The Firemen's Ball

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Hoří, má panenko!
(The Fireman's Ball)
Poster rilis teatrikal buatan Saul Bass
SutradaraMiloš Forman
ProduserRudolf Hájek
Ditulis olehMiloš Forman
Ivan Passer
Jaroslav Papoušek
PemeranJan Vostrčil
Tanggal rilis
  • 15 Desember 1967 (1967-12-15)
Durasi71 menit
NegaraCekoslowakia
BahasaCeko
Anggaran$65,000

The Fireman's Ball (atau The Firemen's Ball, bahasa Ceska: Hoří, má panenko) adalah sebuah film komedi 1967 yang disutradarai oleh Miloš Forman. Film tersebut berlatar belakang di bola tahunan dari sebuah departemen pemadam kebakaran dari sebuah kota kecil, dan alurnya mengisahkan tentang serangkaian musibah yang terjadi pada sore hari. Film tersebut menggunakan beberapa aktor profesional – pemadam kebakaran kebanyakan diperankan oleh pemadam kebakaran dari sebuah kota kecil dimana film tersebut difilmkan.[1] Karena film tersebut menampilkan kerusakan dari masyarakat lokal, dan lumpuhnya perencanaan dalam negerinya, film tersebut sebagian besar dipandang sebagai sebuah satir dari sistem Komunis Eropa Timur, dan film tersebut "dicekal selamanya" di Cekoslowakia setelah invasi Soviet pada 1968.

The Fireman's Ball adalah film terakhir Forman yang dibuat di negara asalnya Cekoslowakia sebelum pergi ke pengasingan. Film tersebut juga merupakan film pertama yang ia ambil gambarnya dalam keadaan berwarna, dan sebuah batu loncatan dari Arus Baru Cekoslowakia.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Film tersebut dinominasikan untuk Film Berbahasa Asing Terbaik di Academy Awards ke-41.[2] Film tersebut juga berkompetisi di Festival Film Cannes 1968,[3] namun festival tersebut ditunda karena peristiwa Mei 1968 di Prancis.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Miloš Forman and Jan Novak, Turnaround, Faber and Faber, London 1994
  2. ^ "The 41st Academy Awards (1969) Nominees and Winners". oscars.org. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-10-07. Diakses tanggal 2011-11-15. 
  3. ^ "Festival de Cannes: The Fireman's Ball". festival-cannes.com. Diakses tanggal 2009-04-04. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]