Konser Band

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari The Band Concert)


The Band Concert
SutradaraWilfred Jackson
Walt Disney[1]
ProduserWalt Disney
PemeranClarence Nash
Penata musikLeigh Harline
Gioachino Rossini
AnimatorJohnny Cannon
Les Clark (Mickey Mouse)
Ugo D'Orsi
Frenchy DeTremaudan
Clyde Geronimi
Huszti Horvath
Dick Huemer
Jack Kinney
Wolfgang Reitherman
Ward Kimball
Milt Kahl
Archie Robin
Louie Schmitt
Dick Williams
Roy Williams
Cy Young
Penata letakHugh Hennesy
Terrell Stapp
Teknik pewarnaanTechnicolor (3-strip)
Perusahaan
produksi
DistributorUnited Artists
Tanggal rilis
  • 23 Februari 1935 (1935-02-23)
[2]
Durasi9 menit & 20 detik
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris

Konser Band (Bahasa Inggris: The Band Concert) adalah kartun tahun 1935 produksi Perusahaan Disney di mana Miki Tikus adalah konduktor dari sebuah orkestra.

Orkestra ini menampilkan lagu William Tell overture, tetapi Donal Bebek (dalam kehadirannya yang ketiga dalam kartun Miki Tikus) muncul menjual es krim. Tanpa diundang, Donal mengeluarkan serulingnya dan menarik band itu agar memainkan lagu Turkey in the Straw. Miki mencoba untuk menyingkirkan Donal dengan menghancurkan serulingnya, tetapi Donal mempunyai seruling cadangan.

Kartun berlanjut, band Miki Tikus memainkan lagu "The Storm" di mana memanggil sebuah angin tornado. Walaupun terbawa ke udara, band terus melanjutkan perrmainannya, meskipun jatuh di pohon. Donal memainkan lagu "Turkey in the Straw" dengan seruling baru, menyelesaikan not terakhir setelah anggota band lain melempar tuba kearahnya.

Orkestra Miki Tikus memiliki anggota: Gufi (clarinet) dan karakter yang mirip bernama (Gideon Goat?) (trombone), Klarabela (seruling), Karel Kuda (percussion), Peter Pig (trompet), dan Paddy Pig (tuba).

Kartun ini menjadi kartun pertama Miki Tikus yang berwarna. Dikatakan saat konduktor Arturo Toscanini menonton kartun ini di bioskop, dia sangat senang dengan itu dan dia meminta agar film ini diputar lagi.

Pada tahun 1994, kartun ini dipilih #3 dari 50 Kartun Terbaik.

Permainan[sunting | sunting sumber]

Di daerah kebun istana Disney di permainan Kingdom Hearts II, terdapat patung dari semua karakter band itu.

The Band Concert juga merupakan judul dari level rahasia dalam permainan Mickey Mania: The Timeless Adventures of Mickey Mouse (untuk Super Nintendo, Sega Genesis, Sega CD dan Sony PlayStation).

Pranala luar[sunting | sunting sumber]


  1. ^ Smith, Dave (1996). "Band Concert, The". Disney A to Z: The Official Encyclopedia (edisi ke-1st). New York: Hyperion. hlm. 40–41. ISBN 0-7868-8149-6. 
  2. ^ Kaufman, J.B.; Gerstein, David (2018). Walt Disney's Mickey Mouse: The Ultimate History. Cologne: Taschen. ISBN 978-3-8365-5284-4.