The Bodyguard (film 2004)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
The Bodyguard
Berkas:Bodyguardmumjokmok.jpg
Poster rilis versi Thai
SutradaraPetchtai Wongkamlao
ProduserSomsak Techaratanaprasert
Ditulis olehPetchtai Wongkamlao
PemeranPetchtai Wongkamlao
Pumwaree Yodkamol
Piphat Apiraktanakorn
Tony Jaa
SinematograferNattawut Kittikhun
PenyuntingThawat Sermsuwittayawong
DistributorSahamongkol Film International
Tanggal rilis
Thailand 21 Januari 2004
Durasi95 menit
NegaraThailand Thailand
BahasaThai
SekuelThe Bodyguard 2
IMDbInformasi di IMDb

The Bodyguard (Thai: บอดี้การ์ดหน้าเหลี่ยม, Indonesia: "Pengawal Pribadi") adalah film aksi-komedi tahun 2004 dari Muang Thai. Film ini disutradarai dan ditulis oleh Petchtai Wongkamlao, dan menampilkan aksi koreografi tempur panggung oleh Panna Ritikrai. Film ini dibintangi Petchtai Wongkamlao, Pumwaree Yodkamol, Piphat Apiraktanakorn, dan Tony Jaa yang tampil sebagai bintang tamu. Tiga bintang utama dalam film ini juga membintangi film yang sama yaitu film Ong Bak yang dirilis tahun sebelumnya. Film sekuel disebut The Bodyguard 2 dirilis pada tahun 2007.

Alur cerita[sunting | sunting sumber]

Setelah tembak-menembak dengan puluhan pembunuh, Wong Kom (Petchtai Wongkamlao), pengawal untuk Chot Petchpantakarn (Surachai Juntimatorn), orang terkaya di Asia, menemukan subyeknya telah terbunuh.

Chaichol (Piphat Apiraktanakorn), putra dan pewaris kekayaan keluarga, memecat Wong Kom dan pergi sendiri untuk menemukan para pembunuh. Dia kemudian disergap, dan seluruh sisa dari tim pengawal tewas. Namun Chaichol selamat, dan mendapati dirinya di sebuah perkampungan kumuh Bangkok, hidup dengan tim relawan penyelamatan kecelakaan mobil dan jatuh cinta dengan Pok (Pumwaree Yodkamol) yang tomboy.

Sementara itu, Wong Kom bekerja untuk membersihkan namanya, dan memantau gerakan kepala penjahat dan kaki tangan gengnnya yang kikuk.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Penghargaan dan nominasi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]