The College Dropout

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
The College Dropout
Album studio karya Kanye West
Dirilis10 Februari 2004 (2004-02-10)
Direkam1999–2003
Studio
Genre
Durasi76:13
Label
ProduserKanye West
Kronologi Kanye West
The College Dropout
(2004)
Late Registration
(2005)
Singel dalam album The College Dropout
  1. "Through the Wire"
    Dirilis: 30 September 2003
  2. "Slow Jamz"
    Dirilis: 2 Desember 2003
  3. "All Falls Down"
    Dirilis: 24 Februari 2004
  4. "Jesus Walks"
    Dirilis: 25 Mei 2004
  5. "The New Workout Plan"
    Dirilis: 31 Agustus 2004

The College Dropout adalah album studio pertama dari penyanyi rap dan produser asal Amerika Kanye West, album ini dirilis pada 10 Februari 2004, Album ini direkam lebih dari sekali dalam 4 tahun, dimulai tahun 1999. Setelah beberapa tahun bekerja dia keluar dari perguruan tinggi untuk fokus pada cita-citanya menjadi penyanyi, dia bergabung dengan sebuah studio rekaman untuk membuat album studionya yang pertama. Setelah album itu dirilis, albumnya menjadi keberhasilan yang besar dalam dunia komersial yang sesungguhnya, 3 dari 10 singgle terbaiknya terjual 441.000 copies dalam minggu pertama. The College Dropout menjadi masterpiece dan diakui "masyarakat dunia" kata critics. Albumnya menerima nominasi Grammy untuk kategori Album of the Year (Album Tahun Ini) dan memenangkan Best Rap Album (Album Rap Terbaik) dan Best Rap Song (Lagu Rap terbaik). Album ini terjual lebih dari 3 juta kopi.

Rekaman[sunting | sunting sumber]

"The College Drop Out" direkam di "The Record Plant" di "New York", namun sebenarnya lagu-lagu yang ada di album ini sudah direkam di tempat-tempat lain selama beberapa tahun. Menurut John Monopoly, teman-teman West dan juga rekan kerja West tidak tau pasti kapan album ini mulai dikerjakan. West bekerja keras untuk album rap ini selama bertahun-tahun. West pernah melakukan proses rekaman di apartemennya sendiri dengan bantuan 1 dari 2 kamar tidurnya yang diubah menjadi studio rumahan, apartemennya berada di New Wark New Jersey. Dia melakukan rekaman di Los Angeles saat ia melakukan penyembuhan atas kecelakaan yang dialaminya. Ia menyelesaikan rekaman albumnya beberapa bulan lebih awal dari tanggal rilis albumnya. West memutuskan untuk menggunakan waktu itu sebagai kesempatan menyempurnakan albumnya, dan The College Dropout menjalani proses aransemen kembali sebelum dirilis. Alhasil beberapa lagun yang diperuntukkan albumnya mengalami proses track kembali, diantaranya "Keep the Receipt" dengan Ol' Dirty Bastard dan "The Good, the Bad, and the Ugly" dengan Consequence.

Musik[sunting | sunting sumber]

Isi[sunting | sunting sumber]

The College Dropout terdengar sebagai musik berhaluan rap gengster, juga terasa beragam dan lebih hangat. West membahas topik yang beragam seperti seks, agama, keluarga, materialisme, dan upah minimal kerja. Dalam wawancara langsung sebelum album ini dirilis, West memberikan komentar "Kepribadian saya seperti orang biasa, Hanya berpikir tentang apa saja yang kamu lakukan diminggu yang lalu, dan Aku memiliki lagu tentang hal itu di albumku."

