The Hobbit: The Battle of the Five Armies

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
The Hobbit:
The Battle of the Five Armies
Poster rilis teatrikal
SutradaraPeter Jackson
Produser
Skenario
Berdasarkan
The Hobbit
oleh J. R. R. Tolkien
Pemeran
Penata musikHoward Shore
SinematograferAndrew Lesnie
PenyuntingJabez Olssen
Perusahaan
produksi
DistributorWarner Bros. Pictures
Tanggal rilis
  • 12 Desember 2014 (2014-12-12) (United Kingdom)
  • 17 Desember 2014 (2014-12-17) (United States)
NegaraSelandia Baru
Britania Raya
Amerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$250 juta[1]

The Hobbit: The Battle of the Five Armies adalah film epik petualangan yang disutradarai oleh Peter Jackson dan ditulis oleh Jackson, Fran Walsh, Philippa Boyens, dan Guillermo del Toro. Film ini merupakan film ketiga sekaligus terakhir dari adaptasi film tiga bagian yang didasarkan pada novel The Hobbit oleh J. R. R. Tolkien. Film ini didahului oleh film An Unexpected Journey (2012) dan The Desolation of Smaug (2013). Diproduksi oleh New Line Cinema, Metro-Goldwyn-Mayer dan WingNut Films, dan didistribusikan oleh Warner Bros. Pictures, film ini direncanakan dirilis pada tanggal 12 Desember 2014 di Britania Raya dan 17 Desember 2014 di Amerika Serikat dan trailer treaser pertama dirilis di San Diego Comic Con pada tanggal 26 Juli 2014.[2][3]

Alur[sunting | sunting sumber]

Bilbo dan para Kurcaci melihat dari Pegunungan Sunyi bagaimana naga Smaug membuat Laketown terbakar, dan orang-orang yang melarikan diri. Bard The Bowman berhasil keluar dari penjara, dan akhirnya membunuh Smaug dengan panah hitam yang dibawa kepadanya oleh anaknya Bain. Tubuh Smaug jatuh meremukkan melarikan diri Master of Laketown, yang melarikan diri dari Laketown dengan kapal yang sarat dengan emas. Bard menjadi pemimpin baru dari orang-orang Laketown karena mereka berlindung di reruntuhan Dale, sementara Legolas pergi untuk menyelidiki Gunung Gundabad dengan Tauriel. Thorin, yang sekarang terkena dengan "penyakit naga" karena harta luas di gunung, yang membuatnya tergila-gila untuk mencari Arkenstone, yang sebelumnya ditemukan Bilbo tetapi terus dibunyikannya. Thorin, mendengar bahwa orang-orang datang ke Dale, memerintahkan pintu masuk Lonely Mountain ditutup.

Sementara itu, Galadriel, Elrond dan Saruman tiba di Dol Goldur dan membebaskan Gandalf, Mengirim dia ke tempat yang aman dengan Radagast. Mereka pertempuran dan mengalahkan Nazgûl dan Sauron sendiri, mengusir mereka ke Timur. Azog, Berbaris di Erebor dengan pasukan Orcnya yang banyak, mengirim Bolg ke Gundabad untuk memanggil tentara kedua mereka. Legolas dan Tauriel menyaksikan pawai tentara bolg ini, didukung oleh Orc Berserkers dan kelelawar raksasa.

