The Beast

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
The Beast
Album studio oleh EdanE
Dirilis 10 Mei 1992
Direkam 1 Oktober 1991-3 April 1992
Genre Rock, Heavy Metal
Durasi ?
Label AIRO
Produser EdanE, AIRO
Kronologi EdanE
- The Beast
(1992)
Jabrik
(1994)

The Beast Adalah Studio Album perdana yang dirilis oleh grup musik EdanE yang dirili pada tahun 1992 dengan label Airo.

Dalam album ini warna Edane dalam bermusik masih sangat garang karena aroma ngerock sangat kental dan tak dapat dipandang sebelah mata. Hits dalam album ini ialah "Ikuti" dan "the beast". Para pecinta musik pada era ini merasakan ada hawa musik baru yang menggetarkan jiwa. namun itu semua tak berlangsung lama karena ada masalah intern dalam tubuh edane maka Ecky lamoh pun hengkang dari Edane.

Ketika lagu "The beast" di dalam proses pembuatan, Eki yang menciptakan melodi lagu the beast dengan 'bahasa inggris nyamuk', mengalami kemujuran karena lirik lagu itu di perbaiki oleh Sawung Jabo. Juga, ketika Eki menciptakan melodi lagu you dont have to tell me lies, yang lagi - lagi dengan bahasa inggris nyamuk, mendapat sekali lagi kemujuran karena teks inggrisnya diperbaiki oleh salah seorang teman Jimmy Doto yang orang inggris dan seorang guru bahasa inggris pula yang bernama Jhon.

Sedangkan lagu liarkan Rasa adalah lagu pertama yang dibuat dialbum edane melodi lagu sepenuhnya dibuat oleh Eki Lamoh dan liriknya ditulis oleh Eki Lamoh dan Ali Akbar. Liarkan rasa juga adalah lagu yang pertama selesai penggarapannya di album EDANE. Dengan modal bahasa inggris yang sangat terbatas itu pula Eki menciptakan sendiri melodi lagu serta lirik lagu yang berjudul life.

Suatu hari Eki mendengar ada melodi lagu yang dimainkan secara asal - asalan oleh Eet Syahranie dan direkam di dalam pita kaset, lalu, setelah Eki bisa meyakinkan Eet bahwa ia tidak akan mempermalukan Eet karena melodi asal - asalan itu, maka oleh Eki melodi asal - asalan itu diolah, dan Eki sendiri yang menulis liriknya, maka jadilah lagu "Masihkah Ada senyum".

Lagu Ikuti adalah ciptaan Iwan Xaverius. Tetapi, pada prosesnya lagu "ikuti" yang begitu kuat kadar Rock and Rollnya, Dibelah juga Oleh Eki. Karena pada mulanya Eki tidak hafal lagu ikuti yang masih mentah, maka melodi lagu ikuti jadi berubah total. Melodi lagu ikuti yang sekarang kita tahu tercetus begitu saja dari mulut Eki Lamoh yang bernyanyi berdasarkan lirik yang ditulis oleh Tantowi dan Eki Lamoh sendiri. Sedangkan intro gitar dan Reff lagu ikuti tetap menggunakan yang dibuat Iwan Xaverius.

"Ikuti" juga dinobatkan sebagai salah satu dari "150 Lagu Indonesia Terbaik Sepanjang Masa" oleh majalah Rolling Stone.[1]

Daftar lagu[sunting | sunting sumber]

  1. "Evolusi"
  2. "Ikuti"
  3. "The Beast"
  4. "Masihkah Ada Senyum"
  5. "Menang Atau Tergilas"
  6. "Life"
  7. "Opus #13 (Ringkik Turangga)"
  8. "Liarkan Rasa"
  9. "You Don't Have To Tell Me Lies"

Personil[sunting | sunting sumber]

  • Pacel Nihara - vokal
  • Eet Sjahranie - gitar
  • Iwan Xaverius - bass
  • Fajar Satriatama - drum

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "150 Lagu Indonesia Terbaik Sepanjang Masa". Rolling Stone (ed. 56). December 2009.