Lagu[sunting | sunting sumber]

Lagu pertama sekaligus debut lagu West dalam album ini yang berjudul "Through the Wire", terinspirasi dari kecelakaan mobil yang dialaminya pada 2002 yang mencecritakan lucu sekaligus sulitnya melewati proses penyembuhan. Kors dan instrumen percobaan "mengamb dari" versi lagu Chaka Khan's "Through The Fire" tahun 1985. Lagunya melakukan debut dengan menyabet peringkat 94 pada Billboard Hot 100 dan naik sampai ke peringkat 15 pada 3 Februari 2004, untuk 5 minggu. Lagunya berada di chart selama 21 minggu. Lagunya juga muncul di chart" urban contemporary". Ia juga mencapai peringkat 8 di "Hot R&B/Hip-Hop Singles & Tracks" dan peringkat 4 di chart "Hot Rap Tracks". Di United Kingdom, lagunya memulai debut sebagai peringkat 9 di UK Singles Chart, selama 2 minggu, dan bertahan di chart selama 9 minggu. Lagunya memperoleh peringkat lebih buruk di chart negara-negara Eropa, ia mencapai 30 besar di Irlandia, Swedia, dan Belanda; 50 besar di Belgia and Swiss; dan peringkat 61 di Jerman. Lagunya bertahan paling lama hingga 1 minggu di negara-negara itu. Lagunya memasuki "New Zealand Singles Chart", di peringkat 24 dan naik ke peringkat 16. Lagu keduanya, "Slow Jamz" adalah penghargaan pada artis "smooth soul" dan lagu "Slow Jams". Lagu ini sebelumnya muncul pada album Kamikaze (2003) dari rapper ternama Twista's, album itu juga mengandung vokal dari Twista's dan Jammie Fox. Lagunya naik menjadi peringkat 1 di USA dan menjadi kesuksesan bersama Twista's, Jammie Fox, dan Kanye West. Lagu ini dinominasikan sebagai "Grammy Award for Best Rap/Sung Collaboration, dan Q listed chart sebagai 17 lagu hip-hop terbaik sepanjang masa. "All Falls Down" merupakan lagu ketiga yang juga menempati posisi 10 di UK singgle chart, dan mendapatkan peringkat 7 di U.S Hot 100. Lagu ini dinyanyikan bersama Syleena Johnson dan mengandung interpolasi dari Lauryn Hill's "Mystery of Iniquity". Kanye awalnya berusaha untuk memperoleh izin hukum untuk sampel rekaman tersebut, tetapi izin itu ditolak. West ditelepon Johnson untuk menyanyikan kembali lagu "Mystery of Iniquity", dengan akhir duet. Lagunya yang keempat, "Jesus Walks", dibuat sebagai sampel "Walk With Me" yang dibawakan oleh ARC Choir.

Rilis dan penerimaan[sunting | sunting sumber]

Albumnya telah dinominasikan untuk Grammy Award for Album of the Year (Album Terbaik Tahun ini), dan memenangkan Best Rap Album (Album Rap Terbaik} dan Best Rap Song (Lagu Rap Terbaik) untuk "Jesus Walk" pada tahun 2005. Albumnya dipilih sebagai album terbaik tahun ini oleh majalah Rolling Stone dan di polinh The Village Voicee Pazz & Jop critics poll, jadi meenerima perindkat 1 di majalah Spin "40 Beas Albums of The Year" (40 album terbaik tahun ini, dan mencapai hasil yang hampir sempurna 4,5 mic rating dari The Source. Komedian Chis Rock mendengarkan The College Dropuout ketika tidak memiliki ide menulis. Pada tahun 2006, Pircfork Media memperingkatnya nomor 50 sebagai album terbaik 2000-2004. Pada 2006, albumnya di klaim majalah Time sebagai 100 album terbaik sepanjang waktu. Entertaiment Weekly mengatakan albumnya sebagai peringkat 4 album terbaik selama 25 tahun. Albumnya memperoleh 3x platinum di USA.

Daftar lagu[sunting | sunting sumber]

  • Intro
  • We Don't Care
  • Graduation Day
  • All Falls Down
  • I'll Fly Away
  • Spaceship
  • Jesus Walks
  • Never Let Me Down
  • Get Em High
  • Workout Plan
  • The New Workout Plan
  • Slow Jamz
  • Breathe in Breathe Out
  • School Spirit Skit 1
  • School Spirit Skit 2
  • Lil Jimmy Skit
  • Two Words
  • Through the Wire
  • Family Business
  • Last Call