Thranduil dan tentara elfnya tiba di Dale dan mereka membentuk aliansi dengan Bard untuk mengklaim kembali permata putih yang merupakan bagian dari harta di gunung yang merupakan pusaka bangsa Peri. Bard pergi ke gunung dan meminta Thorin untuk pangsa emas yang ia sebelumnya telah berjanji rakyat Laketown, tetapi Thorin menolak. Gandalf tiba di Dale untuk memperingatkan Bard dan Thranduil dari perang yang akan datang untuk gunung, tetapi Thranduil menemukan dia konyol. Bilbo menyelinap keluar dari Erebor untuk menyerahkan Arkenstone ke Thranduil dan Bard, sehingga mereka dapat menukarnya untuk permata dan emas yang mereka percaya adalah milik mereka, mencegah kebutuhan untuk pertempuran. Ketika Bard dan Thranduil dan tentaranya berkumpul di gerbang Erebor, menawarkan pertukaran Arkenstone untuk permata putih dan emas, Thorin dengan marah menolak. Bilbo menyelinap melalui penjaga menggunakan Cincin, Mengakui dirinya mengambil Arkenstone sebagai bagian dari seperempatbelas bagiannya dan memberikannya kepada mereka, dan menegur Thorin untuk sadar. Thorin hampir membunuh Bilbo, tetapi Gandalf tiba di pintu gerbang dan membuat Thorin membebaskan Bilbo. Sepupu Thorin, Dain II dari Ironfoot tiba dengan 500 tentara kurcaci bersenjata berat, dan pertempuran Kurcaci melawan Peri dan Manusia semakin dekat. Tiba-tiba, Wereworms muncul dari tanah melepaskan tentara Azog dari terowongan mereka. Dengan Jumlah pasukan Orc yang banyak sekali memaksa tentara Dain, Thranduil dan pasukan Bard, bersama dengan Gandalf dan Bilbo, bergabung dalam satu pertempuran. Namun, sebuah front kedua dibuka ketika banyak Orc,Ogre,dan troll menyerang Dale memaksa Bard menarik pasukannya untuk melindungi Dale bersama Pasukan Peri, meninggalkan pasukan Kurcaci sendirian.

Di dalam Erebor, Thorin menderita halusinasi traumatis sebelum mendapatkan kembali kewarasannya dan memimpin kelompoknya untuk bergabung pertempuran yang membangkitkan semangat pasukan Kurcaci. Dia naik ke arah Ravenhill dengan Dwalin, Fili, dan Kili untuk membunuh Azog; Bilbo mengikuti mereka menggunakan cincinnya. Sementara itu, Tauriel pergi dengan Legolas untuk memperingatkan Kurcaci mendekati tentara Bolg ini. Fili dan Kil yang terpojok, dan Azog mengeksekusi Fili, sebagai Bilbo dan para Kurcaci lainnya terlihat pada. Thorin terlibat dengan Azog dalam pertarungan sampai mati, Bolg memukul Bilbo hingga pingsan, mengalahkan Tauriel dan kemudian membunuh Kili, yang datang menolong mereka. Legolas bertarung dengan Bolg, akhirnya membunuhnya. Thorin membunuh Azog, tetapi terluka parah dalam pertarungan. Gerombolan Elang besar kemudian tiba dengan Radagast dan Beorn untuk melawan tentara Orc yang baru tiba,dan pasukan Orc akhirnya hancur. Bilbo mendapatkan kembali kesadarannya dan berdamai dengan Thorin yang sekarat. Legolas mengatakan kepada Thranduil ia harus pergi, dan Thranduil menyarankan dia untuk mencari penjaga hutan Dunedain di utara yang bernama "Strider" (Aragorn).

Bilbo mengucapkan perpisahan dengan sisa anggota kelompok Thorin dan pulang ke Shire dengan Gandalf. Sesampainya mereka di batas Shire, Gandalf menyinggung tentang cincin Bilbo, dan mengatakan kepadanya bahwa cincin ajaib yang tidak digunakan sembarangan. Bilbo kembali ke Bags End untuk menemukan barang-barang miliknya yang dilelang karena ia diduga tewas. Dia kemudian membatalkan penjualan tetapi menemukan rumahnya dijarah.

Enam puluh tahun kemudian, Bilbo menerima kunjungan dari Gandalf, sebagai pembukaan dari film The Fellowship of the Ring.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The Hobbit: The Battle of the Five Armies". The Numbers. Nash Information Service. Diakses tanggal 27 August 2014. 
  2. ^ O'Hara, Helen (24 April 2014). "The Third Hobbit Is Now Subtitled The Battle Of The Five Armies". Empire. Diakses tanggal 22 May 2014. 
  3. ^ McIntyre, Gina (24 April 2014). "Peter Jackson renames 'Hobbit' finale: 'Battle of the Five Armies'". The Los Angeles Times. Diakses tanggal 22 May 2014. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]