The Blind Watchmaker

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
The Blind Watchmaker
Cover
Ilustrasi sampul dibuat oleh Desmond Morris
Pengarang Richard Dawkins
Subjek Biologi evolusioner
Penerbit Norton & Company, Inc
Tanggal rilis 1986
ISBN 0-393-31570-3
Nomor OCLC 35648431
Desimal Dewey 576.8/2 21
Klasifikasi LC QH366.2 .D37 1996
Didahului The Extended Phenotype
Diikuti River Out of Eden

The Blind Watchmaker: Why the Evidence of Evolution Reveals a Universe without Design adalah sebuah buku karya Richard Dawkins yang diterbitkan pada tahun 1986. Buku ini menjelaskan dan mendukung teori evolusi melalui mekanisme seleksi alam. Ia juga menyajikan argumen untuk membantah beberapa kritik terhadap buku sebelumnya The Selfish Gene yang mendukung evolusi yang berpusat kepada gen. Versi audionya dirilis oleh Audible Inc pada tahun 2011 dan dinarasikan oleh Richard Dawkins dan Lalla Ward.

Ringkasan[sunting | sunting sumber]

Dalam memilih judul bukunya, Dawkins merujuk kepada analogi pembuat jam yang diperkenalkan oleh William Paley dalam bukunya Natural Theology. Paley, lima puluh tahun sebelum Charles Darwin menerbitkan On the Origin of Species, menyatakan bahwa kekompleksan organisme hidup merupakan bukti keberadaan Tuhan dengan membuat analogi bahwa keberadaan jam tangan akan memicu kepercayaan akan pembuat jam yang cerdas. Dawkins, dalam membandingkan perbedaan antara rancangan manusia dengan hasil seleksi alam, menyebut tekanan evolusi sebagai pembuat jam yang buta.

Untuk membantah gagasan bahwa kekompleksan tak dapat muncul tanpa campur tangan seorang "pencipta", Dawkins menggunakan contoh mata. Dimulai dari organisme sederhana, yang hanya mampu membedakan terang dan gelap, ia membawa pembaca melalui modifikasi-modifikasi kecil yang membangun kecanggihan perlahan-lahan. Ia juga menunjukkan beberapa hewan yang peralatan melihatnya sederhana, tetapi tetap berguna

Dalam mengembangkan argumennya bahwa seleksi alam dapat menjelaskan adaptasi organisme yang kompleks, Dawkins menggambarkan perbedaan antara kemunculan kekompleksan karena proses acak belaka dengan proses seleksi kumulatif. Ia menunjukkannya melalui program weasel dan program The Blind Watchmaker. Dalam program weasel, untuk membentuk kalimat METHINKS IT IS LIKE A WEASEL dalam satu proses acak, kemungkinannya sangat kecil, yaitu 2728. Namun, dalam proses seleksi kumulatif yang menyeleksi abjad yang paling mendekati dengan METHINKS IT IS LIKE A WEASEL, dalam 43 kali percobaan kalimat tersebut telah terbentuk. Sementara itu, program The Blind Watchmaker menyimulasikan seleksi buatan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]