfather, jalan cerita dalam novel ini sama sekali tidak berhubungan dengan novel The Godfather.

Ringkasan Cerita[sunting | sunting sumber]

Novel ini menceritakan tentang sebuah keluarga besar Mafia yang terakhir — Keluarga Clericuzio. Setahun setelah melakukan aksi yang paling ganas dalam hidupnya, Don Domenico, sang pemimpin, memutuskan untuk mulai menarik diri dari dunia kejahatan, agar keturunannya dapat menjalani hidup sebagai orang baik-baik. Perlahan-lahan ia mengalihkan bisnis besarnya ke Hollywood dan Las Vegas, tempat uang bisa diperoleh secara sah.

Namun ada bibit-bibit kejahatan dalam sejarah keluarga itu, yang disebar oleh sang Don sendiri. Dan pada puncaknya, nafsu jahat ini menimbulkan pertentangan antara Cross De Lena, putra algojo Keluarga Clericuzio, dengan Dante Clericuzio, cucu kesayangan sang Don yang harus darah. Dan ternyata pembunuhan tetap merupakan keahlian utama klan Clericuzio.